Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh TV Terhadap an Anak

Pengaruh TV Terhadap an Anak

Ratings: (0)|Views: 438|Likes:
Published by M Saikhul Arif

More info:

Published by: M Saikhul Arif on Apr 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/27/2012

pdf

text

original

 
ABSTRAK 
Dalam era komunikasi saat ini, televisi adalah massa yang paling populemedia di setiap lapisan masyarakat. Program televisi yang ditayangkan oleh televisistasiun dapat didistribusikan dengan cepat dan pada saat yang sama. Program televisimemiliki pengaruh yang sangat besar, terutama untuk perilaku yang berpengaruh pada anak-anak setelah menonton program di televisi. Televisi memiliki efek positif dan negatif. ininon-empiris penelitian yang menggambarkan bagaimana informasi dari program televisi dapatdirespon oleh dengan yaitu proses persepsi, kognisi, tanggapan emosional, asosiasi, persuasiyang kemudian membentuk prososial perilaku. Non-empiris studi ini dikembangkan atas dasar  pemikiran untuk menemukan efek positif televisi pada anak-anak. Masalahnya adalah karenakecenderungan efek paling umum dari menonton televisi adalah pengaruh negatif. Jadi, televisiyang bisa menjadi pengaruh positif pada anak, orangtua, guru, dan masyarakat perlu membantudan memberikan pemahaman program televisi yang ditonton oleh anak-anak.
Kata Kunci
: media massa, televisi, perilaku prososial
1
 
PENDAHULUANA.Latar Belakang Masalah
Perkembangan zaman menuntut adanya perubahan dan mobilitas yang tinggi.Perkembangan zaman tak lepas dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang. Muncullah berbagai alat dari hasil pemanfaatan ilmu pengetahuan danteknologi yang dimaksudkan untuk memudahkan dan mempercepat kinerja manusia. Salahsatunya adalah televisi.Televisi adalah suatu media massa yang menyuguhkan tampilan melalui bentuk audio visual (suara dan gambar). Karena dapat dinikmati dalam bentuk suara dan gambar gerak sekaligus itulah orang lebih tertarik kepda televisi daripada media massa lainnya.Pada zaman sekarang ini, televisi merupakan media massa elektronik yang mampumenyebarkan informasi secara cepat dan mampu mencapai pemirsa dalam jumlah banyak dalam waktu bersamaan. Televisi dengan berbagai acara yang ditampilkan telah mampumenarik minmat pemirsanya , dan mampu membius pemirsanya untuk selalu manyaksikan berbagai tayangan yang disiarkan televisi. Mulai dari infotainment, entertainment, iklan,hingga sinetron dan film-film yang sesungguhnya tidak pantas ditayangkan.Kehadiran televisi sesungguhnya telah menimbulkan berbagai fenomena. Televisimemang mampu menayangkan acara-acara yang begitu menarik karena telah ditambahidengan aksesori-aksesori sehingga membuat pemirsanya begitu mengagumi televisi.Walaupun tanpa mereka sadari, televisi mampu mengubah mereka sedikit demi sedikit.Segala sesuatu diciptakan pasti ada dua dampak yang mengiringinya, yaitu dampak negatif dan positif. Begitu pula dengan hadirnya televisi.Dengan adanya media massa elektronik ini, banyak sekali manfaat yang dapatdiambil. Dengan menyaksikan televisi, seseorang dapat memperoleh informasi-informasiaktual yang terjadi dimanapun secara cepat dan lebih jelas. Selain itu, televisi jugamempermudah suatu perusahaan atau badan usaha untukmempromosikan produk- produknya . Namun televisi juga mempunyai dampak negatif dalam kehidupan. Hal inisangat terasa pada anak-anak yang jiwanya masih sangat labil dan masih dalam proseks pencarian jati diri. Anak-anak ibarat kertas polos yang dapat dengan mudah digambarisesuka hati. Apa yang mereka lihat, dengar dan rasakan sering mereka telan mentah-mentah. Televisi dan anak adalah dua komponen yang sangat sulit dipisahkan. Anak-anak 
2
 
adalah penggemar nomor satu media televisi. Rata-rata anak menggunakan hampir sebagian besar waktunya untuk menonton acara televisi, tanpa memikirkan pantaskah acarayang sedang meraka tonton saat itu. Padahal anak adalah usia yang rentan. Mereka belumdapat menentukan yang baik dan yang buruk. Mereka biasa meniru atau mengimitasikebiasaan yang sering mereka temui.Dwyer menyimpulkan, sebagai media audio visual, TV mampu merebut 94%saluran masuknya pesan – pesan atau informasi ke dalam jiwa manusia yaitu lewat matadan telinga. TV mampu untuk membuat orang pada umumnya mengingat 50% dari apayang mereka lihat dan dengar dilayar televisi walaupun hanya sekali ditayangkan. Atausecara umum orang akan ingat 85% dari apa yang mereka lihat di TV setelah 3 jamkemudian dan 65% setelah 3 hari kemudian. Dengan demikian terutama bagi anak-anak yang pada umumnya selalu meniru apa yang mereka lihat, tidak menutup kemungkinan perilaku dan sikap anak tesebut akan mengikuti acara televisi yang ia tonton. Apabila yangia tonton merupakan acara yang lebih kepada eduatif, maka akan bisa memberikan dampak  positif tetapi jika yang ia tonton lebih kepada hal yang tidak memiliki arti bahkan yangmengandung unsur-unsur negatif atau penyimpangan bahkan sampai kepada kekerasan,maka hal ini akan memberikan dampak yang negatif pula terhadap perilaku anak yangmenonton acara televisi tersebut.Untuk itulah muncul sebuah pemikiran untuk mengevaluasi pengaruh media televisiterhadap pola pikir dan perilaku anak. Yang diharapkan akan timbul suatu bentuk nyatauntuk meminimalisasi adanya pengaruh buruk, media televisi terhadap perkembangananak. Pemikiran ini lebih lanjut penulis tuangkan dalam tulisan yang berjudul ”PengaruhMedia Televisi terhadap Perkembangan Pola Pikir dan Perilaku Anak”.
B.Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, masalah dalam karya tulis ini dirimuskansebagai berikut :1.Bagaimanakah pengaruh media televisi terhadap perkembangan pola pikir dan perilakuanak?2.Upaya apa yang seharusnya dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya dampak negatif media televisi terhadap perkembangan pola pikir dan perilaku anak?
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->