Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pupuk Mikroba & Kedelai Raksasa

Pupuk Mikroba & Kedelai Raksasa

Ratings: (0)|Views: 56 |Likes:
Published by Johny Simon P
Budidaya Tanaman dengan Pupuk Ajaib Bio P2000Z yang menghasilkan kedelai Raksasa peraih rekor MURI
Budidaya Tanaman dengan Pupuk Ajaib Bio P2000Z yang menghasilkan kedelai Raksasa peraih rekor MURI

More info:

Published by: Johny Simon P on Apr 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/27/2012

pdf

text

original

 
Bahasa Indonesia
Pupuk Mikroba Bio P dan Kedelai Raksasa
KBR68H14-02-2008
16 Tahun lalu petani kedelai kita makmur. Waktu ituproduksi kedelai surplus hingga 1,8 juta ton. Namunkejayaan itu tak lama, maklum kran impor dibuka tahun1998. Gelontoran kedelai dari luar negeri pun terusmengucur, akibatnya petani enggan menanam kedelai.Lahan kedelai terus menyempit. Tiba-tiba kedelai hilangdan harganya melambung, Indonesia pun kelimpungan.Negeri ini sudah sangat bergantung pada kedelai Amerika.Kelangkaan kedelai, seharusnya tidak perlu terjadi jikapemerintah tak mengacuhkan temuan-temuan kedelai pluspara peneliti. Pupuk temuan mikroba Bio P2000Z bisa membuat kedelai biasa tumbuh menjadikedelai raksasa setinggi hampir empat meter.Menyuburkan
Pabrik pupuk organik Bio P2000Z berada di Cileungsi, Jawa Barat. Pupuk ini mampu menyuburkankedelai hingga berukuran raksasa, dengan tinggi hampir empat meter. Jumlah polongnya pun mencapaisekitar 2300 buah. Biasanya, tanaman kedelai paling-paling hanya setinggi 70 cm, dengan jumlah polong rata-rata 50 buah.Penemu pupuk ini adalah Ali Zum Mashar. Belakangan dia begitu sibuk diundang ke berbagai tempatgara-gara kisruh kedelai. Ia diminta memaparkan temuan kedelai supernya. Memang berkat pupuk ciptaannya, kedelai mampu menghasilkan kacang berlipat ganda.Ali Zum Mashar: "Benih ini setaraf dengan lima kedelai lokal yang dulu. Kalau mau kedelai-kedelaiyang bagus, kita sumber benihnya ada semua"Mahluk super mini jenis mikroba, itulah yang berperan penting menghasilkan kedelai produktif ini.Keistimewaan mikroba, menurut Ali, mampu menghasilkan zat hara dan nutrisi penyubur tanah.Alumnus Universitas Jenderal Sudirman, Purwokerto itu selama sekitar 10 tahun berkutat menelitimikroba apa saja yang bisa menyuburkan tanaman, sekaligus ramah bagi manusia mau pun alam /lingkungan.Ali Zum Mashar: "Saya mencari dan memburu mikroba-mikroba yang bagus di daerah gambut yangsangat masam. Itu ada semacam danau yang air gambutnya hitam sekali yang di situ sangat masam dan
 
kehidupan di situ relatif kecil. Tetapi ternyata di situ ada mikroba-mikroba spesial yang hidup dengan baik. Setelah kita ambil, kita kultur itu adalah mikroba-mikroba bermanfaat dan bukan patogen"Dari hasil perburuan itu, terkumpul 18 jenis mikroba. Dengan formula tertentu, jazad renik itu diadonmenjadi pupuk hayati baru, yang oleh Ali diberi nama Bio P2000Z. Bio artinya bahan hidup, P untuk  perforation technology, 2000 sebagai tahun pembuatan. Tak lupa ia mengabadikan inisial namatengahnya Z (Zum).
Memanfaatkan mikroba
Lalu bagaimana pupuk ini menyuburkan tanah?Ali Zum Mashar: "Di alam ini kan banyak sekali mikroba ya, ada wah, ratusan juta jenis mikroba.Manakala dia sudah kita rubah, dimutankan sesuai kebutuhan kita, maka dia kita taburkan di tanah-tanahyang gersang itu, maka dengan sendirinya dia akan hidup di tanah itu, menggunakan bahan-bahanracunnya tanah itu menjadi berguna, menjadi organik. Nah bahan-bahan organik yang diciptakan olehmikroba itu sebetulnya adalah pupuk organik. Kemudian enzym, hormon, kemudian unsur makro danmikro yang tercipta dari aktivitas mikroba itu sendiri. Jadi kenapa kita pusing dengan kelangkaan pupuk atau tidak ada pabrik pupuk, kalau memang alam ini juga kita buat menjadi bio reaktor pabrik pupuk?"Pupuk ini juga ramah lingkungan, itulah kelebihan lainnya. Para petani tak perlu lagi menggunakanmacam-macam pupuk kimia yang mengancam kelangsungan tanah. Bahkan tanah yang tak lagi subur akibat terus-terusan ditabur pupuk kimia buatan pabrik, dapat subur kembali.Ali Zum Mashar: "Sering kita jumpai tanah itu disebut tanah yang sakit, tanah yang kurus, tanah yang padat, tanah yang terlapisi plastik karena dampak urea. Nah, kalau mikroba-mikroba itu cukup dan jumlahnya banyak, maka racun seberapa pun bisa diserap. Asal gak melebihi daya dukung lingkungan,daya dukung kemampuan mikroba mendegradasi. Kuncinya kan sederhana, bertani secara organik, kan?Atau secara ramah lingkungan kan?"
Akrab lingkungan
Tak hanya itu, di lahan gambut yang merupakan proyek gagal era Soeharto, kedelai mampu berbuah banyak.Ali Zum Mashar: "Teknologi untuk menyuburkan lahan ada. Kita sudah banyak bukti. Contohnyakedelai di lahan gambut itu bisa punya potensi 4,5 ton per hektar, di lahan gambut Kalimantan tengah.Itu kita sudah pernah coba. Rata-rata kalau hanya mencari 2,5 ton itu gampang di sana"Pupuk itu kini telah dipatenkan secara internasional. Pabriknya yang seluas lapangan sepakbola saat ini berkapasitas produksi hingga dua juta liter sel mikroba per hari. Hasilnya dipasarkan langsung ke perusahaan perkebunan besar dan dieksport.Ali Zum Mashar: "Ada 60 unit bioreactor, 40 yang besar berkapasitas sekitar 4000 liter per bio-reaktor dan ini setiap hari keluar barang/berproduksi. Memang ini kita disain satu harinya itu dihasilkan 11 ribuliter konsentrat mikroba. Nah kalau kita kembangkan, berarti sekitar dua juta liter sel mikroba yang bisalangsung ditebar".
Tak butuh lahan besar
Bekerja di laboratorium tidak butuh peralatan canggih. Cukup di atas satu petak pekarangan, Ali Zummengembangkan tanaman kedelai hasil rekayasa.Ali Zum Mashar: "Di sini saya taman sekitar 20 jenis kedelai hasil persilangan-persilangan. Jadi ditempat yang sempit ini mungkin sekitar dari lahan 1500 saya tanam kedelai kita paling sekitar 2500meterlah untuk penyelamatan temuan, atau pembuatan bibit-bibit jalur kedelai baru. Ya di lahan
 
 pekarangan ini. Jadi kalau kita berniat meneliti atau mengawinkan kedelai, kenapa harus kita pakailaboratorium yang canggih? Di lahan-lahan yang kosong bisa, ini buktinya"Sudah tujuh tahun pupuk buatan Ali dimanfaatkan sejumlah petani. Namun pemerintah hingga kini belum melirik, padahal kehebatan pupuk ini telah teruji.Tak butuh waktu lama untuk melihat hasil panen kedelai melimpah, ketika Wardi beralih menggunakan pupuk bio P2000Z. Ia telah panen tiga kali dengan hasil memuaskan. Untuk lahan seluas satu hektar,Ketua Kelompok Tani Sadatani, di Serang Banten itu mampu menuai kedelai minimal tiga ton.
Hasilnya dua kali lipat
Wardi: "Sebelum ada pupuk Bio P, kedelai kurang dari satu ton per hektar. Tapi setelah menggunakan pupuk-pupuk bio P, di sini bisa mencapai tiga sampai tiga setengah ton. Jadi peningkatannya ya dua kalilipatlah, dua kali lipat lebih"Padahal, menurut Wardi, lahan di Serang sebenarnya tak cocok ditanami kedelai karena tanah tandus bercampur pasir.Wardi : "Di sini pegunungan, sehingga jenis tanah berbatu dan bercampur pasirlah. Di sisi lain ituseperti merah-merah tanahnya, sehingga kalau ditanami kedelai kurang bagus. Tapi alhamdullilah sejak ada Bio P tanah berubah menjadi bagus. Jadi ditanami nanti untuk kelanjutannya bisa lebih baik"
Keberhasilan di Toba
Tanah di dataran tinggi gunung Toba Samosir, Sumatera Utara juga tak kalah gersang dan keringnya.Para petani, menurut Dian Ketua kelompok Tani Toba Samosir, sampai putus asa, ketika mencoba bercocok taman. Apalagi untuk kedelai, pada lahan tak berhumus itu mustahil kedelai bisa tumbuh.Dian: "Susah payah sekali kalau untuk kedelai, karena dataran tinggi Toba tanahnya sangat asam dangersang. Jadi memang untuk tanaman itu tidak bisa bertahan kalau tanpa bantuan teknologi yang benar.Sehingga kalau ditanami akan kerdil dan tidak tumbuh dan tidak ada humusnya sama sekali"Dengan teknologi pupuk Bio P, lahan yang tadinya mustahil ditanami, bisa menghasikan berton-tonkedelai, berkualitas tinggi lagi!Dian: "Jagung saja paling tinggi empat ton per hektar. Nah, kemudian dikenalkan bio P, sehingga untuk  pembukaan lahan baru saja, yang tanahnya sangat merah itu, langsung hasilnya berlipat, bisa sembilanton per hektar untuk jagung. Nah untuk kedelai juga meningkat. Jadi, biasanya misalnya satu ton itusudah berusaha sekali, sekarang bisa meningkat dua setengah sampai tiga ton per hektar.Ketika harga kedelai meroket, Imron mengantongi keuntungan berlimpah. Di lahan satu hektar iamampu membawa pulang keuntungan bersih sekitar Rp. 11 juta. Padahal dulu, ketika masihmenggunakan pupuk kimia, Imron kadang tekor alias rugi.Imron: "Hasilnya sangat memuaskan. Dari satu setengah ton, meningkat menjadi minimal dua setengahton, sampai tiga ton. Itu kalau satu setengah ton hasilnya, sebelum menggunakan Bio P, petanimengalami kerugian, karena hasilnya paling banter hanya Rp. 4 juta, tapi ongkos produksinya mencapaidua juta. Setelah kami menggunakan Bio P, apalagi diangkat dengan harga kedelai saat ini sekitar Rp.6000 sampai Rp. 7000, satu hektarnya bisa mencapai hasil kira-kira Rp. 12-15 juta, sementara ongkos produksi paling-paling cuma Rp. 4 juta"
Mudah
Untuk mendapatkan kedelai super, gampang caranya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->