Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah keadilan

makalah keadilan

Ratings: (0)|Views: 6,818|Likes:

More info:

Published by: Cheryl Renata Gesanti Sihombing on Apr 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
TUGAS MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR
MANUSIA DAN KEADILAN
 
Disusun oleh:Nama: Cheryl Renata GesantiNPM: 11111626Kelas: 1 KA 40
UNIVERSITAS GUNADARMAFAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI (S1)ANGKATAN 2011/2012
 
 1.
 
Pengertian keadilan
Keadilan berasal dari bahasa arab “adl” yang artinya bersikap dan berlaku dalam
keseimbangan.Keseimbangan meliputi keseimbangan antara hak dan kewajiban dankeserasian dengan sesama makhluk.Keadilan pada hakikatnya adalah memperlakukanseseorang atau orang lain sesuai haknya atas kewajiban yang telah di lakukan.Yangmenjadi hak setiap orang adalah di akui dan di perlakukan sesuai harkat dan mertabatnyayang sama derajatnya di mata Tuhan YME.Hak-hak manusia adalah hak-hak yangdiperlukan manusia bagi kelangsungan hidupnya di dalam masyarakat.Keadilan dalam kehidupan manusia adalah sangat prinsip dan di manapun tidak mengenal waktu dan tempat selalu di perjuangkan.Keadilan adalah bagian dari hak asasiyang telah di miliki manusia sejak di lahirkan tanpa perbedaan.Manusia tidak dapat dipisahkan dari keadilan,karena dengan keadilanlah manusia dapat mempertahankanhidupnya.Namun kita sering mendengar bahwa keadilan masih belum terealisasi dengan baik dalam kehidupan keluarga,bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.Contohnya masihbanyak pekerja rumah tangga mendapat perlakuan tidak adil dari majikannya,seorang istriyang tidak mendapat hak yang seharusnya ia dapatkan dari suaminya,seorang anak yangtidak mendapat haknya dari orang tuanya,ataupun hak-hak warga negara yang belumterpenuhi seperti,hak untuk hidup layak,merdeka dari kemiskinan,hak mendapatkanpendidikan dan hak untuk menyatakan pendapat.Terkadang manusia merasa bahwa hidup ini tidak adil,sebenarnya bukan hidupnyayang tidak adil melainkan lingkungan yang kurang memberikan rasa adil atau bahkandirinya sendiri yang sulit untuk bersikap adil terhadap sesama.Kita dapat menuntutkeadilan appabila kita sudah melaksanakan apa yang menjadi sebuah kewajiban,namunkita belum atau tidak mendapatkan hak atas apa yang telah kita kerjakan.Didalam negara berkembang,masalah keadilan terasa sekali dalam prosespembangunan bangsanya.Salah satu wujud dari keadilan adalah bilamana pemerintah danrakyatnya terdapat saling pengertian yang baik.Hal ini berkaitan dengan fungsi
 
menciptakan keadilan bagi seluruh rakyatnya.Suatu negara dapat di katakan maju apabilaseluruh rakyatnya sudah mendapatkan keadilan.Berikut ini beberapa pendapat pengertian mengenai keadilan. Berikut ini beberapapendapat mengenai makna keadilan.
 
Menurut W.J.S. Poerdaminto, keadilan berarti tidak berat sebelah, sepatutunya, tidak sewenang-wenang. Jadi, dalam pengertian adil termasuk di dalamnya tidak terdapatkesewenang-wenangan. Orang yang bertindak sewenang-wenang berarti bertindak tidak adil.
 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keadilan berarti (sifat perbuatan,perlakuan) yang adil. Keadilan berarti perilaku atau perbuatan yang dalampelaksanaannya memberikan kepada pihak lain sesuatu yang semestinya harusditerima oleh pihak lain.
 
Menurut Frans Magnis Suseno dalam bukunya Etika Politik menyatakan bahwakeadilan sebagai suatu keadaan di mana orang dalam situasi yang sama diperlakukansecara sama.Mengenai makna keadilan, Aristoteles membedakan dua macam keadilan, yaitua. Keadilan Komulatif b. Keadilan distributiveSedangkan plato, guru Aristoteles, menyebutkan ada tiga macam, yaitua. Keadilan komulatif b. Keadilan distributivec. Keadilan legal atau keadilan moralKeadilan merupakan hal penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Charles E. Merriam dalam Miriam Boedihardjo (1982) meletakkan keadilan inisebagai salah satu prinsip dalam tujuan suatu Negara, yaitu keamanan ekstern,ketertiban intern, keadilan, kesejahteraan umum, dan kebebasan.Adalah menjadi tugas pengelenggara Negara untuk menciptakan keadilan. Tujuanbernegara Indonesia adalah terpenuhinya keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia.Hal ini dapat diketahui baik dalam pembukaan UUD 1945 maka Negara yang hendak didirikan adalah Negara Indonesia yang adil dan bertujuan menciptakan keadilansosial.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->