Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pandangan hidup

Pandangan hidup

Ratings: (0)|Views: 274 |Likes:

More info:

Published by: Cheryl Renata Gesanti Sihombing on Apr 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/27/2012

pdf

text

original

 
TUGAS MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR
“MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP”
 
Disusun oleh:Nama: Cheryl Renata GesantiNPM: 11111626Kelas: 1 KA 40
UNIVERSITAS GUNADARMAFAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI (S1)ANGKATAN 2011/2012
 
1.
 
Pengertian dan Idiologi
Pengertian pandangan hidup :
 Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifatkodrati, sehingga
 pandangan hidup
artinya pendapat atau pertimbangan yangdijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pandangan hidupbukan timbul dalam waktu singkat melainkan melalui proses waktu yang lama danterus menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya.
Macam-macam sumber pandangan hidup berdasarkan asalnya :
 1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.2. Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dannorma yang terdapat pada negara tersebut.3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.
Pengertian ideologi :
 IDEOLOGI berasal dari kata idea ( inggris ) yg berarti gagasan, dan oidaberasal dari (yunani) yg berarti mengetahui,melihat dengan budi.serta kata logi ygberasal dari yunani (LOGOS) yg artinya pengetahuan. Jadi, Ideologi merupakanPengetahuan tentang gagasan gagasan tentang ide-ide ,sciense of ideas atau jugaajaran tentang pengertian pengertian dasar.
2.
 
Cita-cita
Pengertian tentang cita-cita :
 Cita-cita merupakan pandangan masa depan, merupakan pandangan hidup yangakan datang. Pada umumnya cita-cita merupakan semacam garis linier yang makinlama makin tinggi. Dengan perkataan lain, cita-cita merupakan keinginan, mimpi,harapan, dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya.
 
 
3.
 
Kebajikan
Kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan padahakekatnya sama dengan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama,dan etika. Manusia berbuat baik, karena menurut kodratnya manusia itu baik,makhluk bermoral. Atas dorongan suara hatinya manusia cenderung berbuat baik.Suara hati selalu memilih yang baik, sehingga ia selalu mendesak orang untuk berbuatyang baik bagi dirinya. jikalau seseorang untuk berbuat sesuatu sesuai dengan bisikansuara hatinya, maka orang tersebut perbuatannya pasti baik.Sebagai makhluk Tuhan, manusiapun harus mendengarkan suara hati Tuhan.Suara Tuhan selalu membisikan agar manusia berbuat baik dan menghilangkanperbuatan yang tidak baik. Jadi untuk mengukur perbuatan baik buruk, harus kitadengar pula suara Tuhan atau kehendak Tuhan. Kehendak Tuhan berbentuk hukumTuhan atau hukum agama.Jadi kebajikan itu adalah perbuatan yang selaras dengan suara hati kita, suarahati masyarakat dan hukum Tuhan. Kebajikan berarti berkata sopan, santun,berbahasa baik, bertinkah laku baik, ramah tamah terhadap siapapun, berpakaiansopan agar tidak merangsang bagi yang melihatnya.
Faktor-faktor yang menentukan tingkah laku seseorang :
 
1. Faktor Pembawaan (hereditas)
yang telah ditentukan pada waktu seseorangmasih dalam kandungan.
2. Faktor Lingkungan (environment)
yang membentuk seseorang merupakan alamkedua yang terjadinya setelah seorang anak lahir. Lingkungan membentuk jiwaseseorang meliputi lingkungan, keluarga, sekolah, dan masyarakat.
3. Pengalaman yang khas
yang pernah diperoleh. Baik pengalaman pahit yangsifatnya negatif, maupun pengalaman manis yang sifatnya positif, memberikan padamanusia suatu bekal yang selalu dipergunakan sebagai pertimbangan sebelumseseorang mengambil tindakan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->