Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
gerakan islam di indonesia

gerakan islam di indonesia

Ratings: (0)|Views: 1,813|Likes:
Published by Afif Kurniawan
gerakan islam di indonesia
gerakan islam di indonesia

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Afif Kurniawan on Apr 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/07/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAANGERAKAN ISLAM DI INDONESIAOLEHAFIF KURNIAWAN (09360159)JURUSAN BAHASA INGGRISFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
 
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Sejarah perkembangan Islam di Indonesia yang telah berlangsung selama berabad-abad,menunjukkan ragam perubahan pola, gerakan dan pemikiran keagamaan seiring dengan perubahansejarah bangsa. Keragaman demikian juga dapat melahirkan berbagai bentuk organisasi gerakanmengenai Islam di negeri ini yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Hampir dalam setiap periode terdapat model-model gerakan umat Islam. Sebagaimana terjadi pada zaman atau periodemodern dan lama yang mengalami perkembangan yang cukup pesat.Perkembangan gerakan Islam periode modern dan lama di Indonesia disebabkan olehsemakin meluasnya cakupan dari pengertian intelektual Islam, terutama setelah masa modernismeyang dipercaya dengan berbagai wacana tentang mondernitas dan reformasi. Perkembanganwacana ini, dapat dijadikan sebagai tolak ukur bagi keberhasilan atau lambatnya proses Islamisasidi Indonesia. Dalam hal ini proses Islamisasi lebih kepada bagaimana Islam terus berproses dan berkembang ke arah yang lebih baik.
1.2 Rumusan Masalah
1.Deskripsi tentang perkembangan gerakan Islam periode lama dan modern di Indonesiayang meliputi Persatuan Islam, Muhammadiyah, Nadhatul Ulama, Al-irsyad, Al-washliyah,HTI, Persatuan Tarbiyah Islamiyah, Salafi, Jama’ah Tabligh dan FPI.
 
BAB IIPEMBAHASAN
Banyaknya organisasi-organisasi islam d Indonesia disebabkan oleh berbagai macam cara pandang islam yang dilihat dari sudut yang berbeda. Kemunduran Islam pada masanya tersebut juga mendorong para penganut Islam di Indonesia untuk melakukan pembaharuan Islam denganmendirikan organisasi-organisasi yang bertujuan untuk memperoleh kembali kemurnian islamtersebut. Organisai-organisasi tersebut diantaranya adalah Persatuan Islam, Muhammadiyah, Nadhatul Ulama, Al-irsyad, Al-washliyah, HTI, Persatuan Tarbiyah Islamiyah, Salafi, Jama’ahTabligh dan FPI.
2.1 Persatuan IslamPersatuan Islam
adalah sebuah organisasiIslamdiIndonesia. Persis didirikan pada12  September 1923diBandungoleh sekelompok Islam yang berminat dalam pendidikan dan aktivitas keagamaan yang dipimpin oleh Haji Zamzam dan Haji Muhammad Yunus.Persis didirikan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman Islam yang sesuai denganaslinya yang dibawa oleh Rasulullah Saw dan memberikan pandangan berbeda dari pemahamanIslam tradisional yang dianggap sudah tidak orisinil karena bercampur dengan budaya lokal, sikaptaklid buta, sikap tidak kritis, dan tidak mau menggali Islam lebih dalam dengan membuka Kitab-kitab Hadits yang shahih. Oleh karena itu, lewat para ulamanya sepertiAhmad Hassanyang jugadikenal dengan Hassan Bandung atau Hassan Bangil, Persis mengenalkan Islam yang hanya bersumber dari Al-Quran dan Hadits (sabda Nabi).Organisasi Persatuan Islam telah tersebar di banyak provinsi antara lain Jawa Barat, JawaTimur, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bengkulu, Riau, Jambi, Gorontalo, dan masih banyak  provinsi lain yang sedang dalam proses perintisan. Persis bukan organisasi keagamaan yang berorientasi politik namun lebih fokus terhadap Pendidikan Islam dan Dakwah dan berusahamenegakkan ajaran Islam secara utuh tanpa dicampuri khurafat, syirik, dan bid'ah yang telah banyak menyebar di kalangan awwam orang Islam.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->