Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tafsir Quran Karim Karya Mahmud Yunus PDF

Tafsir Quran Karim Karya Mahmud Yunus PDF

Ratings: (0)|Views: 1,396|Likes:
Published by RulHas SulTra
Salah satu karya terjemah dan tafsir di Indonesia yang tergolong dalam generasi kedua adalah Tafsir Quran Karim karya Mahmud Yunus, seorang ulama kelahiran Sumatera bagian barat. Inilah yang akan menjadi topik utama dalam tulisan ini. Mudah-mudahan dapat menjadi satu tambahan referensi baru dalam memahami tradisi penafsiran al-Quran di Indonesia.
Salah satu karya terjemah dan tafsir di Indonesia yang tergolong dalam generasi kedua adalah Tafsir Quran Karim karya Mahmud Yunus, seorang ulama kelahiran Sumatera bagian barat. Inilah yang akan menjadi topik utama dalam tulisan ini. Mudah-mudahan dapat menjadi satu tambahan referensi baru dalam memahami tradisi penafsiran al-Quran di Indonesia.

More info:

Published by: RulHas SulTra on Apr 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/12/2014

pdf

text

original

 
 
Sejarah dan Perkembangan  Tafsir di Indonesia 
Dosen Pembimbing :
Dr. Abdul Rouf, Lc, MA
HASRUL
INSTITUT PERGURUAN TINGGI ILMU AL-QURAN JAKARTA 
FAKULTAS USHULUDDIN IV 
Tahun Akademik 2011 - 2012
 
TAFSIR QURAN KARIMKARYA MAHMUD YUNUS
 
 
TAFSIR “QURAN KARIM” KARYA MAHMUD YUNUS
 
Ushuluddin IV 
 
2
 
Sejarah dan Perkembangan Tafsir di Indonesia 
 Pendahuluan 
Studi-studi keagamaan Islam di Asia Tenggara khususnya di Indonesia memilikiperanan penting dan telah memiliki perjalanan sejarah yang panjang. Hal ini Nampak padaberbagai torehan bersejarah para Cendekiawan dan Ulama dalam berbagai literatur disiplinilmu. Pada abad ke-16, bahkan mungkin sebelumnya telah ada tulisan-tulisan para Ulamayang didistribusikan secara luas.Howard M. Federspiel, salah seorang pengkaji ke-Islaman di Indonesia bahkanmenyatakan bahwa menjelang abad ke-12 telah ada pusat-pusat studi di daerah Aceh,Palembang di pulau Sumatera, Jawa Timur dan Gowa di Sulawesi yang telah menghasilkantulisan-tulisan penting dan telah menarik para siswa untuk belajar. Analisisnya menunjukkanbahwa pemikiran Islam bangsa Indonesia pada waktu itu memperhatikan masalah-masalahdoktrin. Pada masa-masa berikutnya sampai abad ke-20, muncul juga tulisan-tulisan yangyang pandangannya berbau mistik, sementara sebagian lainnya berfokus padamasalah tingkah laku, perbuatan baik serta pengungkapan kembali kisah-kisah, balada dancerita-cerita pertualangan yang menggunakan simbol-simbol Islam.
1
Salah satu karya utamadari perjalanan sejarah ini ialah kegiatan penerjemahan dan penafsiran al-Quran.Perkembangan penafsiran al-Quran agak berbeda dengan perkembangan yang terjadidi dunia Arab yang merupakan tempat turunnya al-Quran. Oleh karena itu, prosespemahaman al-Quran terlebih dahulu dimulai dengan penerjemahan al-Quran ke dalambahasa Indonesia baru kemudian dilanjutkan dengan penafsiran yang lebih luas dan rinci.
2
 Perlu diketahui bahwa pada perkembangan awal, para Mufassir belum mendokumentasikanpenafsirannya dalam bentuk buku. Hal ini dimaklumi karena para mufassir ketika itusekaligus sabagai juru dakwah yang berperan dalam menyebarkan Islam sehinggakesempatan untu menulis belum terpikirkan . Karena itu, hasil penafsiran mereka hanyaberkembang secara lisan. Menjelang abad ke-17, tradisi pembukuan tafsir baru dilakukanyang dipelopori oleh Abdul Rouf Singkel dengan tafsirnya,
Tarjuman al-Mustafid 
.Perkembangan cara penerjemahan dan penafsiran al-Quran ke dalam bahasaIndonesia terdiri dari tiga generasi,
3
yaitu:
 
Generasi Pertama, dimulai kira-kira pada awal abad ke-20 hingga awal tahun 1960-an,
 
Generasi kedua, dimulai sejak pertengahan tahun 1960-an hingga menjelang tahun1970-an, dan
 
Generasi ketiga, terhitung setelah tahun 1970-an hingga sekarang.Sesuai dengan kategorisasi Federspiel diatas, maka salah satu karya terjemah dantafsir di Indonesia yang tergolong dalam generasi kedua adalah Tafsir
Quran Karim
karyaMahmud Yunus, seorang ulama kelahiran Sumatera bagian barat. Inilah yang akan menjaditopik utama dalam tulisan ini. Mudah-mudahan dapat menjadi satu tambahan referensi barudalam memahami tradisi penafsiran al-Quran di Indonesia.
1
Howard M. Federspiel (1996),
Kajian al-Quran di Indonesia
terjemahan Tajul Arifin dari judul asli
 Popular Indonesia Literature of the Quran
, Bandung: Mizan, hal. 17-18
2
Sulaiman Ibrahim (2011),
 Pendidikan dan Tafsir “Kiprah Mahmud Yunus dalam Pembaruan Islam”,
 Jakarta: LEKAS, hal. 80
3
Howard M. Federspiel (1996), hal. 129
 
 
TAFSIR “QURAN KARIM” KARYA MAHMUD YUNUS
 
Ushuluddin IV 
 
3
 
Sejarah dan Perkembangan Tafsir di Indonesia 
A.
 
RIWAYAT HIDUP MAHMUD YUNUS
a)
 
Latar Belakang Kehidupan Mahmud Yunus
Mahmud Yunus adalah buah hati dari pasangan Yunus B. Incek dan Hafsah binti
Imam Sami’un. Beliau
dilahirkan pada hari sabtu tanggal 30 Ramadhan 1316 Hijriyahbertepatan dengan tanggal 10 Februari 1899 Masehi di desa Sunggayang, Batusangkar,Sumatera Barat.
4
Mahmud Yunus tumbuh dan berkembang dari keluarga sederhana yang taatberagama. Ayahnya seorang petani biasa dari suku Mandahiling dan ibunya yang biasadipanggil dengan Posa berasal dari suku Chaniago.
5
 Walaupun dilahirkan dari keluarga yang sederhana, namun mempunyai nuansakeagamaan yang kuat. Ayah Mahmud adalah bekas pelajar surau dan mempunyai ilmukeagamaan yang cukup memadai sehingga dia diangkat menjadi Imam Nagari. Adapun IbuMahmud adalah seorang buta huruf karena tidak pernah mengenyam pendidikan sekolahsebab pada waktu itu di desanya belum ada sekolah desa. Walaupun demikian ia dibesarkandalam lingkungan yang Islami. Kakek Hafsyah adalah seorang ulama yang cukup dikenal,bernama Syekh Muhammad Ali yang dimasyhurkan masyarakat dengan Tuanku Kolok.Pekerjaan Hafsah sehari-hari adalah bertenun. Ia mempunyai keahlian menenun kain yangdihiasi benang emas, yaitu kain tradisional Minangkabau yang dipakai pada upacara-upacaraadat.
6
 Pada saat Mahmud Yunus masih balita, Ayah dan Ibunya bercerai. Ia ikut Ibunyadan hanya sesekali Ayahnya menjenguknya. Itu sebabnya pada usia tujuh tahun (1906),Mahmud Yunus mulai belajar al-Quran pada sang Kakek, Engku Gading yang mendirikansebuah Surau (semacam pesantren di Jawa).
7
 
b)
 
Pribadi Mahmud Yunus
Sejak kecil, Mahmud Yunus dikenal dengan anak yang cerdas. Bila dimalam haridiceritakan hikayat atau cerita yang menjadi salah satu kesanyangannya, siangnya ia sudahbisa menceritakan kembali dengan sempurna. Situasi sosial yang melatarbelakangikehidupannya telah membentuk karakternya menjadi sosok yang ikut mengisi perjalanansejarah. Ia telah berfikir dan berbuat untuk menjawab problema sosial, bangsa dan agamanyadengan memilih jalur pendidikan sebagai sisi yang ia anggap paling strategis pada waktu itu.Kecermelangan Mahmud Yunus dalam menerima pelajaran diakui oleh para Ustadzyang mengajarnya. Ketika usianya baru 16 tahun yaitu tahun 1917, Mahmud sudah mampumengajar beberapa kitab, antar lain al-Mahally, al-
Fiyah ibn Aqil dan Jam’al Jawami.
Pengalaman ini menjadi bekal yang sangat berharga bagi beliau ketika melanjutkanpendidikannya terutama ketika belajar di al-Azhar, Kairo.
8
Mahmud Yunus memiliki jasayang sangat besar dalam meningkatkan sistem pendidikan yang masih dapat dirasakansampai saat ini.
4
Sulaiman Ibrahim (2011),
 Pendidikan dan Tafsir “Kiprah Mahmud Yunus dalam Pembaruan Islam”
,Jakarta: LEKAS, hal. 5
5
Malta Rina (2011), Artikel:
“Pemikiran dan Karya
-karya Prof. Dr. H. Mahmud Yunus tentang
 Pendidikan Islam”
, Sumatera Barat, hal. 2
6
Malta Rina (2011), hal. 3
7
Herry Muhammad, dkk (2006),
Tokoh-tokoh Islam yang berpengaruh Abad 20
, Jakarta: Gema InsaniPress, Cet I, hal. 85-86
8
Herry Muhammad, dkk (2006), hal. 86
 

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
AbdKamid liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Faisal Faqot added this note
terjemahan buku tafsir kelas 5 itu ada ngga yh,,,,,,,,????????????????
RulHas SulTra liked this
Hadari Dari liked this
Shi Mistherr Tri liked this
Muhammad Syukron liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->