Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Politik Hukum

Pengertian Politik Hukum

Ratings: (0)|Views: 1,822 |Likes:
Published by Tri Wong Suloyo

More info:

Published by: Tri Wong Suloyo on Apr 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/13/2013

pdf

text

original

 
A.
 
Pengertian Politik Hukum1.
 
Perspektif EtimologisSecara etimologis, istilah politik hukum merupakan terjemahan bahasaIndonesia dari istilah hukum Belanda
rechtpolitiek 
, merupakan bentukan dari duakata
recht 
dan
politiek.
Dalam bahasa Indonesia kata
recht 
berarti hukum. Katahukum berasal dari bahasa arab
 Hukm
(kata jamaknya
ahkam
), yang berarti (
 Judgement, verdict, decision
), ketetapan (
provision ),
pemerintah (
command 
),pemerintahan (
government 
), kekuasaan (
author,power 
), hukuman (
sentences
),dll. kata kerjanya,
 Hakama-yahkumu,
berarti memutuskan, mengadili,menetapkan, memerintahkan, memerintah, menghukum, mengendalikan, dll.Adapun dalam kamus bahasa Belanda yang ditulis oleh ven der Tas, kata
 politiek 
mengandung arti
beleid 
. Kata
 Beleid 
dalam bahasa Indonesia berartikebijakan (
Policy
). Dalam kamus besar bahasa Indonesia kebijakan berartirangkaian konsep dan asas yang menjadi garis besar dan dasar rencana dalampelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan dan cara bertindak. Jadi secarasingkat politik hukum berarti merupakan kebijakan hukum.2.
 
Perspektif Terminologia.
 
Padmo WahjonoPadmo Wahjono dalam bukunya
negara Indonesia berdasarkan atashukum
dan artikelnya di majalah forum keadilan menyimpulkan bahwa politik hukum adalah kebijakan penyelenggaraan negara yang bersifat mendasar dalammenentukan arah bentuk maupun isi dari hukum yang dibentuk dan tentang apayang dijadikan criteria untuk menghukum sesuatu.b.
 
Teuku Mohammad RadhieDalam sebuah tulisannya yang berjudul pembaharuan dan politik hukumdalam rangka pembangunan nasional mendefinisikan politik hukum sebagai suatupernyataan kehendak penguasa negara mengenai hukum yang berlaku diwilayahnya, dan mengenai arah perkembangan hukum yang dibangun.c.
 
SoedartoMenurut Soedarto, politik hukum adalah kebijakan dari negara melaluibadan badan negara yang berwenang untukmenetapkan peraturan peraturan yang
 
dikehendaki, yang diperkirakan akan digunakan untuk mengekspresikan apa yangterkandung dalam masyarakat dan untuk mencapai apa yang dicita citakan.d.
 
Satjipto RahardjoSatjipto Rahardjo mendefinisikan politik hukum sebagai aktivitas memilihdan cara yang hendak dipakai untuk mencapai suatu tujuan sosial dan hukumtertentu dalam masyarakat.e.
 
C.F.G Sunaryati HartonoSunaryati Hartono melihat politik hukum sebagai suatu alat (tool) atausarana dan langkah yang dapat digunakan oleh pemerintah untuk menciptakansistem hukum nasional yang dikehendaki dan dengan sistem hukum nasional ituakan diwujudkan cita cita bangsa Indonesia.f.
 
Abdul Hakim Garuda NusantaraMenurut Garuda Nusantara, politik hukum nasional secara harfiah dapatdiartikan sebagai kebijakan hukum ( legal policy ) yang hendak diterapkan ataudilaksanakan secara nasional oleh pemerintah negara tertentu.Berdasarkan elaborasi ragam definisi politik hukum yang telahdikemukakan diatas, penulis menyimpulkan bahwa politik hukum adalahkebijakan dasar penyelenggara negara dalam bidang hukum yang akan, sedangdan telah berlaku, yang bersumber dari nilai nilai yang berlaku di masyarakatuntuk mencapai tujuan negara yang dicita citakan.B.
 
Ruang Lingkup Politik HukumDalam bukunya dasar dasar politik hukum, penulis mengambil kesimpulan bahwa ruanglingkup atau wilayah kajian (domain) disiplin politik hukum adalah meliputi aspek lembagakenegraan pembuat politik hukum dan faktor (internal dan eksternal) yang mempengaruhipembentukan politik hukum suatu negara. Poltik hukum sendiri menganut prinsip
doublemovement 
, yaitu selain sebagai kerangka piker merumuskan kebijakan dalam bidang hukum(legal policy) oleh lembaga lembaga negara yang berwenang, ia juga dipakai untuk mengkritisi produk produk hukum yang telah diundangkan berdasarkan
legal policy
diatas.Berdasarkan uraian tersebut, penulis menetapkan ruang lingkup atau wilayah kajian politik hukum sebagai berikut:
 
a.
 
Proses penggalian nilai nilai dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat olehpenyelanggara negara yang berwenang merumuskan politik hukumb.
 
Proses perdebatan dan perumusan nilai nilai dan aspirasi tersebut kedalam bentuk sebuah rancangan peraturan perundang undangan oleh penyelenggara negara yangberwenang merumuskan politik hukumc.
 
Penyelenggara negara yang berwenang merumuskan dan menetapkan politik hukumd.
 
Peraturan perundang undangan yang mempengaruhi dan menentukan suatu politk hukum, baik yang akan, sedang dan telah ditetapkane.
 
Pelaksanaan dari peraturan perundang undangan yang merupakan implementasi daripolitik hukum suatu negaraEnam masalah itulah yang seterusnya akan menjadi wilayah telaah dari politik hukum. Dalam hal ini, politik hukum secara umum bermanfaat untuk mengetahuibagaimana proses yang tercangkup dalam wilayah kajian itu dapat menghasilkan sebuah
legal policy
yang sesuai kebutuhan dan rasa keadilan masyarakat. Enam wilayah kajianitu tentu saja bersifat integral satu sama lain.C.
 
Hukum dan Politik Dalam buku dasar dasar poltik hukum, penulis menyinggung mengenai hasil daripenelitian Moh. Mahfud M.D yang berkesimpulan bahwa suatu proses dan konfigurasipolitik rezim tertentu akan sangat signifikan pengaruhnya terhadap suatu bentuk produk hukum yang kemudian dilahirkannya, dalam negara yang konfigurasi politiknya demokratis,produk hukum berkarakter responsive atau populistik, sedangkan di negara yang konfigurasipolitiknya otoriter, produk hukumnya berkarakter ortodoks atau konservatif atau elitis.Pernyataan tersebut dapat disajikan dalam gambar sebagai berikut :

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Apa Saja liked this
Nevio Dias liked this
Ariesta Blank liked this
Fajar Raditya liked this
Juslan Cybershot liked this
putrikascribd liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->