Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Keterampilan Manajemen

Keterampilan Manajemen

Ratings: (0)|Views: 357 |Likes:
Published by Irvan Dedy

More info:

Published by: Irvan Dedy on Apr 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2013

pdf

text

original

 
Keterampilan Manajemen
Kepemimpinan dibagi menjadi sebagai berikut :1. Level Top Leader/Top ManagementPimpinan puncak, misalnya, direktur utama. Melakukan tugas yang bersifat konseptual.Misalnya, melakukan perencanaan yang akan dilakukan seluruh anggota.2. Level Middle Leader/Middle ManagementGolongan menengah, misalnya, staf produksi, manajer keuangan. Melakukan tugas
 
konseptual sebagai penjabaran dari top management, juga melakukan pekerjaan tersebut.Penguasaan teknis relatif penting.3. Lower Leader/Lower ManagementGolongan bawah, misalnya, supervisor, mandor dan pelaksana teknis. Harus menguasaiteknis walaupun secara konseptual tidak begitu penting.
DASAR KETRAMPILAN MANAJER :
1. Ketrampilan TeknisKetrampilan yang diperlukan untuk melakukan tugas khusus.2. Ketrampilan Hubungan ManusiaKetrampilan untuk memahami dan bekerjasama dengan orang lain3. Ketrampilan KonseptualKetrampilan terkait dengan kemampuan untuk berpikir pada hal-hal yang abstrak,mendiagnosis dan menganalisis situasi yang berbeda dan memandang jauh kedepan.4. Ketrampilan Pengambilan KeputusanKemampuan dalam identifikasi masalah, dan menentukan langkah terbaik untuk menyelesaikan masalah.5. Ketrampilan Pengelolaan WaktuKetrampilan yang berkaitan dengan pemanfaatan waktu secara produktif.
 
FUNGSI MANAJEMEN :1. Perencanaan/Planning :Yaitu suatu usaha atau upaya untuk merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan gunamencapai tujuan yang telah ditetapkan. Perencanaan ini biasanya dituangkan dalam bentuk konsep atau suatu program kerja.2. Pengorganisasian/Organizing :Kegiatan yang meliputi penetapan struktur, tugas dan kewajiban, fungsi pekerjaan danhubungan antar fungsi.3. Penyusunan Staf/Staffing :Termasuk didalamnya adalah perekrutan karyawan, pemanfaatan, pelatihan, pendidikandan pengembangan sumberdaya karyawan tersebut dengan efektif.4. Pengarahan/Directing :Yaitu fungsi memberikan perintah atau arahan. Selain itu juga termasuk kegiatankepemimpinan, bimbingan, motivasi dan pengarahan agar karyawan dapat bekerja denganlebih efektif.5. Pengkoordinasian/Coordinating :Yaitu fungsi mengkoordinir seluruh pekerjaan dalam satu totalitas organisasi pekerjaan.Fungsi yang memberikan penilaian, koreksi dan evaluasi atas semua kegiatan. Secaraterus-menerus melakukan monitoring atas pekerjaan yang sedang dilakukan.
 
Gambaran umum manajemenhttp://rnurinaramadhani.blogspot.com/2011/01/gambaran-umum-manajemen.html
Definisi ManajemenKoordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapantenaga kerja, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkanterlebih dahulu.Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam manajemen harus ada: tujuan, proses,suatu keahlian, pihak yg mengatur dan di atur.MANAJEMEN DAN MANAGERManajemen dan manajerTingkatan manajemenManajemen adalah pemanfaatan manusia dan sumber-sumber lain dengan cara yang terbaik untuk mencapai tujuan perusahaan. Selain itu manajemen dapat juga disebut pendayagunaansumber daya manusia dengan cara yang paling efektif, agar dapat mencapai rencana dansasaran perusahaan.Empat komponen utama bagi manajer diantaranya :1.
 
Memahami karakteristik penting untuk keefektifan2.
 
Menentukan tanggung jawab pekerjaan3.
 
Mengatur proses di mana produk akan diproduksi4.
 
Mengawasi dan memperbaiki kualitas produk yang diproduksi.Tingkat-tingkat Manajemen1.
 
Manajemen puncak (top manajemen) tanggung jawabnya adalah menyusun rencana baruuntuk perluasan produksi dan meningkatkan penjualan. Mengkomunikasikan rencana-rencana itu kepada semua manajer. Contoh dari manajemen puncak adalah presiden,direktur utama, direktur keuangan dan wakil presiden. Keputusan yang diambil darimanjemen ini adalah untuk 3 sampai 5 tahun ke depan.2.
 
Manajemen menengah (middle manajemen) tanggung jawabnya menentukan jumlahkaryawan baru yang harus direkrut, menetapkan harga yang lebih reandah untuk meningkatkan penjualan dan menentukan peningkatan periklanan untuk meningkatkanpenjualan serta menentukan cara memperoleh dana untuk membiayai ekspansi.Bertanggung juga pada keputusan jangka pendek.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->