Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
71Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Nilam

Nilam

Ratings:

4.67

(3)
|Views: 26,678|Likes:
Published by Kang Tris
Di pasaran minyak atsiri dunia, mutu minyak nilam Indonesia di kenal paling baik dan menguasai pangsa pasar 80 - 90%.
Sentra produksi minyak nilam di Indonesia adalah Daerah Istimewa Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Daerah lain yang sedang mengembangkan komoditi ini di antaranya adalah Bengkulu, Lampung dan beberapa daerah di Jawa
Di pasaran minyak atsiri dunia, mutu minyak nilam Indonesia di kenal paling baik dan menguasai pangsa pasar 80 - 90%.
Sentra produksi minyak nilam di Indonesia adalah Daerah Istimewa Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Daerah lain yang sedang mengembangkan komoditi ini di antaranya adalah Bengkulu, Lampung dan beberapa daerah di Jawa

More info:

Published by: Kang Tris on Dec 18, 2007
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/15/2013

pdf

text

original

 
[Type the company name] | Confidential
 
Nilam
Di pasaran minyak atsiri dunia, mutu minyak nilamIndonesia di kenal paling baik dan menguasai pangsa pasar80 - 90%
Sentra produksi minyak nilam di Indonesia adalah Daerah Istimewa Aceh,Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Daerah lain yang sedang mengembangkankomoditi ini di antaranya adalah Bengkulu, Lampung dan beberapa daerah diJawa. Lebih dari 80% minyak nilam Indonesia dihasilkan dari Daerah IstemewaAceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat, yang sebagian besar produksinya diekspor ke negara-negara industri.
2007
http://sutrisno.wordpress.comSumber : http://www.bi.go.id17/12/2007
 
Nilam
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak atsiri yang cukup penting didunia, bahkan untuk beberapa komoditas menguasai pangsa pasar dunia. Pentingnyakomoditi ini bagi Indonesia, kendatipun menyumbang devisa relatif kecil di bandingkandengan total nilai ekspor, karena peranannya dalam meningkatkan pendapatanmasyarakat cukup besar. Bahkan akhir-akhir ini harga jual minyak atsiri meningkattajam yang diiringi dengan meningkatnya penerimaan petani produsen minyak atsiritersebut. Minyak atsiri dapat dihasilkan dari berbagai bagian tanaman seperti akar,batang, ranting, daun, bunga atau buah. Jenis tanaman yang dapat menghasilkanminyak atsiri sekitar 150 - 200 species.Minyak atsiri yang beredar di pasaran dunia sekitar 70 macam. Di Indonesia terdapatsekitar 40 species tanaman yang dapat menghasilkan minyak atsiri, namun telah dikembangkan sekitar 12 macam dan yang ekspornya telah mantap baru sembilanmacam. Di antara minyat atsiri yang cukup terkenal adalah minyak nilam. Di pasaranminyak atsiri dunia, mutu minyak nilam Indonesia di kenal paling baik dan menguasaipangsa pasar 80 - 90%. Minyak nilam (patchouli oil) merupakan salah satu minyak atsiriyang banyak diperlukan untuk bahan industri parfum dan kosmetik, yang dihasilkan daridestilasi daun tanaman nilam (Pogostemon patchouli). Bahkan minyak nilam dapat puladi buat menjadi minyak rambut dan saus tembakau. Parfum yang dicampuri minyakyang komponen utamanya patchouli alcohol (C15H26) ini, aroma harumnya akanbertahan lebih lama.Sentra produksi minyak nilam di Indonesia adalah Daerah Istimewa Aceh, SumateraUtara, dan Sumatera Barat. Daerah lain yang sedang mengembangkan komoditi ini diantaranya adalah Bengkulu, Lampung dan beberapa daerah di Jawa. Lebih dari 80%minyak nilam Indonesia dihasilkan dari Daerah Istemewa Aceh, Sumatera Utara danSumatera Barat, yang sebagian besar produksinya di ekspor ke negara-negara industri.Kendati kontribusi ekspor minyak nilam relatif kecil terhadap devisa total Indonesia,namun perkembangan volume dan nilai ekspor komoditi ini meningkat cukup tajamsetiap tahunnya. Bahkan akhir-akhir ini harga jual ekspor di pasaran dunia mencapaiUS $ 1.000 per kg. Prospek ekspor komoditi ini pada masa yang akan datang jugamasih cukup besar, seiring dengan semakin tingginya permintaan terhadapparfum/kosmetika, trend mode dan belum berkembangnya barang subsitusi essential oilyang bersifat pengikat (fiksasi) dalam industri parfum/kosmetika. Prospek ekspor yangcukup besar ini seharusnya mampu diiringi oleh pengembangan budidaya dan industriminyak nilam di dalam negeri. Usaha pengembangan ini akan lebih berdaya guna bilausaha kecil yang selama ini di kelola secara tradisional bermitra dengan usaha besar yang pada umumnya lebih mengusai pasar ekspor dan telah memiliki kemampuanteknologi budidaya dan industri minyak nilam. Kemitraan yang saling membutuhkan dansaling menguntungkan merupakan landasan utama bagi pengembangan komoditi ini.
2
 
Nilam
Dalam rangka menunjang pengembangan budidaya dan industri minyak nilam ini diperlukan acuan yang dapat dimanfaatkan baik oleh pengusaha kecil dan pengusahabesar serta perbankan, sehingga memudahkan semua pihak untukmengimplementasikan proyek ini. Laporan lending model ini disusun untuk memenuhituntutan pihak-pihak yang akan bermitra dalam mengembangkan komoditi minyaknilam.
Tujuan
Tujuan penulisan Lending Model Proyek Kemitraan Terpadu Budidaya dan IndustriMinyak Nilam ini adalah :1.memberikan informasi kepada perbankan tentang model kemitraan terpadu yangsesuai dan layak di biayai dengan kredit perbankan, khususnya komoditasminyak nilam;2.memberikan informasi dan acuan yang diharapkan dapat dimanfaatkan olehmitra pengusaha kecil dan pengusaha besar yang berminat mengembangkanbudidaya dan industri minyak nilam dengan pendekatan kemitraan terpadu.
KEMITRAAN TERPADU
Proyek Kemitraan Terpadu (PKT) adalah suatu program kemitraan terpadu yangmelibatkan usaha besar (inti), usaha kecil (plasma) dengan melibatkan bank sebagaipemberi kredit dalam suatu ikatan kerja sama yang dituangkan dalam notakesepakatan. Tujuan PKT antara lain adalah untuk meningkatkan kelayakan plasma,meningkatkan keterkaitan dan kerjasama yang saling menguntungkan antara inti danplasma, serta membantu bank dalam meningkatkan kredit usaha kecil secara lebihaman dan efisien.Dalam melakukan kemitraan hubunga kemitraan, perusahaan inti (Industri Pengolahanatau Eksportir) dan petani plasma/usaha kecil mempunyai kedudukan hukum yangsetara. Kemitraan dilaksanakan dengan disertai pembinaan oleh perusahaan inti,dimulai dari penyediaan sarana produksi, bimbingan teknis dan pemasaran hasilproduksi.
Organisasi
Proyek Kemitraan Terpadu ini merupakan kerjasama kemitraan dalam bidang usahamelibatkan tiga unsur, yaitu (1) Petani/Kelompok Tani atau usaha kecil, (2) PengusahaBesar atau eksportir, dan (3) Bank pemberi KKPA.
3

Activity (71)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tiu Ton liked this
Bahagia Gides liked this
Erwin Prasetya liked this
Amin Atjeh liked this
Unhy Wal-Cen liked this
Nayla Rahmi liked this
Henri Manik liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->