Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
konsep Demografi

konsep Demografi

Ratings: (0)|Views: 134 |Likes:
Published by ELFvatir

More info:

Published by: ELFvatir on May 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2013

pdf

text

original

 
DEMOGRAFI
1.
 
Sejarah Perkembangan Demografi
Indonesiamemiliki jumlah penduduk sebesar 245 juta jiwa, menjadikan negara ini negaradenganpenduduk terbanyak ke-4 di dunia.PulauJawamerupakan salah satu daerah terpadat di dunia, dengan lebih dari 107 juta jiwa tinggal di daerah dengan luas sebesarNew York. Indonesia memiliki budaya dan bahasa yang berhubungan namun berbeda. Sejak kemerdekaannyaBahasa Indonesia(sejenis denganBahasa Melayu)menyebar ke seluruh penjuru Indonesia dan menjadi bahasa yang paling banyak digunakan dalam komunikasi,pendidikan, pemerintahan, dan bisnis. Namun bahasa daerah juga masih tetap banyak dipergunakan.
2.
 
Definisi Demografi
Demografi adalah studi tentang penduduk khususnya mengenai kelahiran, perkawinan,kematian dan perpindahan. Studi ini menyangkut jumlah, persebaran geografis, komposisipenduduk dan perubahannya dari waktu ke waktu.Demografi terus berkembang, Methorst dan Sirks membedakan masalah penduduk menjadi 2yaitu secara kuantitatif dan kualitatif, namun pendapat ini kurang mendapat dukungan.Adolphe Laundry pada tahun 1937 menyarankan istilah PURE DEMOGRAPHY dan idenyamendapat sambutan positif. Pure demography atau demografi murni/formal adalah cabangilmu demografi yang bersifat analisis matematik yang menghasilkan teknik-teknik untuk menghitung data kependudukan. Setelah itu muncul ilmu-ilmu lain yang berkaitanseperti
Social Demography, Demographic Sociology, Population Studies
dll.
Fertilitas adalah kesuburan, kesuburan disini yang dimaksud adalah dapat bekerjanya secaraoptimal dari organ-organ reproduksi baik dari pihak pria maupun wanita sehingga dapatmelakukan fungsi fertilisasi dengan baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi fertilitasadalah asupan zat gizi.
 
Fertilitas sebagai istiah semografi diartikan sebagai hasil reproduksi yang nyata dari seorangwanita atau sekelompok wanita, dengan kata lain fertilitas ini menyangkut banyaknya bayiyang lahir hidup, fekunditas, sebaliknya merupakan potensi fisik untuk melahirkan anak. jadimerupakan lawan arti kata sterilitas.Natalis mempunyai arti sama dengan fertilitas hanya berbeda ruang lingkupnya, fertilatasmencakup peranan kelahiran pada perubahan penduduk sedangkan natalis mencakup peranankelahiran pada perubahan penduduk dan reproduksi manusiaMortalitas atau kematian dapat menimpa siapa saja, tua, muda, kapan dan dimana saja. Kasuskematian terutama dalam jumlah banyak berkaitan dengan masalah sosial, ekonomi, adatistiadat maupun masalah kesehatan lingkungan. Indikator kematian berguna untuk memonitorkinerja pemerintah pusat maupun lokal dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.Mortalitas atau kematian merupakan salah satu dari tiga komponen demografi selain fertilitasdan migrasi, yang dapat mempengaruhi jumlah dan komposisi umur penduduk.Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kematian sebagai suatu peristiwamenghilangnya semua tanda-tanda kehidupan secara permanen, yang bisa terjadi setiap saatsetelah kelahiran hidup.Migrasi merupakan bagian dari mobilitas penduduk. Mobilitas penduduk adalah perpindahanpenduduk dari suatu daerah ke daerah lain. Mobilitas penduduk ada yang bersifatnonpermanen (sementara) misalnya turisme baik nasional maupun internasional, dan ada pulamobilitas penduduk permanen (menetap). Mobilitas penduduk permanen disebut migrasi.Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain dengan melewatibatas negara atau batas administrasi dengan tujuan untuk menetap.Pengertian MigrasiMigrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempatyang satu ke tempat yang lain. Dalam mobilitas penduduk terdapat
 
migrasi internasional yang merupakan perpindahan penduduk yangmelewati batas suatu negara ke negara lain dan juga migrasi internalyang merupakan perpindahan penduduk yang berkutat pada sekitarwilayah satu negara saja.
4
 
Sumber data Demografi
Sumber data Demografi yang paling pokok adalah:
•Sensus Penduduk •Registrasi Penduduk •Survai Sampel•Sumber lain, seperti catatan
-catatan atau dokumen-dokumen pada instansi-instansipemerintahSensus Penduduk 
Pengertian:
 
Merupakan keseluruhan dari proses pengumpulan (collecting), pengolahan, penilaian,penganalisaan, penyajian, dan penerbitan data kependudukan yang antara lain meliputi ciri-ciri demografi, sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan hidup.Kriteria:
Semua orang:
 
 
Mencakup semua orang atau penduduk yang tinggal dalam wilayah pencacahan.
Waktu tertentu:
 Dilaksanakan pada waktu tertentu sesuai dengan yang telah ditentukan dan dilakukan secaraserentak di seluruh wilayah .pencacahan.
Wilayah tertentu:
 
 
Ruang lingkup sensus meliputi seluruh wilayah geografis dengan batas-batas yang jelas,misalnya batas negara.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->