Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manusia Dan Harapan

Manusia Dan Harapan

Ratings: (0)|Views: 4|Likes:
Published by Eko Sulistyo

More info:

Published by: Eko Sulistyo on May 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2012

pdf

text

original

 
1
MANUSIA DAN HARAPAN
1.`Pengertian Harapan
Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan berartimanusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyaiharapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya. Harapan bergantungpada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yangmempunyai harapan. Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaanpada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agarharapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh. Bila dibandingkandengan cita-cita, maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk,sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintar. Antara harapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu : keduanya menyangkut masa depan karena belumterwujud, pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkanhal yang lebih baik atau meningkat.Menurut kodratnya manusia itu adalah mahluk sosial. Setiap lahir ke dunialangsung disambut dalam suatu pergaulan hidup, yakni ditengah suatu keluargadan anggota masyarakat lainnya. Ada dua hal yang mendorong manusia hidupdalam pergaulan manusia lain yaitu dorongan kodrat dan dorongan kebutuhanhidup.Menurut Maslow sesuai dengan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup itumaka manusia mempunyai harapan. Pada hakekatnya harapan itu adalahkeinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sesuai dengan kodratnyaharapan manusia atau kebutuhan manusia itu adalah :1.
 
Kelangsungan hidup (survival)2.
 
Keamanan (safety)3.
 
Hak dan kewajiban mencintai dan dicintai (be loving and love)4.
 
Diakui lingkungan (status)5.
 
Perwujudan cita-cita (self actualization)
 
2
2. Apa Sebab Manusia Mempunyai Harapan
Setiap manusia yang jiwanya hidup pasti mempunyai harapan. Mengapasaya katakan
“yang jiwanya hidup” saja yang memiliki harapan? karena akhir 
-akhir ini saya seringkali menemukan manusia yang jiwanya mati. Kok begitu?Coba lihat diberita-berita, entah di surat kabar, televisi maupun internet, hampirtiap hari kita melihat dari sekian berita ada berita tentang orang yang mencobabunuh diri. Orang-orang yang demikianlah yang saya sebut jiwanya telah mati,meski raganya masih segar bugar. Mereka tak punya lagi harapan. Nah, dalamkesempatan ini saya mencoba untuk membahas penyebab setiap dari kitamempunyai harapan.
1. Dorongan Kodrat 
Kodrat ialah sifat, keadaan, atau pembawaan alamiah yang sudah terjelmadalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan oleh Tuhan. Dorongan kodratmenyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapan, misalnya menangis,tertawa, bergembira, sedih, dsb.
2. Dorongan Kebutuhan Hidup
Menurut Abraham Maslow, sesuai dengan kodratnya harapan manusiaatau kebutuhan manusia itu ialah :a. Kelangsungan hidup (survival)Setiap dari kita selalu ingin
survive
dalam setiap keadaan. Meski sebagianorang lebih memilih untuk mengakhiri hidupnya meski sebenarnya
kontrak 
hidupnya belum habis. Tapi, saya yakin itu hanya sebagian kecil saja.b. Keamanan (safety)Rasa aman tidak harus diwujudkan dengan perlindungan yang nampak,secara moral pun orang lain dapat memberi rasa aman. Walaupun secara fisik keadaannya dalam bahaya, keyakinan bahwa Tuhan memberikan rasaperlindungan berarti sudah memberikan keamanan yang diharapkan.
 
3
c. Hak dan kewajiban mencintai dan dicintai (be loving and love)Setiap orang mempunyai hak dan kewajiban. Dengan pertumbuhanmanusia maka tumbuh pula kesadaran akan hak dan kewajiban. Tetapi, sebagaimanusia yang berakal, kita harusnya mendahulukan kewajiban daripada hak.
Termasuk dalam masalah “cinta”. Kalau kita ingin menuntut hak kita untuk 
dicintai orang tua kita, yaaa kita lebih dulu mencintai mereka, karena itukewajiban kita.d. Status (status)Status dalam keluarga, status dalam masyarakat, dan status dalam negara.Status itu penting, karena dengan status orang tahu siapa diri kita.e. Perwujudan cita-cita (self actualization)Pada dasarnya itu manusia mengembangkan bakat atau kepandaiannyaagar ia diterima atau diakui kehebatannya.
3. Pengertian
Do’a
 Doa adalah memohon atau meminta suatu yang bersifat baik kepada AllahSWT seperti meminta keselamatan hidup, rizki yang halal dan keteguhan iman.Sebaiknya kita berdoa kepada Allah SWT setiap saat karena akan selalu didengarolehNya.Tujuan Berdo'a :
 
Memohon hidup selalu dalam bimbingan Allah SWT.
 
Agar selamat dunia akhirat.
 
Untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT.
 
Meminta perlindungan Allah SWT dari Setan yang terkutuk Waktu-waktu yang tepat/mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT :
 
Ketika membaca AlQuran.
 
Setelah Solat wajib.
 
Pada saat tengah malam setelah sholat tahajud.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->