Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manfaat TIK

Manfaat TIK

Ratings: (0)|Views: 43 |Likes:
Published by Ambo Gampo Alam

More info:

Published by: Ambo Gampo Alam on May 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2012

pdf

text

original

 
Posted on 15 October 2011.Perkembangan di bidang TIK dari masa ke masa sangat pesat dan perannya dalam kehidupanmanusia dapat dirasakan dalam berbagai bidang kegiatan kehidupan manusia, baik secara individuataupun kelompok (organisasi atau perusahaan).
1. Peranan TIK dalam Keluarga
Semakin terjangkaunya harga komputer mengakibatkan semakin banyak pula keluarga yangmemiliki komputer di rumah mereka. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dengan bantuansebuah komputer, seperti mengerjakan tugas sekolah, belajar, mengatur keuangan keluarga,mendengarkan musik, menonton video, dan bermain games. Bagi keluarga-keluarga di negaramaju, komputer juga digunakan sebagai alat untuk berbelanja secara elektronik dengan caramelakukan pemesanan barang secara on-line dan melakukan pembayaran secara elektronik. Barangyang dibeli akan segera diantar ke rumah sehingga pembeli tidak perlu beranjak dari rumah.
2. Peranan TIK dalam Dunia Pendidikan
Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi, terutama komputer dan internet sudah lamadimanfaatkan oleh negara-negara maju. Misalnya, di negara seperti Inggris, Amerika, dan Jepang,teknologi informasi dan komunikasi digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolahmelalui pemanfaatan komputer dengan didukung teknologi internet. Dengan teknologi komputer dan internet, para siswa atau mahasiswa tidak hanya dapat belajar di dalam kelas. Mereka dapat belajar di mana pun karena hampir semua materi pelajaran dapat diiperoleh melalui CD ataulangsung diakses melalui Internet.Indonesia tidak mau ketinggalan dengan negara-negara maju. Sekarang ini, komputer sudah mulaidiperkenalkan di sekolah. Mulai dari pendidikan prasekolah (playgroup) sampai universitas. Bagianak-anak playgroup dan taman kanak-kanak, sudah tersedia berbagai media pembelajaran melaluikomputer yang memungkinkan pembelajaran secara interaktif tanpa meninggalkan sifat anak-anak,yaitu hermain. Secara umum, peran TIK dalam lingkungan pendidikan dapat dirasakan oleh parasiswa, sekolah, dan orang tua.
3. Bagi para Siswa atau Mahasiswa
Komputer dan jaringan komputer (intranet dan internet) memberikan kemudahan bagi para siswaatau mahasiswa. Para siswa dapat memperoleh bahan-bahan pembelajaran melalui perpustakaanelektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book) untuk mendapatkan koleksi perpustakaan berupa buku, modul, jurnal, majalah, atau surat kabar. Kehadiran Internet juga memungkinkandilakukannya pembelajaran jarak jauh (e-learning). Maksudnya untuk mendapatkan materi pelajaran, para siswa atau mahasiswa tidak harus terikat dengan ruang dan waktu di ruang kelas pada jam-jam pelajaran. Mereka dapat memperoleh materi melalui komputer di rumah yang
 
tersambung dengan internet atau melalui warnet-warnet yang tnemberikan layanan akses internet.Bahkan, dimungkinkan para siswa atau mahasiswa melakukan komunikasi dengan guru atau dosenmelalui fasilitas e-mail atau berbicara atau bertatap muka melalui fasilitas teleconference/ video-conference.
4. Bagi Guru atau Sekotah
Di samping untuk kegiatan pembelajaran, teknologi informasi dan komunikasi juga dapatdigunakan untuk kegiatan administratif para guru. Misalnya, mengetahui data siswa, seperti nama,orang tua siswa, asal, latar belakang pendidikan sebelumnya, maupun data akademik seperti jadwal, nilai-nilai siswa, dan catatan prestasi. Kegiatan pemrosesan nilai untuk menentukan nilairata-rata, ranking, kelulusan, dan kejuaraan sekolah dapat dilakukan dengan muclah, cepat, dantepat. Para guru tidak perlu lagi melakukan penghitungan secara manual dengan bantuan mesinhitung kalkulator karena apabila nilai sudah dimasukkan ke dalam sistem komputer, proses penghitungan akan dilakukan oleh komputer juga dan hasilnya dapat dilihat dalam sekejap.
5. Bagi Orang Tua
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan orang dapat memantau perkembangan pendidikan anaknya melalui komputer dan internet. Sehingga, mereka dapatmengetahui dan melihat hasil pembelajaran anaknya, mulai nilai harian, penugasan, nilai ujian, dan prestasi secara keseluruhan.
6. Peranan TIK dalam Kantor
Komputer banyak digunakan di kantor-kantor untuk membantu pekerjaan administrasi. Pembuatansurat-surat yang dahulu menggunakan mesin tik manual kini digantikan oleh komputer. Disamping hasilnya lebih rapi dan dapat dikoreksi sebelum dicetak, surat juga dapat disimpan dalam bentuk dokumen elektronik. Apabila suatu saat diperlukan kembali maka dokumen/file tersebutdapat dipanggil kembali atau diubah sesuai keperluan. Jelas ini dapat menghemat waktu dan tenagakarena tidak perlu mengetik lagi.Selain pekerjaan tulis menulis, di dalam kantor juga terdapat kegiatan penyimpanan dokumen-dokumen penting. Dokumen-dokumen yang telah disimpan dinamakan arsip. Adapun kegiatan penyimpanan dokumen disebut pengarsipan. Saat ini, kegiatan penyimpanan ternyata juga dapatdilakukan dengan bantuan komputer (pengarsipan elektronik). Program yang digunakan disebutearchieves. Semua catatan tentang arsip maupun salinan dokumen dapat disimpan pada harddisk,disket, atau pun CD dalam bentuk data elektronik. Keuntungan-keuntungan menggunakan e-archieves di antaranya adalah sebagai berikut.a. Tidak memerlukan tempat yang luas. b. Memudahkan pencarian arsip.c. Dapat diakses melalui jaringan komputer.
 
d. Relatif aman terhadap kerusakan fisik.e. Data arsip dapat disalin setiap saat.
7. Peranan TIK dalam Industri dan Manufaktur
Dalam bidang industri, komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang diinginkandapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi. Sebagai contoh, untuk menggambar bentuk desain mobil dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukansecara manual. Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi.Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil dilihat dari berbagaisudut (3 dimensi).Pada tahap produksi, digunakan robot yang kendalikan oleh komputer dengan programComputer Numerical Control (CNC) dan Computer Aided Manufacture (CAM). Bahkan, ujicobaketahanan kendaraan dapat dilakukan dan disimulasikan dengan komputcr.Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran TIK dalam bidang industri danmanufaktur sangat besar, di antaranya adalah sebagai berikut.a. Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat (akurat). b. Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit mungkin tenaga manusia sehinggamengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh manusia.
8. Peranan TIK dalam Bidang Bisnis dan Perbankan
Peranan T1K dalam bidang bisnis dan perbankan sangat besar karena tujuan dari bisnis dan perbankan adalah untuk mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil transaksi, baik barangmaupun jasa. Penggunaan alat bantu TIK merupakan keharusan untuk mengembangkan danmemajukan bisnis dan perbankan.Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses gaji, data statistik, danakunting (keuangan). Sistem komputer melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor.Banyak bisnis sudah menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuatlaporan keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan.Sistem Informasi Manajemen (SIM) dikembangkan oleh perusahaan untuk menyediakan informasiterkini mengenai operasi perusahaan dan membantu membuat keputusan perusahaan. Adapun darisisi pelanggan, peranan sistem komputer adalah meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitaslayanan. Bagi bisnis perdagangan, seperti department store, sistem informasi manajetnenmemungkinkan pencatatan transaksi secara mudah dengan alat bernama barcode reader, yaitu alatuntuk membaca kode barang yang dihubungkan dengan komputer. Penggunaan barcode reader memudahkan pramuniaga melayani pelanggan. Oleh karena alat ini terhubung dengan komputer dikasir dan server maka dapat dilakukan pengecekan basil transaksi setiap saat untuk mengetahui

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->