Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dalam Susunan Struktur Organisasi Dinas Kesehatan Di Tingkat Kabupaten

Dalam Susunan Struktur Organisasi Dinas Kesehatan Di Tingkat Kabupaten

Ratings: (0)|Views: 2,622|Likes:
Published by babeganteng

More info:

Published by: babeganteng on Dec 20, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/12/2013

pdf

text

original

 
Dalam susunan struktur organisasi Dinas Kesehatan di tingkat Kabupaten :Masalah yang berkaitan dengan model struktur organisasi :
Sebagai pedoman ini disusun setelah diperoleh masukan berupa penggalian berbagai pengalaman dari banyak pihak yang pernah atau tengah mendayagunakan tenaga kesehatan.hingga terbentuk sruktur organisasi dengan :
Tenaga Kesehatan & Kebutuhan Masyarakat
Sesuai Dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pelayanan kesehatan, DepartemenKesehatan sejak beberapa dasawarsa terakhir talah mendidik bermacam-macam jenis profesitenaga kesehatan. Pada awalnya berbagai profesi tersebut memang diadakan untuk memenuhikebutuhan program pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Namundalam perkembangannya kebutuhan akan tenaga kesehatan juga mempertimbangkan tuntutan pasar dan kebutuhan berbagai segmen masyarakat. Dalam konteks ini, sebagai negara yangtengah membangun dan mengembangkan infrastruktur pelayanan kesehatan, Indonesia perlumelakukan penataan ulang pendayagunaan tenagakesehatan yang telah ada atau yang masihakan dikembangkan. Indonesia merupakan negara yang terdiri atas ribuan pulau, dengan berbagai macam struktur geografis, penduduk yang tersebar tidak merata, dan sosial budayayang beraneka ragam, faktor-faktor ini menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatanyang sering berbeda dari satu daerah yang lain. Oleh karena itu perkiraan jumlah tenagakesehatan untuk melayani kebutuhan masyarakat sangat sulit untuk dihitung, Rasio jumlahtenaga kesehatan dengan jumlah penduduk tidak mudah ditetapkan, karena penggunaan rasioyang tidak hati-hati dapat menyebabkan kesalah pahaman. Sebagai contoh, disuatu daerahterpencil dengan penduduk yang jarang terkesan kurang memerlukan tenaga kesehatan, padahal didaerah itu terdapat masalah kesehatan yang mendesak, sebaliknya, didaerah padat penduduk dengan masalahkesehatan yang tidak begitu bermakna tenaga kesehatan justru berlebihan, alhasil tenaga kesehatan menumpuk disentra-sentra penduduk dengan tingkatekonomi yang lebih maju. Hal demikian sudah berlangsung sejak puluhan tahun yang telahlewat , tetapi ini merupakan tantangan untuk kemajuan pembangunan kesehatan Indonesia.
Pendayagunaan Tenaga Kesehatan
Di lihat dari sudut kemampuan dana, maka pemerintah Indonesia dewasa ini sudah tidak mungkin mengangkat semua jenis tenaga kesehatan sebagai pegawai negeri, sajak tahun 1990 pengangkatan tenaga kesehatan sebagai pegawai negeri hanya dalam rangka menggantikanmereka yang pensiun atau meninggal dunia. Disamping itu terdapat jenis-jenis tenagakesehatan yang ditugaskan pemerintah dengan sistem kontrak untuk beberapa tahun ditempat-tempat yang sangat membutuhkan, setelah masa kontrak mereka bebas, menetapkan dimanamereka akan bekerja. banyak masalah timbul berkenaan dengan pendayagunaan tenagakesehatan.Tenaga kesehatan telah dididik dan kontribusi dana dari pemerintah sangat dominandalam proses mendidik mereka. Pemerintah sangat dominan dalam proses mendidik mereka.Pemerintah sadar bahwa masyarakat sangat membutuhkan tenaga kesehatan tetapi pemerintahtidak memiliki cukup dana untuk mendayagunakan mereka. Pengalaman selama inimenunjukkan bahwa banyak organisasi atau institusi bukan pemerintah yang telah berhasilmendayagunakan tenaga kesehatan, Pengalaman semacam ini harus diungkap dan terusdikembangkan. Dana dari masyarakat sangat diharapkan untuk mendayagunakan tenagakesehatan.

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Slamet Mame liked this
Nuriza Safitri liked this
Alfiyatussaidah liked this
Abdul Anas liked this
Noraniza Fadhila liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->