Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sirkulasi Darah Pada Jantung

Sirkulasi Darah Pada Jantung

Ratings: (0)|Views: 2,014|Likes:
Published by Echyhelmi

More info:

Published by: Echyhelmi on May 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Menurut American Heart Association, pada tahun 2004 hampir seribukematian di Amerika berkaitan dengan kardiovaskular, sebanyak 35% dari semuakematian di Amerika Serikat di tahun tersebut. Penting bagi tenaga kesehatan danorang awam untuk mempelajari konsep penyakit kardiovaskular, tindakanpencegahan dan menjaga kesehatan jantung.Sistem kardiovaskular dimulai di jantung, sebuah pompa berotot yangberdenyut secara ritmis dan berulang 60-100 kali per menit. Setiap denyutmenyebabkan darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dalam suatu jaringantertutup yang terdiri atas arteri, arteriol, dan kapiler kemudian kembali ke jantungmelalui venula dan vena. Tujuan sistem kardiovaskular adalah mengambil oksigen diparu dan zat gizi yang di serap dari usus untuk disalurkan kesemua sel tubuh. Padasaat yang sama, sistem kardiovaskular mengangkut produk sisa metabolik yangdihasilkan oleh setiap sel untuk dibuang melalui paru atau ginjal.
1.2
 
Tujuan
 
Untuk mengetahui sistem peredaran darah pada manusia
 
Untuk mengetahui cara kerja sistem peredaran darah pada manusia
 
Untuk mengetahui gangguan pada sistem peredaran darah pada manusia
 
 2
BAB IIPEMBAHASAN2.1
 
Sistem Peredaran Darah
Vena kava superior 
dan
vena kava inferior 
mengalirkan darah ke atriumdekstra yang datang dari seluruh tubuh.
 Arteri pulmonalis
membawa darah dariventrikel dekstra masuk ke paru-paru (pulmo). Antara ventrikel sinistra dan arteripulmonalisterdapat katup valvula semilinaris arteri pulmonalis.
Vena pulmonalis
 membawa darah dari paru-paru masuk ke atrium sinistra.
 Aorta
membawa darah dariventrikel sinistra keseluruh tubuh. Pada batas antara ventrikel sinistra dan aortaterdapat sebuah katup valvula semilunaris aorta. (
anatomi fisiologi untuk mahasiswakeperawatan, Drs. H. Syafuddin, AMK. 2006 
)
 
ArteriArteri merupakan pembuluh darah yang keluar dari jantung yang membawadarah keseluruh bagian dan alat tubuh. Pembuluh darah arteri yang paling besar yangkeluar dari ventrikel sinistra disebut aorta. Arteri ini mempunyai dinding yang kuatdan tebal tetapi sifatnya yang elastis dan terdiri dari tiga lapisan yaitu :1)
 
Tunika intima/interna. Lapisan yang paling dalam sekali berhubungan dengandarah terdiri dari jaringan endotel.2)
 
Tunika media. Lapisan tengah yang terdiri dari jaringan otot yang sifatnyaelastis dan termasuk otot polos.3)
 
Tunika eksterna/adventisia. Lapisan yang paling luar sekali terdiri dari jaringan ikat gembur yang berguna menguatkan dinding arteri.
 
 3
 
VenaVena (pembuluh darah balik) merupakan pembuluh darah yang membawadarah dari bagian/alat-alat tubuh masuk kedalam jantung. Tentang bentuk susunandan juga pernapasan pembuluh darah yang menguasai vena sama dengan pada arteri.Katup-katup pada vena kebanyakan terdiri dari dua kelompok yang gunanya untuk mencegah darah agar tidak kembali lagi. Vena-vena yang ukurannya besardiantaranya vena kava dan vena pulmonalis.
 
KapilerKapiler (pembuluh rambut) merupakan pembuluh darah yang sangat halus.Diameternya kira-kira 0,008 ml. Dindingnya terdiri dari suatu lapisan endotel.Pembuluh darah kapiler pada umumnya meliputi sel-sel jaringan. Oleh karenanyasecara langsung berhubungan dengan sel.
 
Saluran LimfeStruktur pembuluh limfe yang hampir sama dengan pembuluh darah tepimemiliki lebih banyak katub sehingga pembuluh limfe terlihat seperti rangkaianmerjan. Saluran limfe mengumpulkan, menyaring dan menyalurkan kembali cairanlimfe kedalam darah yang kelua melalui dinding kapiker halus untuk membersihkan jaringan. Pembuluh limfe sebagai jaringan halus yang terdapat di dalam berbagaiorgan, terutama dijumpai dalam vili usus.
 
JantungJantung adalah sebuah organ berotot dengan empat ruang yang terletak dirongga dada, di bawah perlindungan tulang iga, sedikit ke sebelah kiri sternum.Jantung terdapat di dalam sebuah kantong longgar berisi cairan yang disebutpericardium. Keempat ruang jantung tersebut adalah atrium kiri dan kanan sertaventrikel kiri dan kanan. Atrium terletak di atas ventrikel dan saling berdampingan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->