Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Langkah-Langkah Dalam Membuat Web

Langkah-Langkah Dalam Membuat Web

Ratings: (0)|Views: 660|Likes:
Published by Djaloe Shanjhayha

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Djaloe Shanjhayha on May 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/03/2012

pdf

text

original

 
~> Step-Step Dalam Membuat Website <~
Website merupakan salah satu kebutuhan orang banyak saat ini misalkan dalam duniakerja, perkuliahan, juga sekolah karena mafaatnya yang sangat besar yaitu untuk membuat situsmasing-masing sekolah, universitas, ataupun perkantoran. Akan tetapi, masih banyak orangbelum mengetahui dalam pembuatan atau cara membuatnya. Mungkin karna keterbatasanpengetahuan juga pengenalan internet yang masih minim. Oleh karena itu, disini akan dijelaskantata cara dalam pembuatan website yang kita inginkan. Dalam pembuatan website banyak sekalicaranya dari beberapa bantuan aplikasi seperti PHP, Joombla, Fromtpage T, CorelWebDesignerT.Berikut pembahasan dalam pembuatan websitenya terlebih dahulu sebelum kitamendesainnya untuk menjadikannya lebih baik :
1. Dalam segi pengalamatan seperti singkatan dari WWW.
 WWW merupakan singkatan dari Word Wide Web yang merupakan beberapa kumpulandari beberapa informasi yang terhubung dari beberapa server internet yang satu dengan yang laindalam jaringan internet. Dalam setiap web pasti mempunyai link untuk saling berbagi informasiyang kita punya antara yang satu dengan yang lain. Pada link ini sudah memiliki tanda-tandakhusus oleh pembuatnya seperti dalam bentuk gambar, template, icon ataupun tulisan bergarisbawah. Apabila kita ingin mengetahui apakah gambar atau icon tersebut merupakan link yangdibuatnya itu lihatlah dari perubahan pada pointer mouse.
2. HTML (Hypertext Markup Language)
 HTML merupakan salah satu format data yang digunakan untuk membuat Hypertextpada pembuatan web yang bisa dibaca dari satu platform komputer ke platform komputerlainnya.
3. Home Page
 Home Page Merupakan salah satu halaman utama dari website yang didalamnya berisibanyak Informasi yang telah dibuat oleh pemilik website. Didalam home page itu juga terdapatbeberapa Informasi dari link-link yang dibuat untuk menghubungkan dokumen yang satu dengandokumen yang lain. Secara pribadi setiap perusahaan memiliki informasi dari World Wide Webyang memerlukan alamat atau URL khusus untuk dijadikan sebagai link dari perusahaantersebut.
4.
 
HyperText Transfer Protocol ( HTTP )
 HTTP merupakan protocol yang dijadikan sebagai salah satu sarana untuk menentukanaturan-aturan yang harus diikuti oleh Web browser yaitu seperti dalam meminta atau mengambilsuatu dokumen dari Web server dalam menyediakan dokumen yang diminta. Pada saat andasedang menjelajahi salah satu Web dan pada alamat tersebut ada tulisan
 
http://www.indowebster.com, ini merupakan satu contoh dalam penggunaan protokol HTTPdalam Website.
5. Uniform Resource Locater (URL)
 URL merupakan sarana dalam menentukan lokasi informasi tu berada pada web server.Terdapat beberapa Format umum yang dimiliki URL adalah sebagai berikut :Protokol transfer ://nama host/path/nama file
 
Protokol transfer
merupakan protocol yang digunakan oleh web browser untuk mengambil informasi dari web tersebut.
 
Nama host
adalah nama dari komputer tersebut dimana informasi itu berada.
 
Path/nama file
adalah jalur dari nama file dalam informasi.
6. Protokol Transfer
Protokol transfer digunakan sebagai protocol untuk mengirim informasi dari Internetyang satu ke internet yang lain. Terdapat beberapa protokol lainnya sebagai berikut :
 
FTP
(File Transfer Protokol). Protokol dirancang untuk para pemakai yang digunakanuntuk mentransfer file dalam format teks maupun biner dalam server komputer dalamInternet. Contoh : ftp.usma.edu/pub/msdos/.
 
Gopher.
Protokol yang digunakan untuk mengakses server gopher. Contoh :gopher://wiretrap.spies.com/.
 
News
(Network News Transfer Protokol). Protokol yang digunakn untuk mendistribusikan berita di Usenet. Usenet itu sendiri merupakan salah satu sistem yangdirancang untuk forum diskusi yang didasarkan pada topik-topik yang disebut jugasebagai newsgroup. Contoh : news:comp.infosystems.www.announce.
 
Telnet.
Protokol yang digunakan untuk login ke suatu server komputer.Dengan protokol-protokol yang ada diatas browser kita dapat bertindak sebagai clientdari protokol-protokol tersebut.
7. Domain Name System (DNS)
 Dari Komputer-komputer yang berada di Internet menggunakan format penamaan standaruntuk mempermudah dalam pengelolaan server dari komputer di Internet. Dalam sistempenamaannya server komputer yaitu Domain Name System (DNS). DNS yang membuat suatutingkatan domain yang merupakan kelompok yang terhubung ke Internet. Terdapat beberapanama-nama domain beserta organisasinya yang dimiliki antara lain adalah :
Nama Domain Jenis OrgansiasiCom Organisasi Komersial Contoh:www.google.com
 
Edu
 
Lembaga Pendidikan Contoh: www.usc.eduGov Lembaga Pemerintah
 
 
Int
 
Organisasi International
 
Mil Organisasi Militer
 
Net
 
Provider Internet Contoh indosat.net
 
Org Organisai Umum
 
Au
 
Organisasi Komputer di Australia
 
At Organisasi Komputer di Austria
 
Be
 
Organisasi Komputer di Belgia
 
Ca
 
Organisasi Komputer di KanadaCh
 
Organisasi Komputer di Swiss
 
Cz
 
Organisasi Komputer di Checna
 
De
 
Organisasi Komputer di Jerman
 
Dk
 
Organisasi Komputer di Denmark
 
Es
 
Organisasi Komputer di Spanyol
 
Id
 
Organisasi Komputer di Indonesia
 
 
Urutan membuat website secara garis besar
Dalam membuat website, sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada beberapahal ya harus disiapkan. Namun secara garis besar untuk membuat website,anda harus punya dulu domain dan hosting, kemudian mengkonfigurasikeduanya. lalu memilih engine website apakah blog, portal, ecommerce, dll.dan install engine tersebut. Jadilah website anda.Mungkin lebih gampangnya lihat urutan-urutan secara garis besar bagaimana membuatwebsite di bawah ini:
1.
 
Menyiapkan domain dan hosting.Anda menyewa domain dan hosting dulu di penyedia layanan tersebut. Untuk domainharganya mulai 79.000-95.000. Sedangkan hosting bervariasi mulai dari 50000-jutaan rupiah.Atau jika anda ingin belajar-belajar saja bisa menggunakan hosting gratisan.
2.
 
Konfigurasi domain dan hosting.Setelah anda menyewa domain dan hosting, saatnya mengkonfigurasi domain danhostingnya. tujuannya untuk menghubungkan nama domain dan hosting. Caranya denganmemasukkan “Name Server” di domainnya.
3.
 
Memilih engine website.Memilih engine ini bisa juga dilakukan awal-awal sebelum anda membuat domain danhosting. Engine website ini bermacam-macam, seperti blog, portal, forum, dan lain-lain.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->