Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
AGLAONEMA

AGLAONEMA

Ratings: (0)|Views: 301 |Likes:
Published by Sayid Sidik
Aglaonema
Aglaonema

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Sayid Sidik on May 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2013

pdf

text

original

 
1
AGLAONEMA
Salam ASRI.Aglaonema dalam bahasa China dikenal dengan nama " Chinese Evergreen ",sebetulnya tanaman hias yang berdaun indah berbatik dan membawakeberuntungan ini sudah lama dikenal di Indonesia dengan nama " Sri Rejeki ".
Aglaonema Tanaman Hias Berdaun Seksi
 Aglaonema, kembang yang banyak dikembangbiakkan di Thailand inipernah menduduki peringkat atas di kancah bursa pasaran tanaman hias. Namunbelakangan, pamornya turun setelah munculnya beberapa tanaman hias lain,seperti Adenium, Anthurium, atau Pachypodium dengan berbagai spekulasi yangtiba-tiba menaikkan namanya masing-masing.Aglaonema adalah sejenis tanaman hias yang memiliki keindahan lebihpada daunnya, bukan pada bunganya. Ada pun karakter daun yang sering dimilikitanaman yang kini mulai digemari kaum pria ini, seperti daunnya yang mengkilapkemerahan.
 
2Karakter seperti ini misalnya dimiliki aglaonema “red Sumatran” yangharganya mencapai ratusan ribu. Karakter lain, berdaun putih kehijauan. Karakterdaun seperti ini, semisal dimiliki aglaonema “snow white”.Ada pun jenis aglaonema yang kini sering ditemui di pusat-pusarperbelanjaan tanaman hias, selain keduanya di antaranya adalah aglaonematembaga, palm roy, legacy, anjamanii, manii impet, mimong kol, dinamit ruby,kamung kon, lipstik, lady valentine, selendang putri, heng-heng dan masih banyak lagi.Di beberapa kalangan pencinta tanaman hias, aglaonema kerap jugadisebut dengan julukan “sri rejeki’ atau “Chinese evergreen”. Namun di dalamkamus ilmu pengetahuan alam, aglaonema disebut adalah tanaman yang masuk dalam family araceae.Genusnya diperkirakan ada sekitar 30 spesies. Habitat aslinya, tanamanbiasa hidup di bawah hutan hujan tropis. Tumbuh baik pada areal denganintensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.
Pertumbuhan
 Bagaimana cara mengembangbiakkan aglaonema? Menurut Mahyudin,salah satu pedagang yang sudah enam tahun berkecimpung di bidang tanamanhias, perawatan aglaonema sebenarnya cukup mudah. “Asalkan mau memberikanwaktu yang serius,” ujarnya.Ia menjelaskan, Aglaonema sebaiknya ditanam pada media tanam denganmenggunakan tanah kompos sawit. Dan media tanamnya juga dibuat dalam pot,sesuai dengan ukuran tanaman.Selain itu, untuk menjadikan pertumbuhan Aglaonema lebih sehat,sebaiknya juga diberi pupuk. “Frekwensinya cukup 1 kali dalam 6 bulan,” jelasMahyuddin. Dikatakannya, aglaonema yang sehat bisanya akan memiliki daunyang sehat pula.
 
3Semisal, daunnya yang tumbuh berkarakter kokoh, mengkilap, warnanyatidak pucat dan tidak mudah terserang hama daun. “Agar daunnya tampak lebihindah, sebaiknya dilap dengan kain setiap hari. Lihat dan nikmatilahkeindahannya,” ujarnya.Sedangkan untuk perkembangbiakan aglaonema sendiri, hingga saat inimasih melalui proses penyilangan. Caranya, bonggol aglaonema disatukan dengantanaman baru. Sehingga lahirlah hibrida baru. Selain itu, aglaonema juga akanmenghasilkan tunas yang bisa ditanam kembali dalam media tanam yang baru.Selain kedua proses perkembangbiakan itu, kata Mahyuddin, aglaonema juga bisa dikembangbiakkan dengan cara penyerbukan. Tapi tidak semuapenggemar tanaman hias mau melakukannya. Karena akan membutuhkan waktuyang lebih lama.“Terkadang penggemar tanaman hias tak sabar menunggu lama-lama.Makanya, mereka lebih sering mengembangbiakkannya dengan carapenyilangan,” ujar Mahyuddin, yang saat ini juga sedang mengikuti ExpoTanaman Hias di Taman Ahmad Yani Medan.Meski agak menunggu lama, aglaonema hasil penyerbukan akan memilikikarakter yang lebih indah dan seksi, seperti kata mereka kaum pria yangtampaknya mulai tergila-gila pada keindahannya, meski harganya kini menurun.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Alham Padidik liked this
Ren Nie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->