Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian laporan

Pengertian laporan

Ratings: (0)|Views: 301 |Likes:
Published by Kurotsuki Indra

More info:

Published by: Kurotsuki Indra on May 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

 
 Dibuat oleh :
Ince Indra K. S. A. (A311 08 288)Fakultas Ekonomi dan BisnisUniversitas Hasanuddin2012
 
 
Laporan adalah suatu cara komunikasi yang berisi informasi sebagai hasil darisebuah tanggung jawab yang dibebankan kepada pembuatnya. Dengan kata lain,sebuah dokumentasi yang berisi fakta-fakta dari hasil penyelidikan suatu masalahsebagai bahan acuan pemikiran, penilaian serta tindakan. Laporan lebih banyak disampaikan dalam bentuk tertulis dan juga bisa disampaikan secara lisan.Tujuan penulisan laporan adalah untuk memenuhi tanggung jawab sebagai pelajaratau karyawan.Laporan dapat digolongkan menurut :1. Maksud pelaporan
 
Laporan informatif, yaitu laporan yang dimaksudkan untuk memberiinformasi dan bukan dimaksudkan untuk memberi analisis ataurekomendasi. Titik pentingnya adalah pemberian informasi yang akurat danterinci.
 
Laporan rekomendasi, yaitu laporan yang di samping memberikan informasi juga menyertakan pendapat si pelapor, dengan maksud memberikanrekomendsasi (usul yang tidak mengikat). Meski demikian akurasi danrincian informasi tetap diperlukan supaya rekomendasi yang diberikan jugameyakinkan.
 
Laporan analitis, yaitu laporan yang memuat sumbangan pikiran si pelapor,bisa berupa pendapat atau saran, setelah melalui analitis yang matang danmendalam. Kebanyakan laporan akademis berada pada kategori ini.
 
Laporan Pertanggungjawaban, di mana si pelapor memberi gambarantentang pekerjaan yang sedang dilaksanakan (Progress report) atau sudahdilaksanakan (bersifat evaluatif).
 
Laporan Kelayakan (feasibility report). Pelapor menganalisis suatu situasiatau masalah secara mendalam untuk menuju penilaian yang bersifat pilihan:layak atau tidak. Berbagai alternative dinanalisis, kemudian ditentukan manayang lebih baik.Laporan berguna untuk:
 
(1) alat pertanggungjawaban secara tertulis(2) pendokumentasian data(3) bahan pertimbangan(4) acuan pengambilan keputusan(5) alat merumuskan suatu penilaian(6) bahan evaluasi(7) melatih berpikir sistematisBaik berbentuk tulisan maupun lisan, kriteria penyampaian laporan yang baik dilihat dari tiga hal berikut.(1) Isi laporan mencakup kelengkapan fakta, data yang akurat, faktual, danobjektif.(2) Penyajian mencakup penggunaan bahasa yang baik, jelas dan tepat, sistematik serta menarik (3) Penyajian lisan harus disampaikan dengan vokal yang jelas, pengucapan, lafal,intonasi yang tepat dan gaya ekspresif yang sesuai.Sebelum laporan disajikan secara lisan, laporan terlebih dahulu disusun dalambentuk tertulis secara sistematis sehingga mudah dipahami.Dari segi bentuk tertulis, laporan terbagi menjadi seperti berikut.(1) Laporan berbentuk formulir, yaitu laporan yang tinggal mengisi pada blangkoyang disediakan.(2) Laporan berbentuk memorandum, yaitu laporan yang diuraikan secara singkat.Laporan ini dibuat dalam rangka proses hubungan kerja antara atasan dan bawahanatau antar-unsur-unsur dalam suatu instansi.(3) Laporan berbentuk surat, yaitu laporan yang diuraikan lebih panjang darimemorandum sebagaimana uraian dalam bentuk surat biasa. Jenis laporan ini dapatdipergunakan untuk bermacam-macam topik.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
jolor1123 liked this
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->