Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah pak har

makalah pak har

Ratings: (0)|Views: 556|Likes:

More info:

Published by: Fradella Elvaretta Acelin on May 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/17/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang MasalahPeserta didik adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, ia membutuhkan oranglain untuk dapat tumbuh kembang menjadi manusia yang utuh. Dalamperkembangannya, pendapat dan sikap peserta didik dapat berubah karena interaksi dansaling berpengaruh antar sesama peserta didik maupun dengan proses sosialisasi.Dengan mempelajari perkembangan hubungan sosial diharapkan dapat memahamipengertian dan proses sosialisasi peserta didik.Kebutuhan berinteraksi dengan orang lain telah dirasakan sejak usia enambulan, disaat itu mereka telah mampu mengenal manusia lain, terutama ibu dan anggotakeluarganya. Anak mulai mampu membedakan arti senyum dan perilaku sosial lain,seperti marah (tidak senang mendengar suara keras) dan kasih sayang.Perkembangan sosial pada masa remaja berkembang kemampuan untuk memahamiorang lain sebagai individu yang unik. Baik menyangkut sifat-sifat pribadi, minat, nilai-nilai atau perasaan sehingga mendorong remaja untuk bersosialisasi lebih akrab denganlingkungan sebaya atau lingkungan masyarakat baik melalui persahabatan ataupercintaan. Pada masa ini berkembangan sikap cenderung menyerah atau mengikutiopini, pendapat, nilai, kebiasaan, kegemaran, keinginan orang lain. Ada lingkungansosial remaja (teman sebaya) yang menampilkan sikap dan perilaku yang dapatdipertanggung jawabkan misalnya: taat beribadah, berbudi pekerti luhur, dan lain-lain.Tapi ada juga beberapa remaja yang terpengaruh perilaku tidak bertanggung jawabteman sebayanya, seperti : mencuri, free sex, narkotik, miras, dan lain-lain. Remajadiharapkan memiliki penyesuaian sosial yang tepat dalam arti kemampuan untuk mereaksi secara tepat terhadap realitas sosial, situasi dan relasi baik di lingkungankeluarga, sekolah dan masyarakat.B.
 
Rumusan Masalah1.
 
Apa yang dimaksud dengan perkembangan sosial?2.
 
Apa saja karakteristik perkembangan sosial anak, remaja, dan dewasa?3.
 
Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial?
4. Apakah hubunganya dengan psikologi pendidikan ?
5.
 
Apa saja karakteristik perkembangan kepribadian anak, remaja, dan dewasa?
 
 C.
 
Tujuan MakalahSejalan dengan rumusan masalah di atas, makalah ini disusun dengan tujuanuntuk mengetahui dan mendeskripsikan:1.
 
Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan perkembangan sosial.2.
 
Untuk mengetahui karakteristik perkembangan sosial anak sampai dewasa.3.
 
Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial.4. Untuk mengetahui hubungan serta implikasinya terhadap psikologipendidikan.5.
 
Untuk mengetahui karakteristik kepribadian anak sampai dewasa.
 
BAB IIPEMBAHASAN2.1
 
Pengertian Perkembangan SosialHubungan sosial merupakan hubungan antarmanusia yang salingmembutuhkan. Hubungan sosial dimulai dari tingkat yang sederhana yang didasari olehkebutuhan yang sederhana. Semakin dewasa, kebutuhan manusia menjadi kompleksdan dengan demikian, tingkat hubungan sosial juga berkembang menjadi amatkompleks. Pada jenjang perkembangan remaja, seorang remaja bukan saja memerlukanorang lain demi memenuhi kebutuhan pribadinya, tetapi mengandung maksud untuk disimpulkan bahwa pengertian perkembangan sosial adalah berkembangnya tingkathubungan antar manusia sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia.Syamsu Yusuf (2007) menyatakan bahwa Perkembangan sosial merupakanpencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Perkembangan sosial dapat puladiartikan sebagao proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-normakelompok, moral dan tradisi meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan salingberkomunikasi dan kerja sama.Hubungan sosial (sosialisasi) merupakan hubungan antar manusia yang salingmembutuhkan. Hubungan sosial mulai dari tingkat sederhana dan terbatas, yangdidasari oleh kebutuhan yang sederhana. Semakin dewasa dan bertambah umur,kebutuhan manusia menjadi kompleks dan dengan demikian tingkat hubungan sosial juga berkembang amat kompleks.
2.2
Karakteristik Perkembangan Sosial Anak, Remaja dan Dewasa.Pada usia ini anak mulai memiliki kesanggupan menyesuaikan diri sendiri(egosentris) kepada sikap yang kooperatif (bekerja sama) atau sosiosentris (maumemperhatikan kepentingan orang lain).Berkat perkembangan sosial anak dapat menyesuaikan dirinya dengankelompok teman sebayanya maupun dengan lingkungan masyarakat sekitarnya. Dalamproses belajar di sekolah, kematangan perkembangan sosila ini dapat dimanfaatkan ataudimaknai dengan memberikan tugas-tugas kelompok, baik yang membutuhkan tenagafisik maupun tugas yang membutuhkan pikiran. Hal ini dilakukan agar peserta didik belajar tentang sikap dan kebiasaan dalam bekerja sama, saling menghormati danbetanggung jawab.Karena adanya perkembangan sosial anak dapat menyesuaikan dirinya dengankelompok teman sebayanya maupun dengan lingkungan masyarakat sekitarnya. Dalamproses belajar di sekolah, kematangan perkembangan sosila ini dapat dimanfaatkan ataudimaknai dengan memberikan tugas-tugas kelompok, baik yang membutuhkan tenagafisik maupun tugas yang membutuhkan pikiran. Hal ini dilakukan agar peserta didik 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->