Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
contoh makalah

contoh makalah

Ratings: (0)|Views: 306 |Likes:
Published by Akak Fani

More info:

Published by: Akak Fani on May 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2014

pdf

text

original

 
1 07 2008
BAB IPENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah
Bank merupakan salah satu lembaga yang mempunyai peranan penting dalammasyarakat. Oleh karena itu hampir setiap orang tahu mengenai peranan bank. Perananbank adalah melakukan kegiatan penghimpunan dan penyaluran dana dari dan kemasyarakat. Peran sebagai penghimpun dana dilakukan bank dengan melayanimasyarakat yang ingin menabung uangnya di bank. Peran sebagai penyalur danadilakukan bank dengan melayani masyarakat yang membutuhkan pinjaman uang daribank, misalnya untuk keperluan modal usaha, keperluan pembangunan, dan keperluan-keperluan lainnya.Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dilakukan bank denganmengembangkan berbagai produk dan jasa perbankan. Produk perbankan yangdikembangkan berupa produk penyimpanan dana (dalam bentuk tabungan, deposito,giro) maupun peminjaman dana (dalam bentuk kredit). Sedangkan jasa perbankan yangbisa dinikmati antara lain jasa transfer, inkaso, referensi, dan lain-lain. Jasa perbankantersebut diciptakan, di samping untuk melayani kebutuhan nasabah, juga untukmenambah pendapatan Bank dari perolehan provisi (untuk kredit) dan komisi yangdibebankan pada setiap pengguna jasa perbankan.Sebagaimana diketahui bahwa bank menghimpun dana dari masyarakat dalambentuk tabungan, deposito dan giro. Dana tersebut kemudian dipinjamkan kembalikepada masyarakat yang membutuhkan. Dalam hal ini karena bank menggunakan danayang dihimpun dari masyarakat, maka masyarakat penabung diberi balas jasa berupabunga. Balas jasa kepada penabung ini merupakan sumber pengeluaran bank. Di lainpihak, karena bank memberikan jasa peminjaman uang kepada masyarakat peminjam,maka masyarakat yang meminjam tersebut dikenakan jasa berupa bunga kredit yangharus dibayarkan kepada pihak bank.Selain mendapatkan sumber dana dari nasabah dalam bentuk tabungan,deposito dan giro, bank juga dapat memperoleh dana dari pihak ketiga. Dana dari pihakketiga ini berupa saham. Di bank BPD Yogyakarta saham-saham ini dipegang olehpemerintah daerah, baik pemerintah daerah kabupaten maupun pemerintah daerahpropinsi. Dana yang diperoleh dari pihak ketiga ini dalam prakteknya digunakan BPDuntuk melaksanakan kegiatan operasional perbankan, antara lain dipinjamkan lagikepada nasabah peminjam, sehingga dari peminjaman tersebut Bank BPD mendapatkeuntungan yang berupa bunga. Bunga ini merupakan sumber pendapatan bagi BankBPD. Akan tetapi sebagai balas jasa kepada pihak ketiga yang telah menanamkansahamnya pada Bank BPD, maka Bank BPD mempunyai kewajiban untuk membagi
 
keuntungan kepada para pemegang saham dalam bentuk dividen.Dengan demikian jika di satu pihak Bank BPD mengeluarkan dana untukmembayar biaya bunga tabungan, deposito dan giro kepada nasabah penabung dandeposan, dan harus membagi keuntungan (dividen) dengan pihak pemegang saham(merupakan sumber pengeluaran), akan tetapi di pihak lain Bank BPD juga akanmendapatkan pemasukan yang berasal dari penyelenggaraan jasa perbankan denganmenggunakan dana dari tabungan, deposito dan dana pihak ketiga tersebut, antara lainberupa bunga kredit jika dana tersebut dipinjamkan kepada nasabah peminjam. 
B. Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah :1.Apakah biaya bunga, kredit yang diberikan dan dana pihak ketiga secara bersama-sama berpengaruh terhadap pendapatan Bank BPD DIY Cabang Utama periodeSeptember 2001 – Agustus 2003?2.Apakah biaya bunga, kredit yang diberikan dan dana pihak ketiga secara individualberpengaruh terhadap pendapatan Bank BPD DIY Cabang Utama periode September2001 – Agustus 2003?3.Variabel mana yang paling berpengaruh terhadap pendapatan Bank BPD DIY CabangUtama periode September 2001 – Agustus 2003? 
C. Tujuan Penelitian
Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah :1.Untuk mengetahui pengaruh biaya bunga, kredit yang diberikan dan dana pihakketiga secara bersama-sama terhadap pendapatan Bank BPD DIY Cabang Utamaperiode September 2001 – Agustus 2003.2.Untuk mengetahui pengaruh biaya bunga, kredit yang diberikan dan dana pihakketiga secara individual terhadap pendapatan Bank BPD DIY Cabang Utama periodeSeptember 2001 – Agustus 2003.3.Untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap pendapatan Bank BPDDIY Cabang Utama periode September 2001 – Agustus 2003.
 D. Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini manfaat yang dapat diperoleh adalah :1. Bagi BankDapat memberikan masukan kepada Bank BPD DIY Cabang Utama mengenaikebijakan penentuan biaya bunga, kredit yang disalurkan kepada masyarakat danpengelolaan dana pihak ketiga.
 
2. Bagi PenelitiMerupakan sarana untuk melengkapi pengetahuan tentang teori-teori yang selamaini dipelajari di bangku kuliah dengan pelaksanaannya di lapangan.3. Bagi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjana Wiyata YogyakartaDapat menambah khasanah Perpustakaan Universitas Sarjana Wiyata Yogyakartadalam kaitan dengan kajian tentang BPD DIY Cabang Utama.
 E. Definisi Operasional
1. Biaya bungaAdalah biaya yang dikeluarkan bank untuk diberikan kepada nasabah penabung dannasabah deposan yang besarnya ditentukan oleh pihak bank dan diberikan kepadanasabah dalam satuan waktu tertentu, misalnya harian atau bulanan.2. KreditAdalah pinjaman yang diberikan kepada nasabah peminjam dan sebagai imbalannyabank mendapatkan bunga kredit sebagai sumber pemasukan bank.3. Dana pihak ketigaAdalah dana yang dihimpun dari masyarakat dalam bentuk saham yangdigunakan bank untuk melakukan operasi perbankan. Sebagai imbalannya, bankharus memberikan dividen kepada para pemegang saham.4. Pendapatan bankAdalah pendapatan yang diperoleh bank dari operasi perbankan yang dilakukannya,antara lain dari hasil bunga, keuntungan transaksi valuta asing, provisi dan komisi,dividen atas saham, pendapatan operasional lainnya dan pendapatan nonoperasional.
Konstribusi Dana Pihak Ketiga Terhadap Total Dana Pada Bank Rakyat Indonesia Unit GunungKawi MalangUndergraduate Theses from JIPTUMMPP / 2005-04-20 09:38:32Oleh : Syamsul Arifin (96640142), EconomicDibuat : 2005-04-20, dengan 2 file
Keyword :
KONSTRIBUSI DANA, BANK RAKYAT INDONESIA
Url :
 

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nuraima Imhaa liked this
Aan Ahmad Achyar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->