Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGERTIAN HAKIKAT MANUSIA

PENGERTIAN HAKIKAT MANUSIA

Ratings: (0)|Views: 369|Likes:
Published by anon_480917950
pengertian hakikat manusia
pengertian hakikat manusia

More info:

Published by: anon_480917950 on May 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/17/2013

pdf

text

original

 
PENGERTIAN HAKIKAT MANUSIA
Hakekat manusia adalah sebagai berikut :
 
a. Makhluk yang memiliki tenga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untukmemenuhi kebutuhan-kebutuhannya.b. Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektualdan sosial.
c.
 
yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur danmengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
 d.
 
Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernahselesai (tuntas) selama hidupnya.
 e.
 
Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkandirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati
 f.
 
Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan ketakterdugaandengan potensi yang tak terbatas
 g.
 
Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.
 h.
 
Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama lingkungan sosial, bahkan iatidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa hidup di dalamlingkungan sosial.
 i.
 
Manusia adalah mahluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh Allah SWT.Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dantugas mereka sebagai khalifah dimuka bumi ini. Al-Quran menerangkan bahwa manusiaberasal tanah dengan mempergunakan bermacam-macam istilah, seperti : Turab, Thien,Shal-shal, dan Sualalah.Hal ini dapat diartikan bahwa jasad manusia diciptakan Allah dari bermacam-macamunsur kimiawi yang terdapat dari tanah. Adapun tahapan-tahapan dalam prosesselanjutnya, Al-Quran tidak menjelaskan secara rinci. Akan tetapi hampir sebagian besarpara ilmuwan berpendapat membantah bahwa manusia berawal dari sebuah evolusi dariseekor binatang sejenis kera, konsep-konsep tersebut hanya berkaitan dengan bidangstudi biologi. Anggapan ini tentu sangat keliru sebab teori ini ternyata lebih dari sekadarkonsep biologi. Teori evolusi telah menjadi pondasi sebuah filsafat yang menyesatkansebagian besar manusia. Dalam hal ini membuat kita para manusia kehilangan harkat danmartabat kita yang diciptakan sebagai mahluk yang sempurna dan paling mulia. j.
 
Walaupun manusia berasal dari materi alam dan dari kehidupan yang terdapat didalamnya, tetapi manusia berbeda dengan makhluk lainnya dengan perbedaan yangsangat besar karena adanya karunia Allah yang diberikan kepadanya yaitu akal danpemahaman. Itulah sebab dari adanya penundukkan semua yang ada di alam ini untuk 
manusia, sebagai rahmat dan karunia dari Allah SWT. {“Allah telah menundukkan bagi
kalian apa-
apa yang ada di langit dan di bumi semuanya.”}(Q. S. Al
-Jatsiyah: 13).
{“Allah telah menundukkan bagi kalian matahari dan bulan yang terus menerus beredar.
 
Dia juga telah menundukkan bagi kalian malam dan siang.”}(Q. S. Ibrahim: 33). {“Allah
telah menundukkan bahtera bagi kalian agar dapat berlayar di lautan atas kehendak-
 Nya.”}(Q. S. Ibrahim: 32), dan ayat lainnya yang menjelaskan apa yang telah Allah
karuniakan kepada manusia berupa nikmat akal dan pemahaman serta derivat (turunan)dari apa-apa yang telah Allah tundukkan bagi manusia itu sehingga mereka dapatmemanfaatkannya sesuai dengan keinginan mereka, dengan berbagai cara yang mampumereka lakukan. Kedudukan akal dalam Islam adalah merupakan suatu kelebihan yang
 
diberikan Allah kepada manusia dibanding dengan makhluk-makhluk-Nya yang lain.Dengannya, manusia dapat membuat hal-hal yang dapat mempermudah urusan mereka didunia. Namun, segala yang dimiliki manusia tentu ada keterbatasan-keterbatasansehingga ada pagar-pagar yang tidak boleh dilewati.k.
 
Dengan demikian, manusia adalah makhluk hidup. Di dalam diri manusia terdapat apa-apa yang terdapat di dalam makhluk hidup lainnya yang bersifat khsusus. Diaberkembang, bertambah besar, makan, istirahat, melahirkan dan berkembang biak,menjaga dan dapat membela dirinya, merasakan kekurangan dan membutuhkan yang lainsehingga berupaya untuk memenuhinya. Dia memiliki rasa kasih sayang dan cinta,l.
 
rasa kebapaan dan sebagai anak, sebagaimana dia memiliki rasa takut dan aman,menyukai harta, menyukai kekuasaan dan kepemilikan, rasa benci dan rasa suka, merasasenang dan sedih dan sebagainya yang berupa perasaan-perasaan yang melahirkan rasacinta. Hal itu juga telah menciptakan dorongan dalam diri manusia untuk melakukanpemuasan rasa cintanya itu dan memenuhi kebutuhannya sebagai akibat dari adanyapotensi kehidupan yang terdapat dalam dirinya. Oleh karena itu manusia senantiasaberusaha mendapatkan apa yang sesuai dengan kebutuhannya,hal ini juga dialami olehpara mahluk-mahluk hidup lainnya, hanya saja, manusia berbeda dengan makhluk hiduplainnya dalam hal kesempurnaan tata cara untuk memperoleh benda-benda pemuaskebutuhannya dan juga tata cara untuk memuaskan kebutuhannya tersebut. Makhluk hidup lain melakukannya hanya berdasarkan naluri yang telah Allah ciptakan untuknyasementara manusia melakukannya berdasarkan akal dan pikiran yang telah Allahkaruniakan kepadanya.m.
 
Dewasa ini manusia, prosesnya dapat diamati meskipun secara bersusah payah.Berdasarkan pengamatan yang mendalam dapat diketahui bahwa manusia dilahirkan ibudari rahimnya yang proses penciptaannya dimulai sejak pertemuan antara spermatozoadengan ovum.n.
 
Didalam Al-Qur`an proses penciptaan manusia memang tidak dijelaskan secara rinci,akan tetapi hakikat diciptakannya manusia menurut islam yakni sebagai mahluk yangdiperintahkan untuk menjaga dan mengelola bumi. Hal ini tentu harus kita kaitkandengan konsekuensi terhadap manusia yang diberikan suatu kesempurnaan berupa akaldan pikiran yang tidak pernah di miliki oleh mahluk-mahluk hidup yang lainnya.Manusia sebagai mahluk yang telah diberikan kesempurnaan haruslah mampumenempatkan dirinya sesuai dengan hakikat diciptakannya yakni sebagai penjaga ataupengelola bumi yang dalam hal ini disebut dengan khalifah. Status manusia sebagaikhalifah , dinyatakan dalam Surat All-Baqarah ayat 30. Kata khalifah berasal dari katakhalafa yakhlifu khilafatan atau khalifatan yang berarti meneruskan, sehingga katakhalifah dapat diartikan sebagai pemilih atau penerus ajaran Allah.o.
 
Namun kebanyakan umat Islam menerjemahkan dengan pemimpin atau pengganti, yangbiasanya dihubungkan dengan jabatan pimpinan umat islam sesudah Nabi Muhammadsaw wafat , baik pimpinan yang termasuk khulafaurrasyidin maupun di masa Muawiyah-
„Abbasiah. Akan tetapi fungsi dari khalifah itu sendiri sesuai dengan yang telah diuraikan
diatas sangatlah luas, yakni selain sebagai pemimpin manusia juga berfungsi sebagaipenerus ajaran agama yang telah dilakukan oleh para pendahulunya,selain itu khalifah juga merupakan pemelihara ataupun penjaga bumi ini dari kerusakan.p.
 
SIAPAKAH MANUSIA
 
q.
 
Kehadiran manusia pertama tidak terlepas dari asal usul kehidupan di alam semesta. Asalusul manusia menurut ilmu pengetahuan tidak bisa dipisahkan dari teori tentang spesieslain yang telah ada sebelumnya melalui proses evolusi.r.
 
Evolusi menurut para ahli paleontology dapat dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan tingkat evolusinya, yaitu :s.
 
Pertama, tingkat pra manusia yang fosilnya ditemukan di Johanesburg Afrika Selatanpada tahun 1942 yang dinamakan fosil Australopithecus.t.
 
Kedua, tingkat manusia kera yang fosilnya ditemukan di Solo pada tahun 1891 yangdisebut pithecanthropus erectus.u.
 
Ketiga, manusia purba, yaitu tahap yang lebih dekat kepada manusia modern yang sudahdigolongkan genus yang sama, yaitu Homo walaupun spesiesnya dibedakan.v.
 
Fosil jenis ini di neander, karena itu disebut Homo Neanderthalesis dan kerabatnyaditemukan di Solo (Homo Soloensis).w.
 
Keempat, manusia modern atau Homo sapiens yang telah pandai berpikir, menggunakanotak dan nalarnya.x.
 
Beberapa Definisi Manusia :y.
 
1. Manusia adalah makhluk utama, yaitu diantara semua makhluk natural dansupranatural, manusia mempunyai jiwa bebas dan hakikat hakikat yg mulia.z.
 
2. Manusia adalah kemauan bebas. Inilah kekuatannya yg luar biasa dan tidak dapatdijelaskan : kemauan dalam arti bahwa kemanusiaan telah masuk ke dalam rantaikausalitas sebagai sumber utama yg bebas
 – 
kepadanya dunia alam
 – 
world of nature
 – 
,sejarah dan masyarakat sepenuhnya bergantung, serta terus menerus melakukan campurtangan pada dan bertindak atas rangkaian deterministis ini. Dua determinasi eksistensial,kebebasan dan pilihan, telah memberinya suatu kualitas seperti Tuhanaa.
 
3. Manusia adalah makhluk yg sadar. Ini adalah kualitasnya yg paling menonjol;Kesadaran dalam arti bahwa melalui daya refleksi yg menakjubkan, ia memahamiaktualitas dunia eksternal, menyingkap rahasia yg tersembunyi dari pengamatan, danmampu menganalisa masing-masing realita dan peristiwa. Ia tidak tetap tinggal padapermukaan serba-indera dan akibat saja, tetapi mengamati apa yg ada di luarpenginderaan dan menyimpulkan penyebab dari akibat. Dengan demikian ia melewatibatas penginderaannya dan memperpanjang ikatan waktunya sampai ke masa lampau danmasa mendatang, ke dalam waktu yg tidak dihadirinya secara objektif. Ia mendapatpegangan yg benar, luas dan dalam atas lingkungannya sendiri. Kesadaran adalah suatuzat yg lebih mulia daripada eksistensi.bb.
 
4. Manusia adalah makhluk yg sadar diri. Ini berarti bahwa ia adalah satu-satuna makhluk hidup yg mempunyai pengetahuan atas kehadirannya sendiri ; ia mampu mempelajari,manganalisis, mengetahui dan menilai dirinya.cc.
 
5. Manusia adalah makhluk kreatif. Aspek kreatif tingkah lakunya ini memisahkandirinya secara keseluruhan dari alam, dan menempatkannya di samping Tuhan. Hal inimenyebabkan manusia memiliki kekuatan ajaib-semu
 – 
quasi-miracolous
 – 
ygmemberinya kemampuan untuk melewati parameter alami dari eksistensi dirinya,memberinya perluasan dan kedalaman eksistensial yg tak terbatas, dan menempatkannyapada suatu posisi untuk menikmati apa yg belum diberikan alam.dd.
 
6. Manusia adalah makhluk idealis, pemuja yg ideal. Dengan ini berarti ia tidak pernahpuas dengan apa yg ada, tetapi berjuang untuk mengubahnya menjadi apa yg seharusnya.Idealisme adalah faktor utama dalam pergerakan dan evolusi manusia. Idealisme tidak 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->