Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Alat Reproduksi

Alat Reproduksi

Ratings: (0)|Views: 8 |Likes:
Published by me_tech_apit

More info:

Published by: me_tech_apit on May 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2013

pdf

text

original

 
Alat Reproduksi Wanita
“Mungkin Anda adalah seorang wanita, tapi belum mengetahui apa bagian
-bagian yang terdapat pada alat reproduksi Anda. Anda dapat mengetahuinya
disini….
 
Alat Genitalia Eksterna
 
1. Mons veneris
 Mons veneris merupakan bagian yang menonjol di atas simfisis dan pada wanitadewasa ditutupi oleh rambut kemaluan. Pertumbuhan rambut kemaluan initergantung dari suku bangsa dan juga dari jenis kelamin. Pada wanita biasanyabatas atasnya melintang sampai pinggir atas simfisis, sedangkan ke bawah sampaisekitar anus dan paha.
 2. Labia mayora
 Labia mayora (bibir-bibir besar) terdiri atas 2 bagian, yaitu bagian kanan dan kiri.Berbentuk lonjong mengecil ke bawah, terisi oleh jaringan lemak yang serupadengan yang ada di mons veneris. Ke bawah dan ke belakang kedua labia mayorabertemu dan membentuk kommisura posterior.
 
 3. Labia minora
 Labia minora (bibir-bibir kecil) adalah suatu lipatan tipis dari kulit sebelah dalamlabia mayora. Ke depan, kedua bibir kecil bertemu dan membentuk di atas klitorisyaitu preputium klitoridis, dan di bawah klitoris yaitu frenulum klitoridis. Kebelakang, kedua labia minora juga bersatu dan membentuk fossa naviculare. Fossanaviculare ini pada wanita yang belum pernah bersalin tampak masih utuh,berbentuk cekung seperti perahu. Sedangkan pada wanita yang pernah melahirkanterlihat tebal dan tak rata. Kulit yang meliputi labia minora mengandung banyak glandula sebasea (kelenjar lemak) dan juga ujung-ujung syaraf yang menyebabkanlabia minora sangat sensitif. Jaringan ikatnya mengandung banyak pembuluhdarah dan beberapa otot polos yang menyebabkan labia minora ini dapatmengembang.
 4. Klitoris
 Klitoris kira-kira sebesar kacang hijau, tertutup oleh preputium klitoridis, danterdiri atas glans klitoridis, korpus klitoridis, dan 2 crura yang menggantungkanklitoris ke os pubis. Glans klitoridis terdiri atas jaringan yang dapat mengembang,penuh dengan syaraf, hingga sangat sensitif.
 5. Vulva
 Vulva berbentuk lonjong dengan ukuran panjang dari depan ke belakang dandibatasi di bagian depan oleh klitoris, sebelah kanan dan kiri oleh kedua labiaminora, dan di belakang oleh perineum. Embriologiknya sesuai dengan sinusurogenitalis. Di vulva, 1-1,5 cm di bawah klitoris ditemukan orifisium uretraeksternum berbentuk membujur 4-5 mm dan tidak jarang sukar ditemukan olehkarena tertutup oleh lipatan-lipatan selaput vagina. Tidak jauh dari lubang kemih,di kiri dan di kanan bawahnya, dapat dilihat dua ostia Skene. Saluran Skeneanalog dengan kelenjar prostat pada laki-laki. Di kiri dan kanan bawah, dekatfossa naviculare, terdapat kelenjar Bartolin. Kelenjar ini dengan ukuran diameterlebih kurang 1 cm, terletak di bawah otot konstriktor kunni dan mempunyaisaluran panjang 1,5-2 cm yang bermuara di vulva, tidak jauh dari fossa naviculare.Pada coitus, kelenjar Bartolin mengeluarkan getah lendir.
6. Bulbus vestibuli
 Bulbus vestibuli dextra dan sinistra terletak di bawah selaput lendir vulva, dekatramus os pubis. Ukuran panjangnya 3-4 cm, lebar 1-2 cm, dan tebalnya 0,51-1cm. mengandung banyak pembuluh darah, sebagian tertutup oleh musculusischiocavernosus dan musculus constrictor vaginae. Embriologik sesuai dengancorpus cavernosum penis. Pada waktu persalinan biasanya kedua bulbus tertarik ke atas, ke bawah arcus pubis, akan tetapi bagian bawahnya yang melingkarivagina sering mengalami cedera, dan sekali-sekali timbul hematom vulva atauperdarahan.
7. Introitus vagina
 
 
Introitus vagina mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Pada seorangvirgo selalu dilindungi oleh labia minora. Jika labia minora ini dibuka, makabarulah dapat dilihat, ditutupi selaput dara (himen). Himen ini mempunyai bentuk berbeda-beda, mulai dari semilunar (bulan sabit) sampai yang berlubang-lubang,atau yang ada pemisahnya (septum). Konsistensinya juga berbeda-beda, mulaidari yang kaku sampai yang lunak sekali. Hiatus himenalis (lubang selaput dara)berukuran dari yang seujung jari hingga yang mudah dilalui oleh dua jari.Umumnya himen robek pada coitus, dan robekan ini terjadi pada tempat jam 5atau jam 7, dan sampai dasar himen tersebut. Sesudah persalian, himen robek padabeberapa tempat, dan apa yang dilihat adalah sisa-sisanya (caruncula himenalis)saja.
8. Perineum
 Perineum terletak antara vulva dan anus, dengan panjang rata-rata 4 cm.
Alat Genitalia Interna
 
1. Vagina
 Setelah melewati introitus vagina, dapat ditemukan vagina yang merupakan suatupenghubung antara introitus dan uterus. Arahnya sejajar dengan arah dari pinggiratas simfisis ke promontorium. Arah ini penting diketahui pada waktumemasukkan jari ke dalam vagina ketika mengadakan pemeriksaan ginekologik.Dinding depan dan belakang vagina berdekatan satu sama lain, masing-masingpanjangnya 6,5 cm dan 9 cm. Bentuk vagina sebelah dalam yang berlipat-lipatdisebut rugae, di tengah-tengahnya ada bagian yang lebih keras, disebut kolumnarugarum. Lipatan-lipatan ini memungkinkan vagina pada persalinan melebar,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->