Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Filsafat dan Ideologi Pancasila

Filsafat dan Ideologi Pancasila

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 915 |Likes:
Published by Nazar Pananto

More info:

Published by: Nazar Pananto on May 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/21/2013

pdf

text

original

 
1
BAB I
FILSAFAT PANCASILA
1.1.
 
Pengertian Filsafat
Kata filsafat berasal dari bahasa yunani, yaitu dari kata “philos” dan“sophos” menjadi philosophia. Philos berarti cinta atau teman, sophos berarti
bijaksana. Jadi philosophia atau filsafat berarti cinta kepadakebijaksanaan/pengetahuan. Seorang ahli pikir disebut filosof. Kata ini mula-muladipakai oleh Herakleitos.Pengetahuan bijaksana memberi kebenaran, orang yang mencintaipengetahuan bijaksana, karena itu yang mencarinya adalah orang yang mencintaikebenaran adalah karakteristik dari setiap filosof dari dahulu sampai sekarang. Didalam mencari kebenaran dan kebijaksanaan itu, filosof menggunakan caradengan berfikir sedalam-dalamnya (merenung). Hasil filsafat (berfikir sedalam-dalamnya) disebut filsafat atau falsafah. Filsafat sebagai hasil berfikir sedalam-dalamnya diharapkan merupakan suatu yang paling bijaksana atau setidak-tidaknya mendekati kesempurnaan. Filosof ulung prof. DR. M.J Langeveld dalam
 bukunya „Opwegnaar wijsgerig denken (menuju kepemilikan filsafat) berpendapat
bahwa kita memasuki filsafat manakala kita memikirkan pernyataan apapun jugasecara radikal, yakni dari dasar sampai pada konsekuensinya yang terakhir dansecara sistematis, yakni dalam penuturan yang logis dalam urutan yang salinghubungan yang bertanggung jawab. Apa yang terbentuk dalam keseluruhanpenuturan dan uraian disebut filsafat.Filsafat terbentuk karena berfilsafat. Dapat disimpulkan bahwa berfilsafatadalah mencari kebenaran tentang segala sesuatu yang dipermasalahkan denganberfikir secara radikal, sistem radikal dan universal. Dan filsafat adalah sistemkebenaran tentang segala sesuatu yang dipersoalkan sebagai hasil dari berfikirsecara radikal, sistematis, dan universal.
 
2Professor Langeveld membedakan antara filosof dan ahli filsafat. Filosof adalah orang yang menghasilkan /menciptakan karya filsafat, sedangkan ahlifilsafat adalah orang yang menguasai pengetahuan filsafat, dapat bicara filasat,membahas dan mengajarkan filsafat (sarjana Filsafat) tetapi tidak menciptakankarya filsafat.Pengertian lainnya :1.
 
Plato (427 SM
 – 
348 SM). Ahli filsafat Yunani : Filasafat ialah ilmupengetahuan yang berminat mencapai kebenaran asli.2.
 
(382
 – 
322), Aristoteles : filsafat ialah ilmu pengetahuan yang meliputikebenaran yang terkandung di dalamnya ilmu-ilmu metafisika. Logika,retorika, etika, ekonomi, politik dan estetika.3.
 
Al- farabi (870
 – 
950 M), ahli filsafat islam : filsafat ialah ilmu pengetahuantentang alam wujud bagaimana hakikat yang sebenarnya.4.
 
Immanuel Kant (1724
 – 
1804) ahli filsafat katolik : filsafat ialah ilmupengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yangdi dalamnya tercakup empat persoalan :a.
 
Apakah yang dapat diketahui? (jawabnya: metefisika)b.
 
Apakah yang harus kita kerjakan? (jawabnya: etika)c.
 
Sampai dimanakah harapan kita? (jawabnya: agama)d.
 
Apakah yang dinamakan manusia? (jawabnya: antropologi)5.
 
Drs. Hasbullah Bakry seorang ahli filsafat Indonesia: ilmu filsafat ialah ilmuyang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai ketuhanan,alam semesta dan manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentangbagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.6.
 
Prof. H. Muhammad Yamin, S.H. berpendapat: “filsafat ialah pemusatan
pikiran, sehingga manusia kepribadiannya itu dialami kesungguhan.Dengan demikian dapatlah disimpulkan, bahwa apa yang disebut filsafatadalah suatu usaha pemikiran manusia yang sungguh-sungguh, secara sistematisdan radikal untuk mencari kebenaran sesuai dengan ruang dan waktu.Jikalau ditinjau dari lingkup pembahasannya, maka filsafat meliputibanyak bidang bahasan antara lain tentang manusia, masyarakat, alam,
 
3pengetahuan, etika, logika, agama, estetika dan lainnya. Oleh karena itu seiringdengan perkembangan ilmu pengetahuan maka muncul dan berkembang juga ilmufilsafat yang berkaitan dangan bidang-bidang ilmu tertentu, misalnya filsafatsosial, filsafat hukum, filsafat politik, filsafat bahasa, filsafat ilmu pengetahuan,filsafat lingkungan, filsafat agama dan filsafat yang berkaitan dengan bidang ilmulainnya.Keseluruhan arti filsafat yang meliputi berbagai masalah tersebut dapatdikelompokkan menjadi dua macam sebagai berikut :Pertama : Filsafat sebagai produk mencakup pengertiana.
 
Pengertian filsafat yang mencakup arti-arti filsafat sebagai jenis pengetahuan,ilmu, konsep dari para filsuf pada zaman dahulu, teori, sistem atau pandangantertentu, yang merupakan hasil dari proses berfilsafat dan yang mempunyaiciri-ciri tertentu.b.
 
Filsafat sebagai suatu jenis problema yang dihadapi oleh manusia sebagaidari hasil aktivitas berfilsafat. Filsafat dalam pengertian jenis-jenis inimempunyai ciri-ciri khas tertentu sebagai suatu hasil kegiatan berfilsafat danpada umumnya proses pemecahan persoalan filsafat ini diselesaikan dengankegiatan berfilsafat (dalam pengertian filsafat sebagai proses yang dinamis).Kedua : filsafat sebagai suatu proses mencakup pengertianFilsafat yang diartikan sebagai bentuk suatu aktivitas berfilsafat dalam prosespemecahan suatu permasalahan dengan menggunakan suatu cara dan metodetertentu yang sesuai dengan objek permasalahannya. Dalam pengertian ini filsafatmerupakan suatu sistem pengetahuan yang bersifat dinamis. Filsafat dalampengertian ini tidak lagi hanya merupakan sekumpulan dogma yang hanyadiyakini ditekuni dan dipahami sebagai suatu sistem nilai tertentu, tetapi lebihmerupakan suatu aktivitas berfilsafat, suatu proses yang dinamis denganmenggunakan suatu cara dan metode tersendiri.
1.2
 
Fungsi filsafat
Dengan memperhatikan makna filsafat sebagai proses dan produk filsafat,serta pengkajiannya, filsafat juga berfungsi bagi kehidupan manusia dalam

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aditya Lemkari liked this
Tinna Sirait liked this
Kusuma Ningrat liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->