Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
preskas psikiatri kelompok 2

preskas psikiatri kelompok 2

Ratings: (0)|Views: 74|Likes:

More info:

Published by: Ichwan Zuanto Sjaman on May 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2012

pdf

text

original

 
 1
I.
 
IDENTITAS PASIEN
Nama : An. FSNomor Rekam Medik : 234654Jenis kelamin : PerempuanUsia/ Tempat, tanggal lahir : 17 tahun/ Bogor, 17 Juli 1994Agama : IslamSuku/ Kewarganegaraan : Sunda/ WNIPendidikan terakhir : SLTPPekerjaan : PelajarStatus perkawinan : Belum menikahAlamat : Kampung Dayeuh RT 02/01 CiteureupBogor, Jawa BaratTanggal masuk RSMM :
 
 
IGD Psikiatri : 21 April 2012
 
IGD Psikiatri : 22 April 2012Pasien datang ke RS. Dr. H. Marzoeki Mahdi (RSMM) diantar oleh kedua orangtuanya.
II.
 
RIWAYAT PSIKIATRI
Data diperoleh dari:1.
 
Autoanamnesis pada tanggal 21 April 20122.
 
Alloanamnesis dengan kedua orang tua pasien pada tanggal 21dan 22 April 20123.
 
Data rekam medis pasien.A.
 
Keluhan Utama :Pasien dibawa ke IGD psikiatri RSMM karena badan pasien kakudan sulit digerakkan sejak 4 jam SMRS.B.
 
Riwayat Gangguan Sekarang :Pasien dibawa ke IGD Psikiatri RSMM karena badan pasien kakudan sulit digerakkan sejak 4 jam SMRS. Menurut keluarga pasien,keluhan muncul setelah pasien minum obat yang diperoleh dari IGD
 
 2
Psikiatri sehari sebelumnya, yaitu pada tanggal 21 April 2012. Semenjak itu, pasien tidur terus-menerus sehingga membuat keluarga pasienkhawatir, sulit di ajak berkomunikasi karena mulutnya kaku, dan matapasien terlihat mendelik ke atas.Sehari sebelumnya, Pasien dibawa ke IGD Psikiatri RSMM karenamarah-marah dan berbicara sendiri sejak 3 hari SMRS. Menurut pasien,dia mendengar suara-suara yang tidak dia kenali yang berkomentartentang dirinya, mengatakan bahwa dirinya tidak akan lulus ujian danmengajaknya untuk pindah agama. Suara-suara tersebut sangatmengganggu pasien sehingga dia sulit tidur dan membuatnya ketakutan.Pasien merasa rahasianya atau apa yang dia pikirkan dapat diketahui olehorang lain. Hal ini juga membuatnya ketakutan. Pasien mengatakanbahwa ada seseorang yang
 bernama “Rendi” yang
menyukai dirinyanamun sering mengganggunya.
“Rendi” sering bermain di kamarnya,
mengajaknya untuk mengobrol, dan mengajaknya untuk pindah agama.Pasien merasa bingung tentang dirinya saat ini. Pasien merasa sedikitmengalami gangguan jiwa, tapi dia menyangkal apabila mengalamigangguan jiwa. Pasien mengaku baru pertama kali merasa seperti saat ini.Menurut orang tua pasien, pasien mengalami perubahan perilakusejak 3 hari yang lalu, seperti suka berbicara dan kadang-kadang tertawasendiri, berbicara tidak menyambung, suka marah-marah dan terkadangmengancam orang lain namun tidak sampai merusak barang-barang ataumelukai dirinya dan orang lain, pasien juga tidak mau makan dan mandi,pasien hanya makan dan mandi jika dipaksa oleh kedua orang tuanya.Orang tua pasien mengaku bahwa kondisi seperti ini baru pertama kaliterjadi pada pasien.Orang tua pasien mengatakan bahwa ada seseorang di sekolahnyayang menyukai dirinya namun pasien tidak suka dengan orang tersebut.Orang tua pasien tidak ingat dengan nama orang tersebut. Orang tuapasien mengatakan bahwa keluhan ini muncul pada saat pasien setelahmengikuti ujian nasional. Orang tua pasien menyangkal bahwa pasiendalam masa pengobatan/ pernah menjalani pengobatan gangguan jiwa.
 
 3
C.
 
Riwayat Gangguan Dahulu :a.
 
Riwayat Gangguan Psikiatrik :Pasien baru pertama kali ini mengalami gangguan jiwa dengankeluhan marah-marah dan kadang-kadang mengancam orang lain,berbicara dan tertawa sendiri, bicara tidak menyambung, sulit tidur,makan, dan mandi sejak 3 hari SMRS. Menurut pasien, dia mendengarsuara-suara yang tidak dia kenali yang berkomentar tentang dirinya.Pasien juga merasa isi pikirannya dapat diketahui oleh orang lain.Pasien belum pernah/ tidak dalam masa pengobatan gangguan jiwasebelumnya. Pada tanggal 21 April 2012, pasien datang ke IGDRSMM dan diberikan obat haloperidol dan klorpromazin.b.
 
Riwayat Penggunaan Zat Psikoaktif :Pasien tidak pernah mengkonsumsi minuman keras atau obat-obatan terlarang.c.
 
Riwayat Penyakit Medis LainnyaPasien tidak mempunyai riwayat gangguan medis lainnya.D.
 
Riwayat Hidup :a.
 
Prenatal dan Perinatal :Pasien merupakan anak ke-1 dari 2 bersaudara. Pasienmerupakan anak yang diharapkan dan direncanakan. Kondisi ibu saatmengandung dalam keadaan baik. Pasien lahir spontan, cukup bulan,dan tidak memiliki kelainan bawaan.b.
 
Masa Kanak Awal (0-3 tahun) :Keadaan masa kanak-kanak pasien dalam kewajaran seperti anak-anak seusianya. Tumbuh kembang pasien dalam batas normal, sama seperti anak seusianya. Aktivitas motoriknya tidak ada gangguan. Pasien diasuh olehkedua orang tuanya dengan penuh kasih sayang.c.
 
Masa Kanak Pertengahan (3-11 tahun):

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->