Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
37Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah peran pemerintah dalam berbagai kondisi

Makalah peran pemerintah dalam berbagai kondisi

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 2,752 |Likes:
Published by just ayhu

More info:

Published by: just ayhu on May 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/12/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang Penulisan
Pada umumnya keberadaan Pemerintah memiliki pengaruh perekonomian pada tingkat yang berbeda-beda. Ada pemerintahan yang mengatur  perekonomiannya secara ketat atau intensif dan ada pula yang membatasi sebagai pendukung saja dalam suatu perekonomian. Beberapa peran pemerintah dalam perekonomian adalah pemerintah membantu perkembangan bisnis secara umum,mendorong persaingan usaha yang sehat, membanatu kelompok ekonomi lemah,dan sebagai stabilizer.Tugas-tugas kewajiban pemerintah dalam mengurus rumah tangga Negaradiartikan sebagai fungsi-fungsi Negara. Fungsi-fungsi Negara tersebut adalahsebagai funsi regular dan fungsi sebagai agent of development. Sebagai agent of development pemerintah memiliki peran dan fungsinya untuk mengatur  perekonomian suatu negaa.Melalui teorinya
Adam Smith
mengemukakan bahwa pemerintah hanyamempunyai tiga funsi yaitu :1.Fungsi pemerintah untuk memelihara keamanan dalam negeri dan pertahanan.2.Fungsi pemerintah untuk menyelenggarakan peradilan.3.Fungsi pemerintah untuk menyediakan barang-barang yang tidak disediakanoleh pihak swasta seperti halnya dengan jalan, dam-dam, dan sebagainya.Dalam suatu perekonomian suatu Negara, pemerintah mempunyai perananuntuk mengatur, memperbaiki atau mengaahkan aktivitas ekonomi dari pemerintahmaupun sektor swasta. Oleh karena itu perkembangan dan kemajuan pembangunansuatu Negara tergantung kepada peranan pemerintah dalam mengatur negaranyatermasuk di dalamnya adalah perekonomian.Kebutuhan barang publik seperti barang, jasa, atau system merupakansesuatu yang harus disiapkan oleh pemerintah dalam rangka memberikan pelayanankepada warga negaranya. Terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat berpengaruh pada tingkat perekonomian suatu Negara.Dalam menjalankan perannya pemerintah terbentur dalam beberapakegagalan untuk menjalankan fungsinya. Factor-faktor tersebut berpengaruh padakebijakankebijakan yang akan diambil oleh pemerintah suatu Negara.
1.2 Identifikasi Masalah
1
 
Dari latar belakang penulisan di atas maka dapat diperoleh identifikasimasalah sebagai berikut :1.Bagaimana peran pemerintah dalam kondisi revolusi fisik ?2.Bagaimana peran pemerintah dalam kondisi revolusi ekonomi ?3.Bagaimana peran pemerintah dalam kondisi budaya ?
1.3 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah tersebut, rumusanmasalah pada penulisan ini adalah “Bagaimana peran pemerintah dalam kondisirevolusi fisik, ekonomi dan budaya ?”.
1.4 Batasan Masalah
Tulisan ini membatasi permasalahan mengenai bagaimana peran pemerintahdalam kondisi kondisi revolusi yang dihadapi oleh pemerintah.
1.5 Tujuan Penulisan
Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :1.Untuk mengetahui tugas-tugas atau kewajiban pemerintah dalam mengatasi permasalahan permasalahan Negara2.Untuk mengetahui peran pemerintah dalam suatu perekonomian.3.Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi pemerintah dalam menjalankanfungsinya.4.Untuk mengetahui dampak peran dan fungsi pemerintah terhadapkesejahteraan masyarakat.
1.6 Manfaat Penulisan
Penulisan makalah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca :1.Sebagai pengetahuan mengenai peranan pemerintah dalam suatu perekonomian.2.Sebagai pengetahuan mengenai fungsi alokasi, distribusi dan stabilitas pemerintah dalam menjalankan rumah tangga negara.2
 
BAB IIPEMBAHASAN1.Peran Pemerintah Dalam Kondisi Revolusi Fisik 
Meskipun kemerdekaan Indonesia telah di proklamasikan, ternyata bangsaIndonesia masih mengalami berbagai macam rongrongan atau gangguan yangdatang baik dari dalam maupun dari luar. Pemerintah Belanda masih tetap inginmenguasai wilayah Indonesia. Namun, kali ini kedatangan pasukan Belanda kewilayah Indonesia bersama-sama dengan pasukan Sekutu-Inggris. Kedatangannyadisambut dengan berbagai bentuk perlawanan oleh bangsa Indonesia. Sejak 1945hingga tahun 1950 telah terjadi berbagai macam pertempuran antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang dibantu oleh pasukan Sekutu-Inggris.
Perjuangan bersenjata dan diplomasi
Indonesia sudah menyatakan dirinya sebagai negara merdeka. Namun, halitu bukan berarti keadaan dalam negeri menjadi tenang. Kemerdekaan itu harusdipertahankan dari ancaman pihak asing. Untuk mempertahankan kemerdekaan,Pemerintah Indonesia menempuh dua cara, yakni perjuangan diplomasi dan perjuangan bersenjata. Perjuangan diplomasi melahirkan beberapa perjanjian,sedangkan perjuangan bersenjata mengakibatkan terjadinya berbagai pertempuran.1. Pertempuran Surabaya (10 november 1945)Pertempuran di Surabaya melawan sekutu tidak lepas kaitannya dengan peristiwa yang mendahuluinya, yaitu usaha perebutan kekuasaan dan senjata daritangan Jepang yang dimulai sejak tanggal 2 september 1945. Perebutan kekuasaandan senjata yand dilakukan oleh para pemuda berubah mejadi situasi revolusi yangkonfrontatif antara pihak Indonesia dengan Sekutu.2. Pertempuran AmbarawaPertempuran di Ambarawa terjadi pada tanggal 20 november 1945 dan berakhir pada tanggal 15 desember 1945. Pertempuran ini terjadi antara TKR  bersama rakyan Indonesia melawan pasukan Sekutu-Inggris3. Pertempuran Medan AreaPada tanggal 9 november 1945, pasukan sekutu dibawah pimpinan Brigadir Jenderal T.E.D Kelly mendarat di Sumatera Utara yang dikuti oleh pasukan NICA.Brigadir ini menyatakan kepada pemerintah RI akan melaksanakan tugaskemanusiaan, mengevakuasi tawanan dari beberapa kamp di luar kota Medan.Dengah dalih menjaga keamanan, para bekas tawanan diaktifkan kembali dan3

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
bhamoxzalandari liked this
Reza Lubis liked this
Alley Masnoen liked this
Maydalisa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->