Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Askeb IV Elen Sungsang

Askeb IV Elen Sungsang

Ratings: (0)|Views: 902 |Likes:
Published by Kukuh Wibisono

More info:

Published by: Kukuh Wibisono on May 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2013

pdf

text

original

 
BAB IITINJAUAN TEORITISPERSALINAN SUNGSANGA. DEFINISI
 Persalinan sungsang adalah persalinan untuk melahirkan janin yang membujur dalamuterus dengan bokong atau kaki pada bagian bawah dimana bokong atau kaki akan dilahirkanterlebih dahulu daripada anggota badan lainnya.
B.
 
PREVALENSI
Letak sungsang terjadi dalam 3-4% dari persalinan yang ada. Terjadinya letak sungsangberkurang dengan bertambahnya umur kehamilan. Letak sungsang terjadi pada 25% daripersalinan yang terjadi sebelum umur kehamilan 28 minggu, terjadi pada 7% persalinan yangterjadi pada minggu ke 32 dan terjadi pada 1-3% persalinan yang terjadi pada kehamilanaterm.2,3 Sebagai contoh, 3,5 persen dari 136.256 persalinan tunggal dari tahun 1990 sampai1999 di Parkland Hospital merupakan letak sungsang.
C.
 
PATOFISIOLOGI
Letak janin dalam uterus bergantung pada proses adaptasi janin terhadap ruangan dalamuterus. Pada kehamilan sampai kurang lebih 32 minggu, jumlah air ketuban relatif lebih banyak,sehingga memungkinkan janin bergerak dengan leluasa. Dengan demikian janin dapatmenempatkan diri dalam presentasi kepala, letak sungsang atau letak lintang.Pada kehamilan triwulan terakhir janin tumbuh dengan cepat dan jumlah air ketubanrelatif berkurang. Karena bokong dengan kedua tungkai terlipat lebih besar daripada kepala,maka bokong dipaksa untuk menempati ruang yang lebih luas di fundus uteri, sedangkan kepalaberada ruangan yang lebih kecil di segmen bawah uterus. Dengan demikian dapat dimengertimengapa pada kehamilan belum cukup bulan, frekuensi letak sungsang lebih tinggi, sedangkanpada kehamilan cukup bulan, janin sebagian besar ditemukan dalam presentasi kepala.Dikenal beberapa jenis letak sungsang, yakni:
 
Presentasi bokong (frank breech) (50-70%). Pada presentasi bokong akibat ekstensi keduasendi lutut, kedua kaki terangkat ke atas sehingga ujungnya terdapat setinggi bahu ataukepala janin. Dengan demikian pada pemeriksaan dalam hanya dapat diraba bokong.
Presentasi bokong kaki sempurna ( complete breech ) ( 5-10%). Pada presentasi bokong kakisempurna disamping bokong dapat diraba kaki.
Presentasi bokong kaki tidak sempurna dan presentasi kaki ( incomplete or footling ) ( 10-30%). Pada presentasi bokong kaki tidak sempurna hanya terdapat satu kaki di sampingbokong, sedangkan kaki yang lain terangkat ke atas. Pada presentasi kaki bagian palingrendah adalah satu atau dua kaki.
D. ETIOLOGI
Ada beberapa penyebab yang memegang peranan dalam terjadinya letak sungsangdiantaranya adalah:1. Prematuritas karena bentuk rahim relatif kurang lonjong, air ketuban masih banyak dankepala anak relatif besar2. Hidramnion karena anak mudah bergerak.3. Plasenta previa karena menghalangi turunnya kepala ke dalam pintu atas panggul.4. Panggul sempit5. Kelainan bentuk kepala: hidrocephalus, anencephalus, karena kepala kurang sesuai denganbentuk pintu atas panggul.Faktor lain yang menjadi predisposisi terjadinya letak sungsang selain umur kehamilantermasuk diantaranya relaksasi uterus berkaitan dengan multiparitas, multi fetus, persalinansungsang sebelumnya, kelainan uterus dan tumor pelvis. Plasenta yang terletak di daerah kornufundus uteri dapat pula menyebabkan letak sungsang, karena plasenta mengurangi luas ruangandi daerah fundus.
 
Fianu dan Vaclavinkova (1978) menemukan prevalensi lebih tinggi pada implantasiplasenta di daerah kornual-fundal pada letak lintang (73 %) dari presentasi vertex (5 %) dengansonografi. Frekuensi terjadinya letak sungsang juga meningkat dengan adanya plesenta previa,tetapi hanya sejumlah kecil letak sungsang yang berhubungan dengan plasenta previa. Tidak adahubungan yang kuat antara letak sungsang dengan pelvis yang menyempit (panggul sempit).1
E. JENIS PIMPINAN PERSALINAN SUNGSANG
 1. Persalinan pervaginamBerdasarkan tenaga yang dipakai dalam melahirkan janin pervaginam, persalinanpervaginam dibagi menjadi 3 yaitu:a) Persalinan spontan (spontaneous breech). Janin dilahirkan dengan kekuatan dan tenaga ibusendiri. Cara ini lazim disebut cara Bracht.b) Manual aid (partial breech axtraction; assisted breech delivery). Janin dilahirkan sebagiandengan tenaga dan kekuatan ibu dan sebagian lagi dengan tenaga penolong.c) Ekstraksi sungsang (total breech extraction). Janin dilahirkan seluruhnya dengan memakaitenaga penolong.2. Persalinan per abdominam ( seksio sesarea)A. Prosedur Pertolongan Persalinan SpontanTahapan1. Tahap pertama: fase lambat, yaitu mulai lahirnya bokong sampai pusat (skapula depan).disebut fase lambat karena fase ini hanya untuk melahirkan bokong, yaitu bagian yangtidak begitu berbahaya.2. Tahap kedua: fase cepat, yaitu mulai dari lahirnya pusar sampai lahirnya mulut. Disebutfase cepat karena pada fase ini kepala janin mulai masuk pintu atas panggul, sehingga

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Akasa Ryoto liked this
Sity Cibureg liked this
Waty Ashyura liked this
Karsila Sila liked this
Gitra Sandi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->