Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB I

BAB I

Ratings: (0)|Views: 612|Likes:
Published by NinGsich ManZha

More info:

Published by: NinGsich ManZha on May 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/09/2013

pdf

text

original

 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
1.1 Latar Belakang
 Banyak masalah yang terjadi pada ibu hamil yang sering tidak diketahui, dikarenakan paraibu hamil kurang menyadari banyaknya hal yang harus ibu ketahui tentang kehamilannya.Jarangnya melakukan pemeriksaan ke puskesmas atau ke bidan praktik swasta menyebabkanterlambatnya mengetahui gejala patologis tentang kehamilan itu sendiri.Identifikasi ibu hamil adalah suatu cara pencegahan terjadinya patologis kehamilan, olehkarena itu disarankan kepada ibu hamil agar memeriksakan kehamilannya paling sedikit 4kali pemeriksaan antental selama kehamilannya.Telah disadari bahwa pertolongan pertama/penangan atau kegawatdaruratan obstetri noenatalmerupakan komponen penting dan merupakan bagian tak terpisahkan dari pelayanankebidanan disetiap tingkat pelayanan. bila hal tersebut dapat diwujudkan, maka angkakematian ibu dapat diturunkan berdasarkan itu standar pelayanan kebidanan ini mencakupstandar untuk penanganan keadaan tersebut, disamping standar untuk pelayanan kebidanandasar.Dengan demikian ruang lingkup standar pelayanan kebidanan meliputi 24 standar, yangtermasuk salah satunya standar pelayanan antenatal. Dalam standar pelayanan antenatalterdapat standar 3 yang mengenai identifikasi ibu hamil.Dengan membahasnya standar 3 pelayanan antenatal diharapkan kepada bidan bekerjasamadengan tenaga kesehatan untuk melakukan penyuluhan atau konseling kepada ibu hamil agartimbul kesadaran pada ibu hamil seberapa pentingnya manfaat memeriksa kehamilannya.Pada makalah ini kami akan membahas lebih rinci, standar pelayanan antenatal khususnyastandar 3 mengenai identifikasi ibu hamil.
 
1.2 Rumusan Masalah
 1.
 
Apa pengertian Standar Asuhan Kebidanan?2.
 
Apa tujuan identifikasi ibu hamil?3.
 
Apa saja persyaratan identifikasi ibu hamil pada standar pelayanan antenatal ?4.
 
Bagaimana proses identifikasi yang harus dilakukan bidan ?
1.3 Tujuan Penulisan
 1.
 
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Asuhan kebidanan I (Kehamilan).2.
 
Untuk mengetahui pengertian dari Standar Asuhan Kebidanan.3.
 
Untuk mengetahui tujuan identifikasi ibu hamil.4.
 
Untuk mengetahui persyaratan identifikasi ibu hamil pada standar pelayanan antenatal.5.
 
Untuk mengetahui proses identifikasi ibu hamil yang harus dilakukan bidan.
1.4 Manfaat Penulisan.
 1. Mahasiswa dapat memenuhi tugas Asuhan kebidanan 1 (kehamilan).2. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian Standar asuhan kebidanan.3. Mahasiswa dapat mengetahui tujuan identifikasi ibu hamil.4. Mahasiswa dapat mengetahui persyaratan identifikasi ibu hamil pada standar pelayanankebidanan5. Mahasiswa dapat mengetahui proses identifikasi ibu hamil yang harus dilakukan bidan.
 
1.5 Batasan Masalah
 Makalah ini membahas tentang standar asuhan kebidanan khususnya standar III baik itumengenai standar pelayanan kebidanan dan standar praktek kebidanan.
1.6 Metode Penulisan
 Metode yang kami gunakan adalah metode pustaka. Metode pustaka adalah metode yangbersumber dari beberapa buku dan situs internet yang berkaitan dengan standar asuhankebidanan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->