Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mind Mapping

Mind Mapping

Ratings: (0)|Views: 113 |Likes:
Published by setiara20

More info:

Published by: setiara20 on May 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA. LatarBelakang
 Tantangan pendidikan pada jenjang sekolah dasar (SD) dimasa depan disadariakan semakin berat. Hal ini merupakan konsekuensi kemajuan dalam berbagaiaspek kehidupan. Perkembangan masyarakat dan ilmu pengetahuan yang semakinmaju pesat, menghasilkan inovasi di bidang ekonomi, sosial, budaya danlingkungan dirasakan lebih pesat dibandingkan dengan inovasi dalam bidangpendidikan.Peningkatan kualitas pendidikan pada saat ini menjadi perhatian. Peningkatankualitas pendidikan tidak dapat berjalan tanpa adanya inovasi pendidikan.Apa yang ingin dicapai melalui inovasi pendidikan tersebut, yaitu usaha untuk mengubah proses pembelajaran, perubahan dalam situasi belajar yangmenyangkut kurikulum, peningkatan fasilitas belajar mengajar serta peningkatanmutu professional guru.Untuk memenuhi tuntutan tersebut, guru sebagai ujung tombak duniapendidikan harus mampu berperan dan bertanggung jawab sebagai perencanapelaksana dan penilai yang sekaligus berfungsi sebagai suri tauladan, motivatordan pengarah bagi peserta didiknya sesuai dengan Tri Asaa Pendidikan Ki Hajar
Dewantoro: “Ing Ngarsa Sung Tulodha
Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri
Handayani”.
 Namun peran guru di Sekolah Dasar (SD) tersebut belum dapat difungsikansecara optimal. Karena banyak problem dan tantangan yang harus dihadapi olehguru di sekolah tersebut. Problema tersebut berasal dari diri guru sendiri maupundari lingkungan sekolah.
 
Faktor yang berasal dari diri guru sendiri adalah masih rendahnya tingkatpendidikan yang belum sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman pada erasekarang ini. Sedangkan faktor lingkungan tempat mengajar antara lain sumberbahan dan alat yang belum memadai dan juga dari lingkungan keluarga yangmendukung.Selama penulis menjalankan tugas sebagai guru di SD Negeri 3 Taman Fajar,Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur masih banyak kekurangandan tantangan yang harus penulis hadapi. Seperti pada pembelajaran IlmuPengetahuan Sosial (IPS) kelas 5 semester II tentang kompetensi dasarmenghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Darihasil rata-rata tes formatif masih rendah hanya 50. Dari 20 siswa hanya 7 siswayang tuntas. Tingkat ketuntasan hanya mencapai 35% dan sebagian besar belummenguasai materi tersebut.Dari masalah hasil pembelajaran tersebut di atas, penulis mengajak siswauntuk memahami kompetensi dasar tentang pentingnya semangat denganmenggunakan strategi Mind Mapping. Dengan menciptakan imajinasi dankreativitas siswa dalam pembelajaran IPS untuk menghubungkan informasi, agardapat terorganisir dengan baik.Dengan strategi Mind Mapping diharapkan siswa dapat belajar sambilberkreasi, sehingga apa yang dibuatnya melalui pemetaan dapat selalu beradadalam memorinya dengan tidak banyak kerja.
B. RumusanMasalah
Kunci permasalahan di atas adalah kesalahan dalam memilih dan menerapkanmetode pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti akanberusaha menggunakan metode yang dapat mengungkap dan melatih kemampuansiswa dalam memahami konsep pentingnya menghargai perjuangan para tokohdalam mempertahankan kemerdekaan.
 
Berdasarkan uraian di atas maka masalah yang menjadi fokus dalam
 penelitian adalah “Apakah Penggunaan Penera
pan Strategi Mind Mapping DapatMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pemahaman Konsep Pentingnyamenghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. DiKelas 5 Semester II Pada SD Negeri 3 Taman Fajar, Kec. Purbolinggo, Kab.Lampung Timur?
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah:1.
 
Menerapkan strategi mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswadalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.2.
 
Membangkitkan minat belajar siswa.3.
 
Membangkitkan imajinasi dan kreativitas siswa dalam pembelajaran.4.
 
Meningkatkan daya aktualitas siswa, baik mengenai ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dalam pembelajaran IPS yang pada gilirannya dapatmempermudah peningkatan prestasi belajar siswa.
D. ManfaatPenelitian
 
Bagi Guru:
1. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan variasipendekatanpembelajaran.2. Memasyarakatkan PTK di kalangan guru-guru SD dalam KBM padawaktu- waktu tertentu.3. Melengkapi metode-metode yang dipakai dalam penggunaan alat peragasecara intensif dan kontinyu.
Bagi Siswa
1.
 
Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa dalampembelajaran agar siswa mampu memahami konsep.2.
 
Meningkatkan rasa ingin tahu, sehingga siswa berani bertanya danakhirnya

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->