Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
48Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rangkuman Materi IPA Kelas VI Smt 1

Rangkuman Materi IPA Kelas VI Smt 1

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 10,335|Likes:
Published by tuginobnyms
Rangkuman Materi IPA Kelas VI Smt 1
Rangkuman Materi IPA Kelas VI Smt 1

More info:

Published by: tuginobnyms on May 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/12/2013

pdf

text

original

 
Ciri Khusus Makhluk Hidup
Macam - macam bentuk adaptasi :1.
 
Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh makhluk hi dup terhadaplingkungannya. Adaptasi morfologi dapat dilihat dengan jelas. Contohnya, kaki berselaputpada bebek dan antena pada semut.2.
 
Adaptasi fsiologi merupakan penyesuaian fungsi alat-alat tubuh makhluk hidup terhadaplingkungannya. Salah satunya berupa enzim yang dihasil kan oleh suatu organisme.Contohnya, bunga rafesia mengeluarkan en zim untuk menarik serangga. Sementara itu,kantong semar mengeluarkan enzim untuk membunuh serangga.3.
 
Adaptasi tingkah laku merupakan penyesuaian berupa perubahan tingkah laku. Contohnya,cecak memutuskan ekornya saat ditangkap musuh. Contoh lain, putri malu mengatupkandaunnya bila disentuh.
A. Ciri Khusus pada Hewan1. Cecak
Cecak memiliki perekat pada setiap ujung jari kakinya. Cecak mempunyai kemampuan autotomi. Cecak dapat memutuskan ekornya secara tiba-tiba. Cecak melakukan autotomi saat ditangkap mangsa. Cecak  juga memiliki lidah panjang dan berperekat untuk menangkap mangsanya. Ciri khusus cecak juga dimilikioleh tokek kecuali aototomi.
2. Bebek
Pada kaki bebek, setiap jarinya dihubungkan dengan selaput. Dengan kaki berselaput, bebek dapat berenang. Selain bebek, kaki berselaput juga dimiliki angsa. Selain itu bebek juga memilikilapisan lemak pada bulunya sehingga walaupun berda di air tubuh bebek tidak basah kuyup.
3. Kelelawar
Kelelawar adalah binatang malam (Nocturnal) Kelelawar memiliki indra pembau dan pendengaryang tajam. Dengan penggabungan keduanya, kelelawar dapat menemukan makanan. Kelelawardapat menentukan arah terbang dan menghindari tabrakan. Saat terbang kelelawar mengeluarkanbunyi ultrasonik. Kelelawar dapat mengenali benda-benda di sekitarnya kemampuan ini disebutekolokasi.
 
Ketika tidur, kelelawar bergantung dengan badan terbalik, yaitu kepala berada dibawah. Sayapnya dilipat dan kakinya dikaitkan pada tempat bergantungnya sehingga kelelawartidak jatuh.
4. Semut
Semut memiliki dua antena di kepalanya yang digunakan untuk menyentuh, membau, danmerasakan getaran bunyi. Semut menggunakan mulutnya untuk mengecap. Semut mengeluarkanbau khusus sebagai tanda bahaya.
5. Kucing
Kucing memiliki pendengaran dan penglihatan yang sangat tjam. Kucing dapat membuatgerakan berputar di udara saat jatuh sehingga dapat mendarat dengan keempat kakinya. Perilakuini didukung oleh alat keseimbangan yang ada di bagian dalam telinganya. Kaki kucing memilikilapisan empuk dan tebal yang berguna untuk menyembunyikan kukunya. Pada saat berjalankukunya ditarik masuk sehingga tidak bersuara, sehingga musuh tidak mendengar ketikadidekatinya.
6. Landak
Landak memiliki duri-duri yang tajam untuk melindungi diri, apabila tidak sempat melarikan dirilandak akan menggulung tubuhnya sehingga tubuhnya dipenuhi duri tajam.
7. Cumi-cumi
 
Cumi-cumi dapat bergerak dengan cepat saat dikejar pemangsa, dan cumi-cumi dapatmengeluarkan cairan tinta pekat yang membuat pemangsanya terkejut. Cumi-cumi juga dapatmemancarkan cahaya dari tubuhnya untuk menarik perhatian mangsanya.
8. Bunglon
Bunglon mempunyai kemampuan untuk mengubah warna kulit sesuai dengan tempat yangdisinggahinya. Ketika bunglon berada di tanah, kulitnya berwarna coklat menyerupai tanah.Ketika berada di atas pohon, kulit bunglon berubah menjadi hijau menyerupai daun. Kemampuanbunglon mengubah warna kulit sesuai dengan tempatnya berada disebut mimikri.
9. Ular
Susunan rahang memungkinkan ular menelan mangsa yang lebih besar dari dirinya sendiri.Selain itu ular juga, selain itu ular juga memiliki cairan penghancur makanan di dalam tubuhnya
10. Katak
Bagi katak, melakukan kamuflase (penyamaran)agar seolah tubuhnya beracun adalah trik untuk menghindar dari predator atau pemangsa.Katak pun memiliki persamaan dengan cicak, yaitulidahnya yang panjang dan lengket, sehingga serangga yang mendekat dapat dengan cepatdisambar dan tidak dapat berkutik lagi.
B. Ciri Khusus pada Tumbuhan
Duri pada batang adalah ciri khusus yang dimiliki tanaman mawar. Duri tersebut berfungsimelindungi diri dari musuh. Musuh yang mendekat akan terkena duri tajam mawar.
2. Kaktus
Tumbuhan kaktus dapat hidup dalam pelbagai kondisi. Pada kondisi tandus, daun kaktus akanmengecil atau sama sekali tidak berdaun. Selain itu, batang kaktus juga menebal dan berlapislilin untuk mengurangi penguapan . Batang tersebut berfungsi sebagai tempat penyimpanan air
3. Kantong Semar dan Venus (kejora)
Kantung semar adalah tumbuhan pemakan serangga (insektivora). Tanaman ini memilikikantong di bagian ujung daun. Kantong tersebut sebenarnya adalah ujung daun yang berubahbentuk. serangga masuk ke kantong, kantong segera menutup. Kantong semar mengeluarkanenzim untuk membunuh serangga. Kedua tumbuhan tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhannitrogen. Keadaan tanah tempat tinggalnya sangat kekurangan unsur nitrogen. Untuk memenuhinya, kantong semar dan kejora menangkap serangga.
4. Teratai
Pada tangkai dan akar terdapat rongga-rongga udara yang berguna untuk membantu pernapasan.Teratai memiliki daun yang lebar untuk mempercepat penguapan.
5. Puteri malu
Putri malu dapat mengatupkan daunya jika disentuh dan memiliki duri untuk perlindungan diri.
6. Bunga Raflesia/Bunga Bangkai
Bunga bangkai mengeluarkan bau busuk untuk menarik serangga, bunga raflesia jugamemancarkan cahaya untuk menarik perhatian lalat. Ketika lalat mendekat raflesia akanmemakannya.
7. Pohon cemara
Pohon cemara mempunyai bentuk daun yang runcing. Daunnya yang runcing berguna untuk mengurangi penguapan.
8. Tumbuhan bakau
Tumbuhan ini hidup di pinggiran pantai. Tumbuhan bakau memiliki akar tunjang untuk menopang tubuhnya agar tetap kokoh. Akar tunjang merupakan bentuk adaptasi tumbuhan bakauterhadap lingkungan pantai
 
Perkembangbiakan Makhluk HidupPerkembangbiakan pada Manusia
Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan, tumbuh adalah proses pertambahan ukuran dan jumlah sel sedangkan perkembangan adalah perubahan fungsi organ tubuh menuju kedewasaan.Makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah.Untuk melestarikan jenisnya, manusia berkembang biak secara kawin (generatif). Perkembangbiakansecara kawin terjadi karena ada proses penggabungan antara sel sperma dan sel telur. Sel spermadihasilkan laki-laki dan sel telur dihasilkan perempuan. Alat perkembangbiakan pada laki-laki :testis (zakar), saluran sperma dan penis, sedangkan alat perkembangbiakan wanita adalahovarium (indung telur), rahim, dan vaginaBergabungnya sel sperma dan sel telur akan membentuk zigot. Proses tersebut dinamakandengan proses pembuahan atau fertilisasi. Setelah terjadi pembuahan, zigot akan terus membelahdan membentuk embrio. Setelah 120 jam dari pembelahan, embrio akan menempel di dindingrahim ibu. Proses penempelan ini disebut implantasi. Embrio tumbuh menjadi janin dan mulaimendapatkan makanan dan oksigen. Makanan dan oksigen diperoleh dari ibu.
Masa
pertumbuhandan perkembangan manusia di dalam
 
rahim disebut juga dengan masa kehamilan. Masa
 
kehamilanitu terjadi selama kurang lebih 38 minggu.
 
Setelah kurang lebih 38 minggu di dalam rahim, bayi
 
akanlahir ke dunia dan memulai pertumbuhan dan
 
perkembangannya di luar rahim
1. Masa Balita
Masa balita adalah masa anak di bawah usia lima tahun. Pada masa ini, anak tumbuh danberkembang sangat pesat. Pada usia 5
 – 
6 bulan, kalian mulai tengkurap dengan kepala tegak.Kalian mulai merangkak dan berdiri saat berusia 9
 – 
12 bulan. Ketika mencapai usia delapan belasbulan, kalian mampu berjalan sendiri. Pada usia 2
 – 
3 tahun, kalian mulai berbicara dalam kalimatyang sederhana. Memasuki usia tiga tahun, kalian mulai bisa mengungkapkan pikiran.Pengungkapan ini dapat berupa gerakan terhadap suatu benda. Masa pengungkapan inimerupakan masa bermain.
2. Masa Remaja
Masa remaja disebut juga masa puber, anak perempuan mengalami puber pada umur 9 -13 tahun,sedangkan anak laki-laki pada umur 10 - 14 tahun. Perubahan fisik manusia paling banyak terjadi pada masa remaja. Masa ini ditandai dengan perubahan
fi
sik, psikologis (emosi), sertaaktifnya alat perkembangbiakan. Perubahan yang terjadi pada masa pubertas laki-laki berbedadengan perempuan.Pada masa pubertas, setiap laki-laki akan mengalami perubahan sebagai berikut.1.
 
Tumbuhnya tulang yang menonjol di tengah-tengah leher. Tulang ini disebut
 jakun
.Tumbuhnya jakun ini disertai dengan membesarnya suara.2.
 
Tumbuhnya rambut-rambut di beberapa bagian tubuh, antara lain kumis, janggut, rambut diketiak, dan rambut di sekitar alat kelamin.3.
 
Dada akan lebih membidang4.
 
Mengalami mimpi basah yang menandakan organ reproduksi mulai berfungsiPerubahan fisik pada perempuan :

Activity (48)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Elleni Debora P. Xaktiga added this note|
thanks
Fatimah Eni added this note|
makasih atas penjelasannya ........................,,,,, :-)
Akhmad Mukhiyidin SPd added this note|
bagus!
Isa Dika liked this
Dwiza Andari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->