Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Pancasila

Pengertian Pancasila

Ratings: (0)|Views: 1,005|Likes:
Published by twin fitersya S.Ei

More info:

Published by: twin fitersya S.Ei on May 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/14/2014

pdf

text

original

 
A. Pengertian PancasilaIstilah “Pancasila” telah dikenal di Indonesia sejak zamanmajapahit abad XIV, yaituterdapat pada buku Negara Kertagama karangan Empu Prapancadan dalam bukuSutasoma karangan Empu Tantular. Tetapi baru dikenal oleh bangsaIndonesia sejak tanggal 1 Juni 1945, yaitu pada waktu Ir. Soekarno mengusulkan Pancasilasebagaidasar negara dalam sidang Badan Penyidik Usaha-Usaha PersiapanKemerdekaanIndonesia.1. Dari Segi Etimologi (Menurut Lughatiya)Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta (bahasa Brahmana India) yang artinyaa. Panca = Limab. Sila / syila = batu sendi, ulas atau dasar Jadi, pancasila adalah lima batu sendiAtauPanca = limaSila / syila = tingkah laku yang baik Jadi, pancasila adalah lima tingkah laku yang baik.2. Dari segi TerminologiIstilah“Pancasila” di dalam “Falsafah Negara Indonesia” mempunyai pengertiansebagai namadari 5 dasar negara RI, yang pernah diusulkan oleh Bung Karno ataspetunjuk Mr. Moh.Yamin pada tanggal 1 Juni 1945, yaitu pada saat bangsa Indonesiasedang menggali apayang akan dijadikan dasar negara yang akan didirikan padawaktu itu. Lima dasar negarayang diberikan nama Pancasila oleh Bung Karno, ialah :1. Kebangsaan2. Prikemanusiaan3.Mufakat4. Kesejahteraan Sosial5. Ketuhanan YMESetelah bangsa Indonesiamemproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus1945, disusunlah suatu UUD pada 18 Agustus 1945 yang di dalam pembukaannyatercantum lima dasar Negara R.I.Ia,Pancasila adalah lima dasar negara yang tercantum dalam pembukaan UUD ’45,yaitudasar:a. Ketuhanan Yang Maha Esab. Kemanusiaan yang adil dan beradabc. PersatuanIndonesiad. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilane. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesi
Pengertian Pancasila secara etimologis
Secara etimologis istilah “Pancasila” berasal dari Sansekerta dari India (bahasakasta Brahmana) adapun bahasa rakyat biasa adalah bahasa Prakerta. MenurutMuhammad Yamin, dalam bahasa sansekerta perkataan “Pancasila” memilki duamacam arti secara leksikal yaitu :
 panca
” artinya “
lima
 syila”
vokal I pendek artinya “
batu sendi 
”, “
alas
”, atau “
dasar 
 syiila
vokal i pendek artinya
 peraturan tingkah laku yang baik, yang  penting atau yang senonoh
Kata-kata tersebut kemudian dalam bahasa Indonesia terutama bahasa Jawa diartikan
 susila
yang memilki hubungan dengan moralitas. Oleh karena itu secaraetimologis kata “Pancasila” yang dimaksudkan adalah adalah istilah “Panca Syilla”
 
dengan vokal i pendek yang memilki makna leksikal “
berbatu sendi lima
” atausecara harfiah “dasar yang memiliki lima unsur”. Adapun istilah “Panca Syiila”dengan huruf Dewanagari i bermakna 5 aturan tingkah laku yang penting.
Pengertian Pancasila secara Historis
Proses perumusan Pancasila diawali ketika dalam sidang BPUPKI pertama dr.Radjiman Widyodiningrat, mengajukan suatu masalah, khususnya akan dibahas padasidang tersebut. Masalah tersebut adalah tentang suatu calon rumusan dasar negaraIndonesia yang akan dibentuk. Kemudian tampilah pada sidang tersebut tiga orang pembicara yaitu Mohammad Yamin, Soepomo dan Soekarno.Pada tanggal 1 Juni 1945 di dalam siding tersebut Ir. Soekarno berpidato secara lisan(tanpa teks) mengenai calon rumusan dasar negara Indonesia. Kemudian untumemberikan nama “Pancasila” yang artinya lima dasar, hal ini menurut Soekarno atassaran dari salah seorang temannya yaitu seorang ahli bahasa yang tidak disebutkannamanya.Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya,kemudian keesokan harinya tanggal 18 Agustus 1945 disahkannya Undang-UndangDasar 1945 termasuk Pembukaan UUD 1945 di mana didalamnya termuat isirumusan lima prinsip atau lima prinsip sebagai satu dasar negara yang diberi namaPancasila.Sejak saat itulah perkataan Pancasila menjadi bahasa Indonesia dan merupakan istilahumum. Walaupun dalam alinea IV Pembukaan UUD 1945 tidak termuat istilah“Pancasila”, namun yang dimaksudkan Dasar Negara Republik Indonesia adalahdisebut dengan istilah “Pancasila”. Hal ini didasarkan atas interpretasi historisterutama dalam rangka pembentukan calon rumusan dasar negara, yang secaraspontan diterima oleh peserta sidang secara bulat.
Pengertian Pancasila secara Terminologis

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->