Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA

SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA

Ratings: (0)|Views: 309 |Likes:
Published by Rochman Hadi

More info:

Published by: Rochman Hadi on May 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2012

pdf

text

original

 
SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA
Dalam upaya merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang resmi, terdapat usulan-usulan pribadiyang dikemukakan dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yaitu :
 
Lima Dasar 
olehMuhammad Yamin,yang berpidato pada tanggal29 Mei1945.Yaminmerumuskan lima dasar sebagai berikut: Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat. Dia menyatakan bahwa kelima sila yangdirumuskan itu berakar pada sejarah, peradaban, agama, dan hidup ketatanegaraan yang telah lamaberkembang diIndonesia.Mohammad Hattadalam memoarnya meragukan pidato Yamin tersebut.
 
Panca Sila 
olehSoekarnoyang dikemukakan pada tanggal1 Juni1945dalam pidato spontannya yang kemudian dikenal dengan judul"
". Sukarno mengemukakan dasar-dasarsebagai berikut: Kebangsaan; Internasionalisme; Mufakat, dasar perwakilan, dasarpermusyawaratan; Kesejahteraan; Ketuhanan. Nama Pancasila itu diucapkan oleh Soekarno dalampidatonya pada tanggal 1 Juni itu, katanya:
Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa - namanya ialah Pancasila. Sila artinya azas atau dasar,dan diatas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.
 Setelah Rumusan Pancasila diterima sebagai dasar negara secara resmi beberapa dokumenpenetapannya ialah :
Rumusan Pertama :Piagam Jakarta(Jakarta Charter) - tanggal22 Juni1945
Rumusan Kedua : Pembukaan Undang-undang Dasar - tanggal18 Agustus1945
Rumusan Ketiga : Mukaddimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat - tanggal27Desember1949
Rumusan Keempat : Mukaddimah Undang-undang Dasar Sementara - tanggal15 Agustus1950
Rumusan Kelima : Rumusan Kedua yang dijiwai oleh Rumusan Pertama (merujukDekritPresiden 5 Juli 1959) 
 
Sila pertama
Bintang.
Perisai hitam dengan sebuah bintang emas berkepala lima menggambarkan agama-agama besar diIndonesia, Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan juga ideologi sekuler sosialisme.
 
1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketakwaannya terhadap Tuhan Yang MahaEsa.2. Manusia Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agamadan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama denganpenganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.4. Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap TuhanYang Maha Esa.5. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkuthubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.6. Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai denganagama dan kepercayaannya masing-masing.7. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepadaorang lain.
Sila kedua
Rantai.
Rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini menandakan hubungan manusia satu dengan yanglainnya yang saling membantu. Gelang yang lingkaran menggambarkan wanita, gelang yang persegimenggambarkan pria.
 
1. Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhlukTuhan Yang Maha Esa.2. Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpamembeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial,warna kulit dan sebagainya.3. Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.4. Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
 
5. Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.6. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.7. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.8. Berani membela kebenaran dan keadilan.9. Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.10. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.
Sila ketiga
Pohon Beringin.
Pohon beringin (Ficus benjamina) adalah sebuah pohon Indonesia yang berakar tunjang - sebuah akartunggal panjang yang menunjang pohon yang besar tersebut dengan bertumbuh sangat dalam ke dalamtanah. Ini menggambarkan kesatuan Indonesia. Pohon ini juga memiliki banyak akar yangmenggelantung dari ranting-rantingnya. Hal ini menggambarkan Indonesia sebagai negara kesatuannamun memiliki berbagai akar budaya yang berbeda-beda.
 
1. Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dannegara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.2. Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.3. Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.4. Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.5. Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilansosial.6. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.7. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
Sila keempat
Kepala Banteng
Binatang banteng (Latin: Bos javanicus) atau lembu liar adalah binatang sosial, sama halnya denganmanusia cetusan Presiden Soekarno dimana pengambilan keputusan yang dilakukan bersama(musyawarah), gotong royong, dan kekeluargaan merupakan nilai-nilai khas bangsa Indonesia.
 
1. Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyaikedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Sii Koala Kecil liked this
Viky Dank liked this
Iman Sunda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->