Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Masalah Yang Dihadapi Dalam Pengambilan Keputusan

Masalah Yang Dihadapi Dalam Pengambilan Keputusan

Ratings: (0)|Views: 157 |Likes:
Published by udinmegadata

More info:

Published by: udinmegadata on May 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/01/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN(SPK)
Masalah
Masalah yang dihadapi dalampengambilan keputusan / DSS
Disusun oleh:
1.
 
MANSYUR ( 109017 )
 2.
 
ABDUL HAMID ( 109036 )3.
 
MUHAMMAD IRVAN ( 109082 )
 4.
 
SURIANI ( 109095 )
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTERMEGADATA TOLITOLI
 
TAHUN AKADEMIK 2011-2012
 
TOLITOLI
 
 
1
BAB IPENDAHULUAN1.
 
Latar Belakang.
Keputusan harus dibuat karena ada beberapa alternatif yang dapat dipilihuntuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Model pengambilan keputusanmerupakan alat yang menggambarkan permasalahan keputusan sedemikian rupasehingga memungkinkan identifikasi dan evaluasi sistematik semua alternatif keputusan yang tersedia. Proses pengoptimalan dimulai dengan pengamatan yangmendalam dan formulasi masalah, lalu diikuti dengan pembentukan model ilmiah(khususnya model matematika) yang menggambarkan inti sistem nyata.Optimasi diperlukan karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki.Optimasi adalah proses pencarian solusi terbaik, tidak selalu keuntungan palingtinggi yang bisa dicapai jika tujuan pengoptimalan adalah memaksimumkankeuntungan, atau tidak selalu biaya paling kecil yang bisa ditekan jikatujuanpengoptimalan adalah meminimumkan biaya produksi. Tiga elemen pentingyang harus diidentifikasi, yaitu tujuan, alternatif keputusan dan sumber daya yangmembatasi.Tujuan berbentuk memaksimalkan atau meminimalkan. Prosesmaksimalisasi digunakan jikatujuan pengoptimalan berhubungan dengankeuntungan, penerimaan, dan sejenisnya. Proses minimalisasi dipilih jika tujuanpengoptimalan berhubungan dengan biaya, jarak, dan sejenisnya.
 
2
Keputusan harus diambil untuk alternatif keputusan yang disediakan,pengambilan keputusan dihadapkan pada beberapa pilihan untuk mencapai tujuan.Alternatif keputusan menggunakan sumber daya terbatas yang dimiliki pengambilkeputusan. Keterbatasan sumber daya inilah yang mengakibatkan dibutuhkannyaproses optimasi.Definisi awal decision support system (DSS) adalah suatu sistem yangditujukan untuk mendukung manajemen pengambilan keputusan. Sistem berbasismodel yang terdiri dari prosedur-prosedur dalam pemrosesan data danpertimbangannya untuk membantu user dalam mengambil keputusan. Agarberhasil mencapai tujuannya maka sistem tersebut harus: sederhana, kuat, mudahuntuk dikontrol, mudah beradaptasi, lengkap pada hal-hal pe nting, dan mudahuntuk digunakan. Tiga buah tujuan DSS yang harus dicapai adalah: membantuuser membuat keputusan, mendukung penilaian user bukan mencoba untuk menggantikannya, meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan user.DSS tool yang dikembangkan ini merupakan sebuah tool yang berfungsiuntuk mengatasi semua jenis permasalahan (bersifat terbuka) yang sifatnya linier,artinya DSS tool ini harus didesain sefleksibel mungkin agar dapat menanganiberbagai bidang permasalahan. Untuk itu pada tahap awal pengembangan tool ini,langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan berbagai jenispermasalahan linier yang dipandang mampu untuk diselesaikan dengan baik olehtool ini. Kemudian dirancang desain yang tepat dan tidak kompleks namun dapatmewakili dan menyelesaikan semua permasalahan tersebut. .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->