Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
teori persepsi

teori persepsi

Ratings: (0)|Views: 333 |Likes:
Published by ristandya

More info:

Published by: ristandya on May 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/25/2014

pdf

text

original

 
5
Universitas Kristen Petra
2.
 
LANDASAN TEORI2.1 Pengertian Persepsi
 
Menurut Robbins (1998, p.64) persepsi adalah “proses dimana seseorangmengorganisir dan menginterpretasikan kesan dari panca indera dalam tujuanuntuk memberikan arti bagi lingkungan mereka.” Persepsi juga dapat diartikansebagai pandangan terhadap pelayanan yang telah diterima oleh konsumen.Sangat memungkinkan bahwa persepsi konsumen tentang pelayanan menjadiberbeda dari kenyataannya karena konsumen tidak mengetahui semua fakta yangada, atau telah salah dalam menginterpretasikan fakta tersebut. Persepsi seringkali berbicara lebih kuat daripada fakta, sehingga menimbulkan kesan bahwapersepsi konsumen terlihat lebih bermanfaat daripada menunjukkan fakta yangbelum tentu dapat diterima oleh konsumen.Menurut Schiffman & Kanuk (2007, p.148) persepsi adalah “suatu prosesdimana seseorang memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan masukaninformasi yang diterima menjadi suatu gambaran yang penuh arti dan salingterkait.”Persepsi tidak hanya tergantung pada sifat-sifat rangsangan fisik, tapi juga pada pengalaman dan sikap dari individu. Pengalaman dapat diperoleh darisemua perbuatannya di masa lampau atau dapat pula dipelajari, sebab denganbelajar seseorang akan dapat memperoleh pengalaman. Hasil dari pengalamanyang berbeda-beda akan membentuk suatu pandangan yang berbeda sehinggamenciptakan proses pengamatan dalam perilaku pembelian yang berbeda pula.
2.1.1
 
Proses Pembentukan Persepsi
Menurut Setiadi (2003, p.160) persepsi seseorang dibentuk oleh tigapengaruh:1) Karakteristik dari stimuli,2) Hubungan stimuli dengan sekelilingnya, dan3) Kondisi-kondisi di dalam diri sendiri.
 
6
Universitas Kristen Petra
Stimuli adalah setiap bentuk fisik, visual atau komunikasi verbal yangdapat mempengaruhi tanggapan individu. Seseorang merasakan bentuk, warna,sentuhan, aroma, suara dan rasa dari stimuli. Perilaku seseorang kemudiandipengaruhi oleh persepsi-persepsi fisik ini. Para pemasar harus menyadari bahwamanusia-manusia terbuka terhadap jumlah stimuli yang sangat banyak. Karenaitu, seorang pemasar harus menyediakan sesuatu yang khusus sebagai stimulidengan tujuan mendapat perhatian konsumen. Persepsi setiap orang terhadapsuatu objek akan berbeda-beda. Oleh karena itu persepsi memiliki sifat subyektif.Persepsi yang dibentuk oleh seseorang dipengaruhi oleh pikiran dan lingkungansekitarnya. Selain itu, satu hal yang perlu diperhatikan bahwa persepsi secarasubtansial bisa sangat berbeda dengan realitas. Berikut gambar yang menjelaskanbagaimana stimuli ditangkap melalui indera kemudian diproses oleh penerimastimulus (persepsi). Berikut adalah gambar proses pembentukan persepsi.
STIMULI
Sensasi Pemberi arti-
 
Penglihatan-
 
Suara-
 
Bau InderaRasa penerima Perhatian Interpretasi
PERSEPSI
TanggapanGambar 2.1 : Proses Pembentukan PersepsiSumber: Diadaptasi dari Solomon (Setiadi, 2003, p. 161)
2.1.2
 
Tahap-tahap Persepsi
Proses persepsi merupakan “proses psikologis yang kompleks yang jugamelibatkan aspek psikologis. Proses psikologis dimulai dari aktivitas memilih,mengorganisasikan, dan menginterpretasikan sehingga konsumen dapatmemberikan makna atas suatu obyek” (Suryani, 2008, p.102-109).
 
7
Universitas Kristen Petra
2.1.2.1
 
Seleksi (
 Perceptual Selection)
 
Proses persepsi diawali dengan adanya stimuli yang mengenai pancaindera disebut sensasi. Stimuli ini sangat beragam, jika dilihat dari asalnya, adayang berasal dari luar individu dan dari dalam diri individu. Ada dua faktor yangmempengaruhi pemilihan stimuli yang dipersepsikan konsumen, yaitu: (Suryani,2008, p.102-109)1.
 
Faktor dari stimuli itu sendiriFaktor-faktor yang merupakan karakteristik stimuli yang dapat mempengaruhipilihan konsumen adalah:a.
 
Kekontrasan atau perbedaan yang mencolok Prinsip kontras ini menyatakan bahwa stimulus eksternal yang berbedaatau berlawanan dengan kondisi yang ada akan menarik perhatian.b.
 
KebaruanBisa berupa iklan, produk baru dan lain-lainnya yang sifatnya barumenurut konsumen yang akan menarik perhatian mereka.c.
 
IntensitasSemakin kuat intensitas eksternal akan semakin dirasakan konsumen,sehingga konsumen cenderung memperhatikan.d.
 
Besarnya ukuranUkuran ini sering terkait dengan intensitas. Semakin besar ukuran suatuobyek, akan semakin besar dirasakan oleh konsumen.e.
 
GerakanPrinsip gerakan ini menyatakan bahwa konsumen akan memberikanperhatian yang lebih terhadap obyek bergerak yang dilihatnya daripadayang tidak bergerak.f.
 
PengulanganStimuli yang diulang-ulang akan lebih menarik perhatian dibandingkanstimuli yang kemunculannya hanya sekali.2.
 
Faktor internalFaktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam indvidu itu sendiri, yangseringkali mempengaruhi perhatian individu dalam memilih stimuli adalahharapan dan motif.

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Rio Ismail liked this
Merry Firazdaq liked this
83114 liked this
kukuh liked this
Chase Lee liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->