Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Monopolistik

Makalah Monopolistik

Ratings: (0)|Views: 39 |Likes:
Published by gempitap

More info:

Published by: gempitap on May 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2012

pdf

text

original

 
 iii
BAB I PENDAHULUAN
 
1.1 Latar Belakang
Pasar merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat, baik masyarakat yang beradadikalangan kelas bawah ataupun masyarakat yang berada di kalangan kelas atas. Semua unsuryang berkaitan dengan hal ekonomi berada di pasar mulai dari unsur produksi, distribusi,ataupun unsur konsumsi.
1.2 Perumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah mengenai pasar monopolistik, dantentunya akan membahas mengenai pengaruhnya terhadap kegiatan ekonomi. Telah kitaketahui bahwa pasar membawa pengaruh yang sengat besar sekali bagi perubahan zaman yangsudah mencapai puncak kepesatannya. Seiring dengan bergulirnya waktu dan perubahan duniapasar juga ikut berubah terbawa arus perubahan dunia yang senakin maju saja. Hal ini dapatkita lihat dengan perkembangan teknologi yang sudah sangat maju sekali.
1.3 Pembatasan Masalah
Dalam makalah ini dibatasi hanya akan membahas masalah mengenai :
 
Pasar monopolistik, dan peran pasar monopolistik dalam kegiatan ekonomi.
1.4 Metode Penelitian
Metode yang digunakan oleh penulis untuk mendapatkan sumber yang ada dalammakalah ini adalah dengan cara :
 
 iii
 
Studi kepustakaan
o
 
Dalam metode ini, penulis membaca seluruh buku buku ataupun semua media cetak
yang berkaitan dengan “peran
pasar monopolistik terhadap kegiatan ekonomi
.Selain media cetak yang merupakan salah satu media yang dipakai oleh penulisuntuk mendapatkan data, penulis juga menggunakan media internet yangmerupakan jendela dunia bagi seluruh umat manusia di dunia.
 
Studi kasus
o
 
Dalam metode ini, penulis mengkaji semua hal mengenai kejadian-kejadianmengenai pasar monopolistik yang ada. Baik yang sudah terjadi lama sekali ataupunkejadian yang terjadi baru baru ini.
1.5 Tujuan Penelitian
Tujuan yang diinginkan oleh penulis dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
 
Menambah pengetahuan kepada penulis mengenai pasar monopolistik, dan peran pasarmonopolistik terhadap kegiatan ekonomi.
 
Untuk melihat suatu bentuk pasar yang sangat umum dimana ada banyak perusahaan-perusahaan tetapi memiliki sedikit kekuatan monopoli. Karakteristik dari pasar tersebutdinyatakan pertama kali. Keseimbangan jangka pendek dan panjang ditunjukkan.Pengaruh ekonomi dari pasar ini didapatkan. Oleh karena pentingnya tindakan nonharga dari pasar ini, maka periklanan diberikan perhatian khusus.
1.6 Manfaat Penulisan
Tentunya makalah ini memiliki manfaat baik bagi penulis khususnya dan bagi pembaca padaumumnya. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut :
 
Penulis bisa lebih memahami apa yang dimaksud dengan pasar monopolistik danperannya.
 
Pembaca bisa mengetahui lebih dekat mengenai pasar monopolistik.
 
 iii
BAB II PEMBAHASAN
 
2.1 Pasar
Bagaimanapun bentuknya, pasar adalah sesuatu sarana yang didalamnya ada unsur penjual danpembeli. Baik itu pasar tradisional, pasar modern, dan banyak lagi macam bentuknya.Di dalam pasar juga merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli baik secaralangsung ataupun tidak. Kebanyakan pasar yang ada merupakan pasar yang hubungan antarapembeli dan penjualnya langsung. Tapi banyak juga pasar yang antar penjual dan pembalinyaberhubungan secara tidak langsung.Contoh pasar yang antara penjual dan pembelinya berhubungan secara langsung adalah pasaryang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yaitu pasar tradisional, pasar induk danlain sebagainya.Sedangkan pasar yang antar penjual dan pembelinya berhubungan secara tidak langsung adalahpasar yang menggunakan sistem telepon atau pemesanan yang menbggunakan media untukmemesannya. Contohnya pasar yang menggunakan media internet, kita memerlukan fasilitasinternet untuk memesannya. Dan dengan cara ini, antar pembeli dan penjual, tidak bertatapmuka secara langsung.Secara umum, pasar bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu, pasar tradisional dan pasarmodern.Dari dulu sampai sekarang, pasar berkembang sangat pesat. Hal ini dibuktikan denganbanyaknya jenis pasar yang tadinya tidak ada menjadi ada yang dikarenakan olehperkembangan pasar yang sangat pesat.
2.2 Sejarah Pasar

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->