Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
177Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENELITIAN

PENELITIAN

Ratings:

4.75

(4)
|Views: 56,714|Likes:
Published by umar

More info:

Published by: umar on Dec 23, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/13/2013

pdf

text

original

 
HAKIKAT PENELITIAN
Penelitian atau riset adalah terjemahan dari bahasa Inggris research, yang merupakangabungan dari kata re (kembali) dan to search (mencari). Beberapa sumber lain menyebutkan bahwaresearch adalah berasal dari bahasa Perancis recherche.Intinya hakekat penelitian adalah “mencarikembali”.Definisi tentang penelitian yang muncul sekarang ini bermacam-macam, salah satu yangcukup terkenal adalah menurut Webster’s New Collegiate Dictionary yang mengatakan bahwapenelitian adalah “penyidikan atau pemeriksaan bersungguh-sungguh, khususnya investigasi ataueksperimen yang bertujuan menemukan dan menafsirkan fakta, revisi atas teori atau dalil yang telahditerima”.Dalam buku berjudul Introduction to Research, T. Hillway menambahkan bahwa penelitianadalah “studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadapsuatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut”. Ilmuwan lainbernama Woody memberikan gambaran bahwa penelitian adalah “metode menemukan kebenaranyang dilakukan dengan critical thinking (berpikir kritis)”.Penelitian bisa menggunakan metode ilmiah (scientific method) atau non-ilmiah (unscientificmethod). Tapi kalau kita lihat dari definisi diatas, penelitian banyak bersinggungan dengan pemikirankritis, rasional, logis (nalar), dan analitis, sehingga akhirnya penggunaan metode ilmiah (scientificmethod) adalah hal yang jamak dan disepakati umum dalam penelitian. Metode ilmiah juga dinilailebih bisa diukur, dibuktikan dan dipahami dengan indera manusia. Penelitian yang menggunakanmetode ilmiah disebut dengan penelitian ilmiah (scientific research).
1. Penelitian Kualitatif 
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berguna untuk memperoleh penemuan-penemuanyang tidak terduga sebelumnya dan membangun kerangka teoritis baru. Penelitian kualitatif biasanyamengejar data verbal yang lebih mewakili fenomena dan bukan angka-angka yang penuhprosentaase dan merata yang kurang mewakili keseluruhan fenomena. Dari penelaitian kualitatif tersebut, data yang diperoleh dari lapangan biasanya tidak terstruktur dan relative banyak, sehinggamemungkinkan peneliti untuk menata, mengkritis, dan mengklasifikasikan yanglebih menarik melaluipenelitian kualitatif. Istilah penelitian kualitatif, awalnya beraasal dari sebuah pengamatanpengamatan kuantitatif yang dipertentangkan dengan pengamatan kualitatif (Suwardi Endraswara,2006:81).Menurut Brannen (1997:9-12), secara epistemologis memangada sedikit perbedaan antarapenelitian kualitatif dan kuantitatif. Jika penelitian kuantitatif selalu menentukan data dengan variabel-veriabel dan kategori ubahan, penelitian kualitatif justru sebaliknya. Perbedaan penting keduanya,terletak pada pengumpulan data. Tradisi kualitatif, peneliti sebagai instrument pengumpul data,mengikuti asumsi cultural, dan mengikuti data.Penelitian kualitatif (termasuk penelitian historis dan deskriptif)adalah penelitian yang tidakmenggunakan model-model matematik, statistik atau komputer. Proses penelitian dimulai denganmenyusun asumsi dasar dan aturan berpikir yang akan digunakan dalam penelitian. Asumsi danaturan berpikir tersebut selanjutnya diterapkan secara sistematis dalam pengumpulan danpengolahan data untuk memberikan penjelasan dan argumentasi. Dalam penelitian kualitatif informasiyang dikumpulkan dan diolah harus tetap obyektif dan tidak dipengaruhi oleh pendapat penelitisendiri. Penelitian kualitatif banyak diterapkan dalam penelitian historis atau deskriptif. Penelitiankualitatif mencakup berbagai pendekatan yang berbeda satu sama lain tetapi memiliki karakteristikdan tujuan yang sama. Berbagai pendekatan tersebut dapat dikenal melalui berbagai istilah seperti:penelitian kualitatif, penelitian lapangan, penelitian naturalistik, penelitian interpretif, penelitianetnografik, penelitian post positivistic, penelitian fenomenologik, hermeneutic, humanistik dan studikasus. Metode kualitatif menggunakan beberapa bentuk pengumpulan data seperti transkripwawancara terbuka, deskripsi observasi, serta analisis dokumen dan artefak lainnya. Data tersebutdianalisis dengan tetap mempertahankan keaslian teks yang memaknainya. Hal ini dilakukan karenatujuan penelitian kualitatif adalah untuk memahami fenomena dari sudut pandang partisipan, kontekssosial dan institusional. Sehingga pendekatan kualitatif umumnya bersifat induktif.

Activity (177)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Aprizal D. LaVey liked this
Ai Kanah Azijah liked this
Syukron Bayani liked this
Ikrom Dwi Jaya added this note|
YA MANA NI LANJUTAN NYA @IKROMDWIJAYA FOLLOW TWITTER Q Y PROMOSI CIN

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->