Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RPP Fisika Kelas XII Smt-1 2011-2012

RPP Fisika Kelas XII Smt-1 2011-2012

Ratings: (0)|Views: 199 |Likes:
Published by Ranito Wong Tegal

More info:

Published by: Ranito Wong Tegal on May 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2012

pdf

text

original

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : FisikaKelas/Semester : XII/1 (satu)Pertemuan Ke- :
Tatap Muka
1Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 x 45 menit)Standar Kompetensi : Menerapkan konsep dan prinsip gejalagelombang dalam menyelesaikan masalah.Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombangsecara umum.Indikator :
Mengidentifikasi karakteristik gelombang transfersal danlongitudinal
I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menganalisis getaran harmonik.- Siswa dapat memformulasikan getaran harmonik.
II. Materi Ajar
Getaran Harmonik
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/ceramah2. Diskusi3. Tanya jawab4. Demonstrasi
IV. Langkah-Langkah PembelajaranKegiatan Awal
Guru mengucapkan salam, memimpin berdoa sebelum pelajaran danmempersiapkan kondisi siswa dilanjutkan dengan membuka pelajarandengan mengingatkan kembali pelajaran yang pernah diajarkan pada kelassebelumnya dan diteruskan dengan pemberian kuis tentang getaran dangelombang.
Kegiatan Inti
- Guru memberikan ceramah yang disertai dengan diskusi kelas untukmengungkap kembali pengertian getaran harmonik dan membericontohnya serta perumusan hubungan besaran terkait.- Siswa diminta untuk melakukan demonstrasi di depan kelas mengenaisebuah benda yang digetarkan. Misalnya, dengan penggaris dan pegas.- Guru memberikan tanya jawab kepada siswa yang lain saat salah satusiswa melakukan demonstrasi.- Siswa merumuskan atau memformulasikan getaran harmonik yangdibantu oleh guru.- Guru melakukan tanya jawab untuk memberikan contoh peristiwaseharihari yang berkaitan dengan getaran harmonik.- Siswa membentuk kelompok belajar untuk mengerjakan latihan soalyang berkaitan dengan getaran harmonik.
 
- Guru memberikan soal kuis kepada siswa
Kegiatan Akhir
Guru melakukan tanya jawab untuk menyimpulkan dan memberipenekanan pada materi getaran harmonik dan diteruskan denganpemberian tugas mandiri, tugas kelompok serta membaca materiberikutnya.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat-Alat/Bahan : Penggaris dan pegasSumber : Buku
Fisika Dasar SMA 3A
Sarana/Media : LCD PROYEKTOR,
slide
, CD Interaktif Fisika Dasar SMA 3
VI.Penilaian
1. Kuis tertulis2. Pengamatan aktivitas siswa, sikap, dan tingkah laku siswadalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas
3. Tugas mandiri dan tugas kelompok Contoh Soal Kuis
1. Besaran pada gelombang adalah kelajuan, frekuensi, dan ….2. Periode benda yang digantungkan pada pegas dan digetarkandirumuskan…..3. Contoh dari getaran harmonik adalah ….4. Sebuah benda bergetar dengan periode 0,25 s maka frekuensi getarantersebut sebesar ….Kramat, 11 Juli 2011Mengetahui,Kepala Sekolah Guru FisikaBudi Raharjo, S.PdDrs. RanitoNIP 1963 0412 198601 1 005NIP: 19671209199403 1 006
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : FisikaKelas/Semester : XII/1 (satu)Pertemuan Ke- : Tatap Muka 2Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 X 45 menit)Standar Kompetensi : Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombangdalam penyelesaikan masalah.Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secaraumumIndikator : - Menjelaskan pengertian gelombang danmengklasifikasikannya.- Memformulasikan masalah perambatan gelombangmelalui suatu medium.- Memformulasikan karakteristik gelombang berjalandan gelombang diam.
I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian gelombang.- Siswa dapat mendeskripsikan gejala-gejala gelombang.- Siswa dapat mengklasifikasikan gelombang.- Siswa dapat memformulasikan masalah perambatan gelombang yangmelalui suatu medium.- Siswa dapat memformulasikan karakteristik gelombang berjalan dangelombang diam.
II. Materi Ajar
Pengertian Gelombang
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/ceramah2. Diskusi3. Tanya jawab4. Demonstrasi
IV. Langkah-Langkah PembelajaranKegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan materi pada pertemuansebelumnya dengan cara tanya jawab yang kemudian dihubungkandengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini.
Kegiatan Inti
- Guru memberikan ceramah yang disertai tanya jawab untukmenjelaskan pengertian gelombang.- Siswa melakukan diskusi untuk mengklasifikasikan bentuk-bentukgelombang.- Siswa membentuk kelompok dengan jumlah kelompok sesuai denganklasifikasi gelombang. Kemudian, masing-masing kelompok membahasdan menjelaskan pengertian gelombang sesuai jenis gelombang.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->