Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
roda gigi

roda gigi

Ratings: (0)|Views: 393|Likes:
Published by M Amirudin Gooners

More info:

Published by: M Amirudin Gooners on May 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/04/2013

pdf

text

original

 
Roda Gigi
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa diharapkan mampu:1.
 
Menyebutkan defenisi roda gigi2.
 
Menyebutkan dasar pembentukan profil gigi3.
 
Menyebutkan sistem menentukan besaran roda gigi4.
 
Menyebutkan jenis-jenis roda gigi5.
 
Menjelaskan metoda pembagian pemotongan profil gigi6.
 
Menyebutkan perhitungan dalam pembuatan roda gigiPada bagian-bagian mesin sering dijumpai suatu poros mengerakkan poros yang lainnya.Kadang kala poros itu terletak pada posisi satu garis, baik pada posisi sejajar maupunbersilangan. Untuk memenuhi keperluan pemindahan gerak/putaran/daya putar antara duaporos atau lebih dalam teknologi permesinan terdapat berbagai macam cara yaitu diantaranyadengan meggunakan roda gigi.Roda gigi merupakan sejenis roda cakra dimana pada sekitar sekeliling bagian luarnyamemiliki profil gigi yang simentris. Dalam bekerja memindahkan daya/putaran roda gigimesti berpasangan sesama roda gigi yang sejenis. Dengan keadaan yang sedemikian rupa itu(bentuk dan cara kerja) memberikan beberapa keuntungan dalam memindahkan dayaputar/putaran yaitu anti slip dan terjadinya gaya dorong yang positif. Tetapi hanya dapatmemindahkan daya putar dengan jarak antara poros relatif singkat, tidak dapat terlalu jauh.
DASAR PROFIL GIGI
 Roda gigi bekerja memindahkan daya putar melalui terjadinya kontak luncur antarapermukaan profil gigi dari dua roda gigi yang bekerja berpasangan. Oleh karena itu dalambekerja selama kontak luncur berlangsung, kecepatan sudut kedua roda gigi harus di jagatetap dan putaran harus dapat berlangsung dengan halus serta tidak menimbulkan kejutan dangesekan terlalu besar. Dari hasil penelitian dan percobaan para pakar mekanik ditemuibeberapa kurva yang memungkinkan untuk dijadikan dasar pembentukan profil gigi.Adapun kurva yang umum dipakai dan telah merupakan standart untuk pembuatan profil gigiyaitu kurva involute (evolvente) dan kurva cycloide.Kurva evolvente adalah kurva garis lengkung yang terbentuk dari titik-titik ujung sebuahtali/benang yang dibuka dari gulungannya dalam keadaan selalu tegang.Kurva cycloide adalah kurva garis lengkung yang terbentuk dari titik-titik pada sebuahlingkaran dimana lingkaran itu menggelinding pada garis lurus.
Gambar 66. Kurva Involute
 
Gambar 67. Kurva Evolvente
 Suatu profil gigi dibentuk oleh sepasang kurva yang sama yang saling berseberangan
Gambar 68.Dasar Pembentukan Profil Gigi
 
 
Gambar 69. Terminologi dan Simbol Umum Roda Gigi
 Root Diameter (Dr) = Diameter kaki = dalam gigiPitch Diameter (Dt) = Diameter tusuk = lingkaran jarak antara adalah merupakangaris lingkaran bayangan yang harus bertemu/bersinggungan antara sepasang roda gigiOutside Diameter (Dk) = Diameter luarAddendum (Ha) = Tinggi kepala gigiDeddendum (Hi) = Tinggi kaki gigi
SISTEM MENENTUKAN BESARAN RODA GIGI
 Untuk menentukan besaran ukuran-ukuran sebuah roda gigi dapat dilakukan denganmenggunakan salah satu dari dua sistem yang merupakan standart yaitu:1.
 
1. Sistem Modul (M)
 Satuan ukuran sistem modul ini adalah metrik, sehingga dalam modul ini disebut juga dengannama Metrik Modul (MM)Modul adalah merupakan perbandingan antara diameter tusuk (pitch diameter) dengan jumlahprofil gigi pada sebuah roda gigi. Secara matematis dapat ditulis :Dimana:M = ModulDt = Diameter Tusuk Z = Jumlah gigiMenurut standart DIN ukuran modul yang digunakan dalam prakteknya (ukuran modulstandart) dimulai dari 0,3 sampai 50 dengan ketentuan kenaikan modul tiap tingkatan adalahsebagai berikut:1.
 
0,3 s/d 0,7 kenaikan modul 0,12.
 
0,7 s/d 4 kenaikan modul 0,253.
 
4 s/d 7 kenaikan modul 0,54.
 
7 s/d 16 kenaikan modul 1,05.
 
16 s/d 24 kenaikan modul 26.
 
24 s/d 45 kenaikan modul 3Untuk menentukan harga besaran yang penting dari sebuah roda gigi sistem modul inidipengaruhi oleh modul (ukuran modul standart). Adapun besaran-besaran yang pentingditentukan adalah:Diameter luar (Dk) (Z x 2).M
 
Diameter Tusuk (Dt) Z x MTinggi/dalam gigi (Hg) M x 2,25Tusuk gigi (Pg) p x MKelonggaran (Sg) 0,25 x MTebal gigi (Tg) 1,5708 x MAddendum (Ha) 1 x MDeddendum 1,25 x M1.
 
2. Sistem Diametral Pitch (DP)
 Satuan Diametral pitch ini adalah inchi. Oleh karena itu sistem DP ini banyak dipakai olehnegara yang menggunakan satuan britisSistem diametral pitch adalah perbandingan antara banyak/jumlah gigi dengan diametertusuknya sebuah roda gigi dalam satuan inchi. Secara matematis dapat ditulis:
JENIS-JENIS RODA GIGI
 1.
 
A. Spur Gear
 Adalah roda gigi yang bentuk konstruksinya sederhana seperti silinder yang relatif tidak terlalu tipis (memiliki ketebalan tertentu) dan profil gigi disekelilingnya. Pada umumnya rodagigi ini digunakan untuk mentransmisikan daya atau putaran antara dua poros yang posisinyasejajar atau paralel.Jika dilihat dari profil giginya, maka roda gigi spur gear ini ada yang giginya lurus danmiring/helik. Adapun roda gigi yang termasuk jenis spur gear ini adalah:
Gambar 70. SpurGear
 
Gambar71. Roda Gigi Lurus
 
Gambar 72. Roda Gigi Planet
 
Gambar 73. Roda Gigi Miring/Helix
 
Gambar 74. Roda Gigi Ve (Roda Gigi Miring Ganda)
 1.
 
B. Bevel Gear
 Spur gear disebut juga dengan roda gigi payung adalah jenis gigi yang berbentuk sepertikerucut terpancung. Salah satu keistimewaannya dalam mentransmisikan daya adalah dayadapat ditransmisikan dari suatu poros ke poros lainnya yang posisi kedua poros salingbersilangan membentuk sudut 900 (posisi antara kedua poros tegak lurus) dan dapat jugakedua poros membentuk sudut yang lebih besar 90
0
atau lebih kecil 90
0
(45
0
sampai dengan135
0
)Jenis-jenis roda gigi payung ini dalam pemakaiannya ada beberapa macam, yaitu:
Gambar 75. Roda gigi payung bergigilurus
 
Gambar 76. Roda gigi payung bergigi zerol 
 
Gambar 77. Roda Gigi Payung BergigiSpiral 
 
Gambar 78. Roda Gigi Payung Bergigi Hypoid 
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->