Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bimbingan Konseling Coy

Bimbingan Konseling Coy

Ratings: (0)|Views: 10|Likes:

More info:

Published by: Chiki Lookatme YangrockNroll on May 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/17/2012

pdf

text

original

 
Terdapat banyak persamaan antara konseling dan psikoterapi sehingga:1.
 
konseling dan psikoterapi tidak dapat dibedakan secara jelas,2.
 
konselor sering mempraktekkan apa yang oleh psikoterapis dipandang sebagaipsikoterapi,3.
 
Psikoterapis sering mempraktekkan apa yang oleh konselor dipandang sebagai konseling.Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara konseling dan psikoterapi.1.
 
Konseling pada umumnya menangani orang normal, sedangkan psikoterapi terutamamenangani orang yang mengalami ganguan psikologis.2.
 
Konseling lebih edukatif, suportif, berorientasi sadar dan berjangka pendek, sedangkanpsikoterapi lebih rekonstruktif, konfrontatif, berorientasi tak sadar, dan berjangkapanjang.3.
 
Konseling lebih terstruktur dan terarah pada tujuan yang terbatas dan konkret, sedangkanpsikoterapi sengaja dibuat lebih ambigu dan memiliki tujuan yang berubah-ubah danberkembang terus.Bimbinganadalah bantuan yang diberikan kepada seseorang dalam usaha memecahkankesukaran-kesukaran yang dialaminya.Konselingadalah proses interaksi yang terjadi antara konselor dan konseli dalam situasipribadi dan professional dengan tujuan memudahkan terjadinya perubahan perilakumenuju terpenuhinya kebutuhan.Psikoterapibiasanya mempunyai arti yang lebih dalam menyangkut kepribadian individu,dan lebih dipusatkan pada perbaikan tingkah laku individu yang menyangkut problemtingkah laku yang lebih serius.
Persamaan antara bimbingan dan konselingPersamaan antara bimbingan terletak pada tujuan yang hendak dicapai yaitu sama-samaditerapkan dalam program persekolahan, sama-sama berusaha untuk memandirikan individu,dan sama-sama mengikuti norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat keduakegiatan itu diselenggarakan.Perbedaan antara bimbingan dan konselingPerbedaan antara bimbingan dan konseling terletak pada segi isi kegiatan dan tenaga yangmenyelenggarakan.Dari segi isi, bimbingan lebih banyak bersangkut paut dengan usaha pemberian informasi dandan kegiatan pengumpulan data tentang siswa dan lebih menekankan pada fungsi pencegahan,sedangakan konseling merupakan bantuan yang dilakukan dalam pertemuan tatap muka antaradua orang manusia yaitu antara konselor dan klien.Dari segi tenaga, bimbingan dapat dilakukan oleh orang tua, guru, wali kelas, kepala sekolah,orang dewasa lainnya. Namun, konseling hanya dapat dilakukan oleh tenaga-tenaga yang telahterdidik dan terlatih.Dengan kata lain, konseling merupakan bentuk khusus bimbingan yaitu layanan yang diberikanoleh konselor kepada klien secara individu.
 
 
Tradisional 
 
 Perkembangan
 
 
Bersifat Reaktif 
 
Pendekatan Krisis (Remediatif)
 
Hanya melakukan konselingindividual
 
Tidak semua siswa mendapatlayanan
 
Menekankan layanan Informasi
 
Programnya tidak terstruktur
 
Hanya dilakukan oleh Konselorsendiri
 
Terencana
 
Pendekatan Preventif danKrisis
 
Melaksanakan Bimbingan dankonseling
 
Semua siswa (for all)mendapat layanan
 
Menekankan kepada programpengembangan
 
Programnya terstruktur
 
Dilakukan oleh konselor danpersonel sekolah dalam suatuteam work 
Pengertian konseling kelompok : Suatu PROSES INTERPERSONAL DINAMIS YANG MENITIK BERATKANPERHATIAN PADA KESADARAN BERPIKIR DAN PERILAKU, MELIBATKAN FUNGSI TERAPIUTIK,BERORIENTASI PADA KENYATAAN, ADA SALING PERCAYA, ADA PENGERTIAN, PENERIMAAN DANBANTUAN.
Menurut definisi, konseling individu terjadi ketika seorang konselor bertemu secarapribadi dengan seorang siswa untuk tujuan konseling. Ini adalah interaksi antara konselor dankonseli dimana banyak yang berpikir bahwa ini adalah esensi dari pekerjaan konselor.Banyak anak muda yang enggan membicarakan masalah pribadi atau urusan pribadimereka dalam diskusi kelas dengan guru. Beberapa dari mereka ragu untuk berbicara di depankelompok-kelompok kecil. Oleh karena itu, konseling individu dalam sekolah-sekolah, tidak terlepas dari psikoterapi, didasarkan pada asumsi bahwa konseli itu akan lebih suka berbicarasendirian dengan seorang konselor.Selain itu, kerahasiaan, selalu dianggap sebagai dasar konseling. Akibatnya, munculasumsi bahwa siswa membutuhkan pertemuan pribadi dengan seorang konselor untuk mengungkapkan pikiran mereka dan untuk meyakinkan bahwa pengungkapan mereka akandilindungi. Tidak ada yang lebih aman daripada konseling individu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->