Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cara Paling Aman Dari Gempa Bumi

Cara Paling Aman Dari Gempa Bumi

Ratings: (0)|Views: 372|Likes:
Published by F Malin Sutan

More info:

Published by: F Malin Sutan on May 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/18/2012

pdf

text

original

 
 
Cara Paling Aman
Menyelamatkan Diri
dari Gempa Bumi
 
Oleh Doug Copp
Kepala Penyelamat dan Manajer Bencanadari American Rescue Team International (ARTI)
 
 
Cara Paling Aman Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi
oleh Doug Copp
 
2
PENGALAMAN
 
Saya telah merangkak di bawah 875 reruntuhan bangunan, bekerja samadengan tim penyelamat dari 60 negara, dan mendirikan tim penyelamat di beberapa negara serta salah satu dari ahli PBB untuk Mitigasi Bencanaselama 2 tahun.
 
Saya telah bekerja di seluruh bencana besar di dunia sejak tahun 1985.
 
Pada tahun 1996 kami membuat film yang membuktikan keakuratanmetode bertahan hidup yang saya buat.
PERCOBAAN
 
Kami meruntuhkan sebuah sekolah dan rumah dengan 20 boneka didalamnya. 10 boneka "menunduk dan berlindung" dan 10 lainnyamenggunakan metode bertahan hidup "segitiga kehidupan".
 
Setelah simulasi gempa, kami merangkak ke dalam puing-puing danmasuk ke dalam bangunan untuk membuat dukumentasi film mengenaihasilnya. Film itu menunjukkan bahwa mereka yang menunduk dan berlindung tidak dapat bertahan hidup dan mereka yang menggunakanmetode saya "segitiga kehidupan" bertahan hidup 100%.
 
Film ini telah dilihat oleh jutaan orang melalui televisi di Turki dansebagian Eropa, dan disaksikan pada program televisi di USA, Canada dan Amerika Latin.
FAKTA 
 
Bangunan pertama yang saya masuki adalah sebuah sekolah di MexicoCity pada gempa bumi tahun 1985.
 
Semua anak berlindung di bawah meja masing-masing.
 
Semua anak remuk sampai ke tulang mereka. Mereka mungkin dapatselamat jika berbaring di samping meja masing-masing di lorong.
 
Pada saat itu, murid-murid diajarkan untuk berlindung di bawah sesuatu.
TEKNIK SEGITIGA KEHIDUPAN
 
Secara sederhana, saat bangunan runtuh, langit-langit akan runtuhmenimpa benda atau furniture sehingga menghancurkan benda-benda ini,menyisakan ruangan kosong di sebelahnya.
 
Ruangan kosong ini lah yang saya sebut "segitiga kehidupan".
 
Semakin besar bendanya, maka semakin kuat benda tersebut dansemakin kecil kemungkinannya untuk remuk.
 
Semakin sedikit remuk, semakin besar ruang kosongnya, semakin besarkemungkinan untuk orang yang menggunakannya untuk selamat dariluka-luka.
 
Cara Paling Aman Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi
oleh Doug Copp
 
3
 AMATI
1.
 
Suatu saat anda melihat bangunan runtuh di televisi, hitunglah "segitigakehidupan" yang anda temui.2.
 
Segitiga ini ada di mana-mana dan merupakan bentuk yang umum.
SEPULUH CARA MENYELAMATKAN DIRIDARI GEMPA BUMI
1.
 
Hampir semua orang yang hanya "menunduk dan berlindung" pada saat bangunan runtuh meninggal karena tertimpa runtuhan. Orang-orang yang berlindung di bawah suatu benda akan remuk badannya.2.
 
Kucing, anjing dan bayi biasanya mengambil posisi meringkuk secaraalami. Itu juga yang harus anda lakukan pada saat gempa. Ini adalahinsting alami untuk menyelamatkan diri. Anda dapat bertahan hidupdalam ruangan yang sempit. Ambil posisi di samping suatu benda, disamping sofa, di samping benda besar yang akan remuk sedikit tapimenyisakan ruangan kosong di sebelahnya.3.
 
Bangunan dari kayu adalah tipe konstruksi yang paling aman selamagempa bumi. Kayu bersifat lentur dan bergerak seiring ayunan gempa.Jika bangunan kayu ternyata tetap runtuh, banyak ruangan kosong yangaman akan terbentuk. Disamping itu, bangunan kayu memiliki sedikitkonsentrasi dari bagian yang berat. Bangunan dari batu bata akan hancur berkeping-keping. Kepingan batu bata akan mengakibatkan luka badantapi hanya sedikit yang meremukkan badan dibandingkan beton bertulang.4.
 
Jika anda berada di tempat tidur pada saat gempa terjadi, bergulinglah kesamping tempat tidur. Ruangan kosong yang aman akan berada disamping tempat tidur. Hotel akan memiliki tingkat keselamatan yangtinggi dengan hanya menempelkan peringatan di belakang pintu agartamu-tamu berbaring di lantai di sebelah tempat tidur jika terjadi gempa.5.
 
Jika terjadi gempa dan anda tidak dapat keluar melalui jendela atau pintu,maka berbaring lah meringkuk di sebelah sofa atau kursi besar.6.
 
Hampir semua orang yang berada di belakang pintu pada saat bangunanruntuh akan meninggal. Mengapa? Jika anda berdiri di belakang pintudan pintu tersebut rubuh ke depan atau ke belakang anda akan tertimpalangit-langit di atasnya. Jika pintu tersebut rubuh ke samping, anda akan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->