Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pondasi I

pondasi I

Ratings: (0)|Views: 75 |Likes:
Published by Eko Prastyo

More info:

Published by: Eko Prastyo on May 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/19/2012

pdf

text

original

 
DAYA DUKUNG3.1 Macam-macam pondasiPondasi adalah bagian terendah dari bangunan yang meneruskan beban bangunan ketanah atau batuan yang berada di bawahnya. Terdapat dua klasifikasi pondasi, yaitupondasi dangkal dan pondasi dalam.
 
Pondasi dangkalPondasi dangkal didefinisikan sebagai pondasi yang mendukung bebannyasecara langsung.Macam-macam pondasi dangkal :
 
Pondasi telapakPondasi telapak merupakan pondasi yang berdiri sendiri dalam mendukungkolom.
 
Pondasi memanjangPondasi memanjang merupakan pondasi yang digunakan untuk mendukungdinding memanjang atau digunakan untuk mendukung sederetan kolom yangberjarak dekat, sehingga bila dipakai pondasi telapak sisi-sisinya akanberimpit satu sama lain.
 
Pondasi rakitPondasi rakit adalah pondasi yang digunakan untuk mendukungbangunan yang terletak pada tanah lunak.
 
Pondasi dalamPondasi dalam didefinisikan sebagai pondasi yang meneruskan beban bangunanke tanah keras atau batu yang terletak relative jauh dari permukaan.
 
Pondasi tiangPondasi tiang adalah pondasi yg digunakan bila tanah nya pada kedalaman yang normal tidak mampu mendukung bebannya.
 
Pondasi sumuranPondasi sumuran adalah pondasi bentuk peralihan antara pondasi dangkaldengan pondasi tiang.
 
3.2 Tipe-tipe Keruntuhan PondasiBerdasarkan pengujian model, Vesic (1963) membagi mekanisme keruntuhanpondasi menjadi 3 macam, yaitu :
 
Keruntuhan geser umum, terjadi menurut bidang runtuh yang dapatdiidentifikasi dengan jelasKeruntuhan yang terjadi pada tanah yang tidak mudah mampat, yangmempuntai kekuatan geser tertentu atau dalam keadaan terendam. Suatubaji t anah terbentuk tepat paa dasar pondasi zona A) yang menekan kebawah hingga aliran tanah secara plastis pada zona B. Gerakan kea rah luarditahan oleh tahanan pasif dibagian C. Saat tahanan pasif terlampaui,terjadi pengembungan dipermukaan. Keruntuhan secara mendadak yangdiikuti oleh penggulingan pondasi.
 
Keruntuhan geser lokal, tipe keruntuhan nya hampir sama dengan keruntuhanumum namun bidang runtuh yang terbentuk tidak sampai mencapai permukaantanah
 
Pola keruntuhan terjadi pada tanah yang mudah mampat atau tanah yanglunak. Bidang gelincir tidak mencapai permukaan tanah tetapi berhenti disuatu tempat. Pondasi tenggelam akibat bertambahnya beban padakedalaman yang relatif dalam sehingga tanah yang didekatnya mampat.Terdapat sedikit penggembungan tanah, tetapi tidak terjadi penggulinganpondasi. Dari grafik terlihat bahwa dengan pertambahan pula penurunannyasehingga beban maksimum mungkin tercapai.
 
Keruntuhan penetrasi, keruntuhan yang dapat dikatakan keruntuhan geser tanahnya tidak terjadiPenggembungan permukaan tanah tidak terjadi, akibat pembebanan pondasibergerak kebawah arah vertikal dengan cepat dan menekan tanah kesampingsehingga terjadi pemampatan tanah dekat pondasi. Penurunan bertambahsecara linier dengan penambahan beban.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->