Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
metode penghapusan piutang

metode penghapusan piutang

Ratings: (0)|Views: 1,626 |Likes:

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Vina Dwi Ariningtyas on May 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

 
1
BAB 1. PENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Setiap aktivitas perekonomian dari dulu sampai sekarang tidak akan pernahlepas dari sebuah kredit. Di jaman serba mahal seperti saat ini, banyak perusahaanyang menjual produknya baik berupa barang atau pun jasa secara kredit. Jenis pembayaran itu dilakukan agar perusahaan dapat menjual lebih banyak produk  barang atau pun jasa dengan syarat-syarat tertentu yang telah disepakati antara perusahaan dengan pelanggannya. Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi saatini dan mahalnya harga kebutuhan tersebut, membuat konsumen rela untuk melakukan pembayaran secara kredit.Penjualan secara kredit ini dianggap hutang bagi pelanggan dan piutang bagi perusahaan yang melakukan kesepakatan tersebut. Piutang pada pelangganmerupakan harta bagi perusahaan dan dicatat dalam laporan keuangan sebagi bagian dari harta.Penjualan yang dilakukan secara kredit memerlukan pengawasan yangekstra agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena banyaknya pelangganyang melakukan pembayaran secara kredit dan tidak diimbangi dengan pengawasanyang ekstra, akibatnya ada beberapa bahkan banyak terjadi piutang yang taterbayar. Kondisi ini dapat mempengaruhi laporan keungan suatu perusahaan. Haltersebutlah yang melatar belakangi penulis untuk membuat karya ilmiah dengan judul
METODE PENGHAPUSAN PIUTANG TAK TERTAGIHTERHADAP LABA BERSIH PERUSAHAAN
”.
1.2Rumusan Masalah
1.Bagaimana mengestimasi suatu piutang taktertagih?2.Bagaimana pengaruh piutang tak tertagih terhadap laba bersih perusahaan?
 
1
 
2
1.3Tujuan dan Manfaat
Tujuan penulis menyelesaikan makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara perusahaan mengestimasi piutang yang terjadi yang mungkin tidak terbayar dan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan pada laporan keuangan perusahaan tersebut.Manfaat yang diperoleh adalah menambah pengetahuan tentang metode penghapusan piutang yang dilakukan perusahaan.
 
3
BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA2.1 Piutang
Piutang merupakan klaim uang pada perusahaan maupun individu. Klaimtersebut biasanya didapatkan dari penjualan barang atau jasa atau pun dari peminjaman uang.Ada dua jenis piutang yaitu piutang dagang dan piutang wesel.1.Pitang dagangPitang dagang perusahaan merupakan jumlah terhutang dari pelanggan. Piutang ini termasuk dalam kategori aktiva lancer. Piutangdagang muncul bila seseorang melakukan penjualan barang atau jasa secarakreditkepada pihak kedua. Piutang dagang merupakan klaim dari penjualkepada pembeli sebesar jumlah transaksi yang terjadi. Setiap transaksi kreit pada dasarnya melibatkan dua pihak. Pihak pertama adalah pihak kreditur yang menjual barang atau jasa. Penjualan tersebut akan menimbulkan piutang bagi kreditur. Pihak kedua adalah pihak debitur yang melakukan pembelian, sehingga menimbulkan hutang bagi si pembeli tersebut.2.Wesel tagihWesel tagih merupakan piutang dagang dalam bentuk yang lebihformal. Orang yang berpiutang akan membuat suatu perjanjian tertulis, bahwa ia akan membayarkan sejumlah uang tertentu pada kredutur padasaat yang telah ditetapkan. Biasanya jangka waktunya tidak lebih dari 60hari.

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yenfi Budiman liked this
Ronaningsih Aja liked this
blup2 liked this
Norma Nur Annisa liked this
Norma Nur Annisa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->