Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
12Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Petunjuk Teknis Pendataan Bagi Sekolah

Petunjuk Teknis Pendataan Bagi Sekolah

Ratings: (0)|Views: 1,689|Likes:
Published by Nuni Nurhayati
Petunjuk teknis pendataan bagi sekolah
Petunjuk teknis pendataan bagi sekolah

More info:

Published by: Nuni Nurhayati on May 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/24/2012

pdf

text

original

 
1
PETUNJUK TEKNIS PENDATAAN BAGI SEKOLAHSD/SDLB/SMP/SMPLB
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASARKEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANTAHUN 2012
 
2
A.
 
Tujuan
Tujuan pendataan tingkat sekolah adalah untuk memperoleh data secara langsung yangcepat, akurat, valid, lengkap, dapat dipertanggungjawabkan dan termutakhir. Data darisekolah akan digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta DinasPendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk perencanaan dan evaluasi programpendidikan.
B.
 
Kegunaan
Data yang diperoleh dari sekolah akan digunakan untuk dasar perencanaan, evaluasidan kebijakan nasional serta dasar bagi pemerintah pusat dan daerah untuk pemberianbantuan kepada sekolah yang antara lain mencakup program:1.
 
Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari sumber APBN2.
 
Bantuan Operasional Sekolah dari sumber APBD (BOSDA/BOSP)3.
 
Rehabilitasi ruang belajar (ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dls)4.
 
Dana Alokasi Khusus (DAK)5.
 
Ruang Kelas Baru6.
 
Subsidi bagi siswa kurang mampu secara ekonomi7.
 
Subsidi/tunjangan bagi guru8.
 
Dan lain sebagainya
C.
 
Jenis Data
Ada 3 (tiga) kelompok utama jenis data yang dikumpulkan dari sekolah, yaitu:1.
 
Data Sekolah (F-SEK)2.
 
Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (F-PTK)3.
 
Data Peserta Didik (F-PD)Instrumen dari setiap kelompok data tersebut telah menjadi lampiran dari PeraturanPenteri Pendidikan dan Kebudayaan No 51 Tahun 2011 Tentang Petunjuk TeknisPenggunaan Dana BOS dan Laporan Keuangan BOS Tahun 2012. Didalam Juknis BOS2012, ketiga instrumen tersebut diberi kode BOS-01A, BOS-01B dan BOS-01C. Untuk
 
3
penggandaan instrumen pendataan, setiap sekolah diharuskan menggunakandiharuskan instrumen yang ada dalam DVD yang akan dikirim oleh Ditjen Dikdas kesekolah atau mengunduh (download) file terkini dari dari situs:www.infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id. Perlu kami informasikan bahwa terdapatsedikit penyempurnaan instrumen yang ada di DVD/situs tersebut dibandingkan denganyang tercantum dalam lampiran Juknis BOS.
D.
 
Konsekuensi Bagi Sekolah
Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kelengkapan data yang akan dikiirm olehsekolah akan menjadi dasar pemberian jenis dan besar bantuan dari pemerintah danpemerintah daerah kepada masing-masing sekolah. Oleh karena itu, sekolah yang tidakmemberikan data tidak akan dapat dialokasikan segala jenis bantuan kepada sekolahyang bersangkutan. Demikian juga, data yang tidak akurat, akan mengakibatkanketidaktepatan jenis dan besar bantuan yang diberikan. Sekolah diharuskanmemberikan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, karena data tersebutakan dijadikan dasar untuk evaluasi dan audit kepada sekolah.
E.
 
Persiapan Pendataan
Berikut adalah beberapa langkah yang akan dilakukan dalam rangka mempersiapkanproses pendataan:1.
 
Ditjen Didkas mengirim surat yang berisikan Petunjuk Teknis Pendataan, DVD dannomor register kepada seluruh sekolah. Nomor register ini bersifat unik untuksetiap sekolah (berbeda antar sekolah). Oleh karena itu, nomor register ini agardigunakan hanya oleh petugas pendataan di sekolah masing-masing dan disimpan.2.
 
Setelah sekolah menerima surat tersebut, sekolah diharapkan menginstall softwaretersebut di komputer sekolah dan belajar secara mandiri (atau meminta bantuankepada pihak lain).3.
 
Ditjen Dikdas akan melatih Tim Data Kabupaten/Kota untuk dapat menguasaipenggunaan software sistem pendataan dengan tujuan agar dapat menjadi

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nuni Nurhayati added this note|
sebagian besar data yang masuk tampaknya memang belum semua diproses. sebagai pengguna, data yang saya upload dari 5 kali, 1 diverivikasi (mei 2011), lainnya baru diproses saja.
Ali Mashudin added this note|
kami belum berhasil cek kembali data SD Negeri 6 Somawangi - Mandiraja - Banjarnegara - Jateng
Akhmad Falikhudin added this note|
mohon maaf sebelumnya, kami dari SMP Muhammadiyah Tonjong Kab. Brebes...... kami sdh mengirimkan pendataan via server, pada Tabel Status App&Database tertera "Diterima via aplikasi_Data baru diterima, belum diproses". Kami cek pada Informasi Pendataan..... tapi koq masih belum muncul, bagaimana ini ? mohon penjelasannya, terima kasih.
Agus Windargo liked this
Ica Imoet liked this
Nuni Nurhayati liked this
Aris Nugroho liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->