Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KOMPUTER SEGALA BIDANG

KOMPUTER SEGALA BIDANG

Ratings: (0)|Views: 159|Likes:
Published by RiCkie TuQh ZaiRa

More info:

Published by: RiCkie TuQh ZaiRa on May 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2013

pdf

text

original

 
PENERAPAN KOMPUTER
Di Bidang Teknik dan Imu Pengetahuan
 
Komputer digunakan untuk pengolahan data pada aplikasi teknik karena kecepatandan ketepatannya
 
Komputer memudahkan menyelesaikan perhitungan2 yang sulit dan rumit dalamwaktu yang cepat
 
Penerapan komputer juga memudahkan dalam penelitian dan riset pengembanganyang berbahaya jika dilakukan oleh manusia dan yg membutuhkan biaya yangbesar dengan bantuan simulasi komputer.
 
Contoh penerapan dalam bidang teknik dan ilmu pengetahuan :
o
 
Para ahli nuklir dapat membuat model rekator nuklir pd layer komputer tdk perlumembuat model sebenarnya (menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir)
o
 
Para ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-modelmolekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing2molekul.
o
 
Ahli geologi menggunakan komputer untuk mempelarai keadaan tanah sertacountour dari suatu daerah.
o
 
Para ahli perancangan bentuk misalnya perancangan tata ruang,mobil,arsitektur bangunan / rumah, menggunakan aplikasi dari computer aideddesign (CAD), program software yg sering digunakan adalah AUTOCAD.
o
 
Perjalanan ke ruang angkasa yg memerlukan ribuan pekerjaan mendetail sangatdimudahkan dengan bantuan komputer dimana pengawasan dapat dilakukanmelalui control di stasiun bumi maupun yg ada dalam pesawat.
o
 
Untuk melakukan pengolahan data penelitian, khususnya analisis data statistic,aplikasi komputer pengolahan data sangat memudahkan para peneliti/pengguna
 
Di Bidang Bisnis
 
Kegunaan komputer pada bidang bisnis adalah unuk menyediakan informasidengan cepat dan tepat, informasi ini sangat berguna baik dalam pengambilankeputusan maupun komunikasi dalam suatu bisnis.
 
Informasi yang beraneka ragam harus tepat pada waktunya dan harus tepathasilnya untuk disampaikan ke para penggunanya, untuk itulah dibutuhkan alatpengolah data yang dapat menyediakan informasi tersebut.
 
Penyajian informasi yang cepat dan tepat telah menyebabkan penyajian informasiuntuk pihak manajemen menjadi penting sehingga lahirlah system informasimanajemen (management information system)
Management Information System 
(MIS) merupakan system informasi yg sekarangbanyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan / lembaga-lembaga untukmenyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen.Definisi MIS (Gordon B Davis) sbg berikut :Suatu system informasi yg didasarkan pada komputer, dirancang untukmendukung operasi, menyediakan informasi kepada manajemen untuk tujuanpengambilan keputusan di dalam suatu organisasi.
 
StrategicPlanningInformasi utkmengukur hasil kerjadan menetapkantindakanpengendalianManagementControlInformasi utkpengawasan kegiatanoperasionalsehari-hariInformasi utkpembutankebijaksanaan danpenerapan strategiUpper / TopManagementMiddleManagementLowerManagementOperationalControl
Gambar. Sistem Informasi Manajemen
 
Di Bidang Industri
 
Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karenamemungkinkan proses produksi di dalam industru lebih efisien dan lebih efektif.
 
 
Dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric ataupengawasan proses (
control proce
)
 
 
Pengawasan numeric (
numeric control 
) berarti pengawasan secara otomatisterhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan
 
 
Pengawasan Proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yangkontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yangmebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabelyang mempengaruhi proses produksi.
Di Bidang Perbankan
 
Kegunaan komputer di bidang perbankan untuk menghasilkan informasi bagi pihakmanajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihaknasabah bank.
 
 
Saat ini dengan dikenalnya E-Commerce, maka pelayanan transaksi secara onlinedapat diterapkan dengan disediakannya ATM kemudian dengan penggunaaninternet memudahkan perbankan dalam melakukan pelayanan kepada nasabahnyamelalui INTERNET BANKING dan SMS BANKING
 
Di Bidang Pendidikan
 
Kegunaan komputer di bidang pendidikan adalah untuk membantu proses belajarmengajar
 
 
Untuk membantu proses belajar di dunia pendidikan adalah digunakannyakomputer dalam mengajar maupun paket aplikasi komputer dalam membantu dalamproses belajar
 
 
Paket2 aplikasi dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantumemudahkan dalam mempelajari matematika, bhs inggris, dll.
 
 
Adanya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->