Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
IAD TUGAS

IAD TUGAS

Ratings: (0)|Views: 681|Likes:
Published by Kak Budi

More info:

Categories:Types, Maps
Published by: Kak Budi on May 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/27/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1. Latar Belakang Masalah
Membahas tentang manusia berarti membahas tentang kehidupan sosial dan budayanya,tentang tatanan nilai-nilai, peradaban, kebudayaan, lingkungan, sumber alam, dan segalaaspek yang menyangkut manusia dan lingkungannya secara menyeluruh.Dalam tugas makalah kali ini kelompok kami akan membahas berbagai hal tentangmanusia dan ekosistem. Sesuai dengan tugas mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD).Manusia adalah mahluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yangtunduk kepada aturan hukum alam, mengalami kelahiran, pertumbuhan, perkembangan, danmati, dan seterusnya, serta terkait dan berinteraksi dengan alam dan lingkungannya dalamsebuah hubungan timbal balik baik itu positif maupun negatif.
 
Kehidupanmanusiatidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Baik lingkunganalam maupun lingkungansosial.Kita bernapas memerlukan udara dari lingkungan sekitar. Kitamakan, minum, menjaga kesehatan, semuanya memerlukan lingkungan. Seringkalilingkungan yang terdiri dari sesama manusia disebut juga sebagai lingkungansosial. Lingkungan sosial inilah yang membentuk sistem pergaulan yang besar peranannya dalammembentuk kepribadianseseorang.
1.2. Rumusan Masalah
1.
 
Apakah Pengertian dari ekosistem ?2.
 
Apa sajakah komponen dan tipe-tipe dalam ekosistem ?3.
 
Apakah Pengertian dari manusia dan lingkungan?4.
 
Bagaimana kriteria lingkungan yang kondusif bagi manusia?5.
 
Bagaimanakah gambaran hubungan manusia dan lingkungannya?6.
 
Bagaimanakah danpak negative dan positif manusia pada lingkungnnya?
 
2
1.3. Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memberikan wawasan terhadap mahasiswatentang bagaimana:1.
 
Memahami pengertian manusia2.
 
Mengetahui kondisi lingkungan yang kondusif bagi manusia3.
 
Memberikan gambaran hubungan manusia dengan lingkungannya4.
 
Mencegah dampak-dampak negatif dari pengaruh manusia pada lingkungannya
1.4. Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah manusia dan lingkungan ini kelompok kami menggunakan metodekajian pustaka dengan menggunakan media pustaka dan berbagai sumber media elektronik yangsaat ini berkembang dengan pesatnya.
 
 
3
BAB IIISI2.1. Pengertian Ekosistem
Beberapa definisi tentang ekosistem dapat diuraikan sebagai berikut :1.
 
Ekosistem adalah suatu unit ekologi yang di dalamnya terdapat hubungan antara strukturdan fungsi. Struktur yang dimaksudkan dalam definisi ekosistem tersebut adalahberhubungan dengan keanekaragaman spesies (species diversity). Ekosistem yangmempunyai struktur yang kompleks, memiliki keanekaragaman spesies yang tinggi.Sedangkan istilah fungsi dalam definisi ekosistem menurut A.G. Tansley berhubungandengan siklus materi dan arus energi melalui komponen komponen ekosistem.
 
2.
 
Ekosistem atau sistem ekologi adalah merupakan pertukaran bahan-bahan antara bagian-bagian yang hidup dan yang tak hidup di dalam suatu sistem. Ekosistem dicirikan denganberlangsungnya pertukaran materi dan transformasi energi yang sepenuhnya berlangsungdiantara berbagai komponen dalam sistem itu sendiri atau dengan sistem lain di luarnya.
 
3.
 
Ekosistem adalah tatanan dari satuan unsur-unsur lingkungan hidup dan kehidupan(biotik maupun abiotik) secara utuh dan menyeluruh, yang saling mempengaruhi dansaling tergantung satu dengan yang lainnya. Ekosistem mengandung keanekaragaman jenis dalam suatu komunitas dengan lingkungannya yang berfungsi sebagai suatu satuaninteraksi kehidupan dalam alam (Dephut, 1997).4.
 
Ekosistem, yaitu tatanan kesatuan secara kompleks di dalamnya terdapat habitat,tumbuhan, dan binatang yang dipertimbangkan sebagai unit kesatuan secara utuh,sehingga semuanya akan menjadi bagian mata rantai siklus materi dan aliran energi(Woodbury, 1954 dalam Setiadi, 1983).Dari beberapa pengertian diatas maka kesimpulan menurut kelompok kami ekosistem adalahhubungan timbal balik antara unsur-unsur hayati dengan nonhayati yang membentuk sistemekolog. Ekosistem merupakan suatu interaksi yang kompleks dan memiliki penyusun yangberagam.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->