Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bentuk-bentuk badan usaha milik negara dan daerah

bentuk-bentuk badan usaha milik negara dan daerah

Ratings: (0)|Views: 1,400|Likes:
Published by Panjhi Prislovdefis

More info:

Published by: Panjhi Prislovdefis on May 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/25/2013

pdf

text

original

 
 
ADMINISTRASI PERUSAHAAN PUBLIKBentuk dan Karakteristik Usaha-Usaha Milik Negara dan DaerahOLEHKelompok 71.
 
BETTY GUSMIDA (16098)2.
 
TRISNO SAHPUTRA (17550)ILMU ADMINISTRASI NEGARAILMU SOSIAL POLITIKFAKULTAS ILMU SOSIALUNIVERSITAS NEGERI PADANG2011
 
BAB IPendahuluan
Undang-undang nomor 9 tahun 1969 yang mengelompokan usaha-usaha Negara dan Daerahke dalam tiga bentuk hukum yang kita kenal sekarang ini, yakni Perusahaan Jawatan(PERJAN),Perusahaan Umum (PERUM), dan perusahaan perseroan (Persero). Undang-undang ini hadirdisebabkan karena banyaknya landasann hukum pendirian BUMN/D yang menyebabkan kesulitandalam pengelolaan, penguasaan, serta bentuk hukum usaha –usaha Negara dan Daerah yang ada.Ketiga bentuk hukum usaha-usaha Negara dan Daerah tersebut bertujuan untuk menciptakankeseragaman dalam cara menguasai dan mengelola serta menyeragamkan bentuk hukum usaha-usaha Negara dan Daerah. Dengan demikian secara ekonomis diharapkan dapat mencapai efisiensidan efektivitas bagi pembangunan nasional. Tampak bahwa pemerintah menitik beratkan padapenguasaan bukan hanya sebatas penguasaan. Penggolongan bentuk usaha Negara dan Daerah inimencerminkan keinginan pengembangan usaha tersebut sesuai dengan fungsinya masing-masing.Selain bentuk usaha-usaha Negara dan Daerah tersebut juga ada perusahaan bentuk lainyang patuh dan tunduk kepada peraturan perundang-undangan tersendiri. Diantaranya adalahPertamina dan Bank milik Pemerintah.Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai Bentuk dan Karakteristik Usaha-usaha Milik Negara dan Daerah yang bertujuan untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai bentuk serta karakteristik Usaha-usaha milik Negara dan daerah. Selain itu juga untuk melengkapi tugasmata kuliah Administrasi Perusahaan Publik.
 
BAB IIPembahasan2.1
 
Bentuk-Bentuk Usaha-Usaha milik Negara1.
 
Perusahaan Jawatan (PERJAN)
Perusahaan Negara yang dipergunakan untuk penyelenggaraan pelayanan jasa-jasa publik yang dikelola secara monopoli dalam skala nasional. Karena itu pengawasan dari pemerintah sangatdiperlukan. HANSON dalam bukunya yang berjudul
 public Interprise and Economic Devolopment 
menyebut organisasi ini dengan Departemental Enterprise/departemental Management.Ketentuan yang mengurus PERJAN termuat dalam undang-undang Nomor 9 Tahun 1969,sebagai berikut:PERJAN adalah Perusahaan Negara yang didirikan dan diatur menurut ketentuan yang tercantumdalam IBW (stbl. 1927:419 sebagaimana yang telah beberapa kali diubah dan ditambah dengan stbl.1936 No. 445, undang – undang darurat no. 3 tahun 1954, dan Undang-undang no. 13 tahun 1955)dan ICW sepanjang tidak bertentangan dengan IBW. (pasal 2 ayat 1)Ciri-ciri dari PERJAN adalah sebagai berikut:
 
Sifat Usaha
 
Makna usaha adalah
 public service,
yaitu pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.Usahanya ini dijalankan dengan tetap berpegang teguh pada syarat-syarat efisiensi danefektivitas, prinsip-prinsip ekonomis dalam pengelolaan dan pelayanan yang baik sertamemuaskan kepada publik/masyarakat.
 
Barang dan atau jasa yang dihasilkan oleh PERJAN merupakan kewajiban Pemerintahuntuk menghasilkannya dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.
 
Bidang usahanya merupakan monopoli Pemerintah dan tidak menarik minat sectorswasta.
 
Kedudukan dan Tugas
 
PERJAN dipimpin oleh seorang Kepala, merupakan bawahasn suatu bagian dariDepartemen/Direktorat Jenderal/Direktorat yang diangkat oleh Pemerintah.
 
PERJAN merupakan bagian dari organisasi formal suatu Departemen/DirektoratJenderal/Direktorat.
 
PERJAN seperti badan/lembaga pemerintahan lainnya yang mempunyai danmemperoleh fasilitas Negara.
 
PERJAN melakukan tugas-tugas perusahaan sekaligus tugas pemerintahan yangtercermin dalam susunan organisasi Departemen.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Hendrik Toda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->