Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konseling Kelompok

Konseling Kelompok

Ratings: (0)|Views: 1,135|Likes:
Published by Dita Juwita

More info:

Published by: Dita Juwita on May 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2014

pdf

text

original

 
Konseling Kelompok
Layanan konseling kelompok pada hakekatnya adalah suatu proses antar pribadi yangdinamis, terpusat pada pikiran dan perilaku yang disadari, dibina dalam suatu kelompok kecilmengungkapkan diri kepada sesama anggota dan konselor, dimana komunikasi antar pribaditersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan diri terhadapnilai-nilai kehidupan dan segala tujuan hidup serta untuk belajar perilaku tertentu ke arahyang lebih baik dari sebelumnya.Konseling kelompok bersifat memberikan kemudahan dalam pertumbuhan danperkembangan individu, dalam arti bahwa konseling kelompok memberikan dorongan danmotivasi kepada individu untuk membuat perubahan-perubahan dengan memanfaatkanpotensi secara maksimal sehingga dapat mewujudkan diri.Pendekatan ini menitik beratkan pada interaksi antar anggota, anggota dengan pemimipinkelompok dan sebaliknya. Interaksi ini selain berusaha bersama untuk dapat memecahkanmasalah juga anggota kelompok dapat belajar untuk mendengarkan secara aktif, melakukankonfrontasi dengan tepat, memperlihatkan perhatian dengan sungguh-sungguh terhadapanggota lain.Kesempatan memberi dan menerima dalam kelompok akan menimbulkan rasa salingmenolong, menerima, dan berempathi dengan tulus. Keadaan ini membutuhkan suasana yangpositif antar anggota, sehingga mereka akan merasa diterima, dimengerti, dan menambah rasapositif dalam diri mereka.Dalam konseling kelompok, dengan memanfaatkan dinamika kelompok para anggotakelompok dapat mengembangkan diri dan memperoleh keuntungan-keuntungan lainnya.Arah pengembangan diri yang dimaksud terutama adalah dikembangkannyakemampuankemampuian sosial secara umum yang selayaknya dikuasai oleh individuindividu yang berkepribadian mantap. Keterampilan berkomunikasi secara efektif, sikaptenggang rasa, memberi dan menerima, toleran, mementingkan musyawarah untuk mencapaimufakat seiring dengan sikap demokrtis, memiliki rasa tanggung jawab sosial seiring dengankemandirian yang kuat merupakan arah pengembang pribadi yang dapat dijangkau melaluidiaktifkannya dinamika kelompok itu.Layanan konseling kelompok memberikan kesempatan kepada anggota kelompok berinteraksi antar pribadi yang khas, yang tidak mungkin terjadi pada layanan konselingindividual. Interaksi sosial yang intensif dan dinamis selama pelaksanaan layanan, diharapkantujuantujuan layanan yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan individu anggota kelompok dapat tercapai secara mantap. Pada kegiatan konseling kelompok setiap individumendapatkan kesempatan untuk menggali tiap masalah yang dialami anggota. Kelompok dapat juga dipakai untuk belajar mengekspresikan perasaan, menunjukan perhatian terhadaporang lain, dan berbagi pengalaman.Pendekatan interaksional merupakan pendekatan yang digunakan dalam layanan konselingkelompok. Pendekatan ini menitikberatkan pada interaksi antar anggota, anggota dengan
 
pemimipin kelompok dan sebaliknya. Interaksi ini selain berusaha bersama untuk dapatmemecahkan masalah juga anggota kelompok dapat belajar untuk mendengarkan secaraaktif, melakukan konfrontasi dengan tepat, memperlihatkan perhatian dengan sungguh-sungguh terhadap anggota lain.Kesempatan memberi dan menerima dalam kelompok akan menimbulkan rasa salingmenolong, menerima, dan berempathi dengan tulus. Keadaan ini membutuhkan suasana yangpositif antar anggota, sehingga mereka akan merasa diterima, dimengerti, dan menambah rasapositif dalam diri mereka.
 
 Definisi Pengertian Konseling Kelompok menurut beberapa tokoh :1.
 
 Rochman Natawijaya, 1987:14
 
Konseling kelompok adalah suatu upaya bantuan kepada individu dalam suasana kelompok yang bersifat pencegahan dan penyembuhan, dan diarahkan kepada pemberian kemudahandalam rangka perkembangan dan pertumbuhannya.
 
 2.
 
 Menurut Asew, 1990
 
Konseling kelompok adalah sebagai suatu praktek profesional yang luas, yang mengarahkankepada pemberian bantuan atau penyelesaian tugas-tugas dalam suatu adegan(setting) kelompok.
 
 3.
 
 Menurut Gazda, 1967 
Konseling kelompok adalah suatu proses antar pribadi yang dinamis yang terpusat padapemikiran dan perilaku yang sadar dan melibatkan fungsi-fungsi terapi, seperti salingmempercayai, saling memerlukan, saling pengertian, saling mendukung dan menerima.
 
 4.
 
Gazda, 1984 dan Shertzer & Stone, 1980
 
Konseling kelompok adalah suatu proses antar pribadi yang dinamis yang terpusat padapemikiran dan prilaku yang disadari.
 
 5.
 
 Prayitno, 1999 : 115-120
 
Konseling kelompok adalah suatu layanan bimbingan dan kelompok konseling yangmemungkinkan peserta didik memperoleh kesempatan untuk pembahasan dan pengentasanpermasalahan dan pengentasan permasalahan yang dialaminya melalui dinamika kelompok.
 
6.
 
 Achmad Juntika
 
Konseling kelompok adalah adalah layanan konseling perorangan yang dilaksanakan didalam konseling kelompok, siswa memperoleh kesempatan bagi pembahasan danpengentasan masalah yang dialami melalui dinamika kelompok.
 
7.
 
 Allson
 
Konseling kelompok adalah layanan yang membantu peserta didik dalam pembahasan danpengentasan masalah pribadi dalam suasana kelompok.
 
8.
 
 Menurut Sukamto
 
 
Konseling kelompok adalah pelayanan pengembangan pribadi dan pemecahan masalah dalamsebuah diskusi kelompok yang mementingkan pemenuhan kebutuhan dan kebahagiaanindividu sesuai harkat dan martabatnya.
 
 9.
 
 Erman Amti
 
Konseling kelompok adalah kegiatan dinamika kelompok yang membantu tercapainyaperkembangan optimal individu sesuai bakat dan kemampuan, sehingga dapat hidup mandiri.
 
10.
 
 Dr. Thantawy R, M.A. : 2005
 
Konseling Kelompok merupakan hubungan interpersonal yang dinamis antara konselor dankonseli dan antar konseli, interaksi dalam kelompok memungkinkan anggota kelompok untuk belajar menghadapi kenyataan hidup dan meningkatkan pengertian saling percaya,penerimaan nilai-nilai kehidupan, cita-cita, tujuan serta sikap atau tingkah laku yangdigunakan oleh lingkungan sosial tertentu.
 
Tujuan konseling kelompok :
1.
 
Melatih anggota kelompok agar berani berbicara dengan orangbanyak.2.
 
Melatih anggota kelompok dapat bertenggang rasa terhadap temansebayanya.3.
 
Dapat mengembangkan bakat dan minat masing-masing anggotakelompok.4.
 
Mengentaskan permasalahan-permasalahan keompok.5.
 
Menjadi lebih terbuka dan jujur terhadap diri sendiri dan orang lain6.
 
Belajar mempercayai diri sendiri dan orang lain7.
 
Berkembang untuk lebih menerima diri sendiri8.
 
Belajar berkomunikasi dengan orang lain
 
Tahapan-tahapan konseling kelompok ini antara lain:
 
a.
 
Prakonseling : Pembentukan kelompok Tahap ini merupakan tahap persiapan pelaksanaankonseling. Pada tahap ini terutama pembentukan kelompok yangdilakukan dengan seleksi anggota dan menawarkan programkepada calon peserta konseling sekaligus membangun harapanbagi calon peserta.Ketentuan penting yang mendasari konseling jenis ini adalah :1.
 
Adanya minat bersama (Common Intenst),dikatakan demikian jika secara potensial anggota itu memilkikesamaan masalah dan perhatian yang akan dibahas.2.
 
Suka relaatau atas inisiatifnya sendiri, karena hal ini berhubungan denganhak pribadi klien.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Yocta San added this note
lah dek, baru kali ini aku nemu ada yg up load tugas kuliah di sini. bagus bagus
Rie Maha Nani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->