Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
perkembangan Anak Usia Dini

perkembangan Anak Usia Dini

Ratings: (0)|Views: 776 |Likes:
Published by Yoez Poetra

More info:

Categories:Types, Maps
Published by: Yoez Poetra on May 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH
TENTANG
PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
OLEH :
NAMA :
M. YUSUF
NIM :
C-743.2011.01.031
KELAS :
II.A
 JURUSAN :
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(S T K I P )
 YAPIS DOMPU TAHUN 2011/2012
1
 
BAB IIPENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Sangatlah tidak bisa dipisahkan mengenai perkembangan danpertumbuhan anak saat lahir. Perkembangan motorik dan fisik anaksangatlah berhubungan dengan pertumbuhan psikis anak. Oleh karenaitu psikologi perkembangan anak usia dini berkaitan denganpertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh.Anak akan mengalami suatu periode yang dinamakan sebagaimasa keemasan anak saat usia dini dimana saat itu anak akan sangatpeka dan sensitif terhadap berbagai rangsangan dan pengaruh dariluar. Laju perkembangan dan pertumbuhan anak mempengaruhi masakeemasan dari masing-masing anak itu sendiri. Saat masa keemasan,anak akan mengalami tingkat perkembangan yang sangat drastisdimulai dari pekembangan berpikir, perkembangan emosi,perkembangan motorik, perkembangan fisik dan perkembangan sosial.Lonjakan perkembangan ini terjadi saat anak berusia 0-8 tahun, danlonjakan perkembangan ini tidak akan terjadi lagi di periodeselanjutnya. Saat perkembangan anak khususnya saat perkembangandini, orang tua harus betul menjadikannya sebagai perhatian khusus,karena hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kehidupananak di masa yang akan datang.
RUMUSAN MASALAH
Bagaimanakah Perkembangan fisik dalam diri anak ?Bagaimanakah Perkembangan Motorik dalam diri anak ?Bagaimanakah Perkembangan psikososial seorang anak ?
2
 
BAB IIPEMBAHASAN
A.PERKEMBANGAN FISIK ANA
Sebagai seorang anak dewasa,orang tua menantikan tonggakpenting seperti belajar bagaimanauntuk berguling dan merangkak.Masing-masing merupakan bagiandari proses perkembangan fisik.Proses pematangan terjadi secara teratur, yaitu kemampuanketerampilan tertentu dan umumnya terjadi sebelum mencapaitonggak lainnya.Sebagai contoh, kebanyakan bayi belajar merangkak sebelummereka belajar berjalan. Namun, juga penting untuk menyadari bahwatingkat dimana tonggak ini dicapai dapat bervariasi. Beberapa anakbelajar berjalan lebih cepat dari teman sebaya mereka yang sama-usia,sementara yang lain mungkin diperlukan waktu sedikit lebih lama.
Tahapan Perkembangan Fisik Anak Usia DiniPengembangan Keterampilan
Sebagai seorang anak tumbuh, sistem sarafnya menjadilebih matang. Karena ini terjadi, anak menjadi lebih mampumelakukan tindakan yang semakin kompleks. Tingkat dimanaketerampilan motorik muncul kadang-kadang merupakankekhawatiran bagi orang tua. Pengasuh sering khawatir tentangapakah anak-anak mereka mengembangkan keterampilan-keterampilan pada tingkat normal. Sebagaimana disebutkan diatas, harga mungkin agak berbeda. Namun, hampir semuaanak-anakmulai memperlihatkan keterampilan motorik ini padatingkat yang cukup konsisten kecuali beberapa jenis kecacatanhadir.
3

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
1 thousand reads
Decy Lisdyamitha liked this
Andi Ambo liked this
Yoez Poetra liked this
Ferdi Andri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->