Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Evaluasi Program Pembelajaran

Evaluasi Program Pembelajaran

Ratings: (0)|Views: 50 |Likes:
Published by M Saikhul Arif

More info:

Published by: M Saikhul Arif on May 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/11/2013

pdf

text

original

 
DEFINISI EVALUASI PROGRAMDEFINISI EVALUASI
Evaluasi berasal dari kata evaluation (bahasa Inggris).
Evaluasi = to find out, decide the amount or value artinya suatu upaya untukmenentukan nilai atau jumlah. Selain arti berdasarkan terjemahan, kata-kata yangterkandung di dalam definisi tersebut pun menunjukkan bahwa kegiatan evaluasiharus dilakukan secara berhati-hati, bertanggung jawab, menggunakan strategi, dandapat dipertanggung jawabkan.
Evaluasi sebagai perbedaan apa yang ada dengan suatu standar untuk mengetahuiapakah aa selisih (Malcolm, Provus dalam Tayipnapis, 2000)
Evaluasi sebagai sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai beberapakegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan (Suchman dalamAnderson dalam Arikunto & Jabar, 2004)
Evaluasi adalah kegiatan mencari sesuatu yang berharga tentang sesuatu; dalammencari sesuatu tersebut, juga termasuk mencari informasi yang bermanfaat dalammenilai keberadaan suatu program, produksi, prosedur, serta alternative strategi yangdiajukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan (Sanders dalam Andersondalam Arikunto & Jabar, 2004)
Evaluasi merupakan proses penggambaran, pencarian, dan pemberian informasi yangsangat bermanfaat bagi pengambil keputusan dalam menentukan alternatif keputusan (Stufflebeam dalam Fernandes dalam Arikunto & Jabar, 2004)
Evaluasi adalah proses untuk menentukan sejauhmana tujuan pendidikan dapatdicapai, dan upaya mendokumentasikan kecocokan antara hasil belajar peserta didikdengan tujuan program (Tyler dalam Sudjana, 2006)
Evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan, memperolah dan menyedianinformasi bagi pembuatan keputusan (Cronbach; Alkin; Stufflebeam; dalam Sudjana,2006)
Evaluasi adalah kegiatan membandingkan data tentang penampilan orang-orangdengan standar yang telah diterima umum (Popham; Provus dan Rivlin dalamSudjana, 2006)
Evaluasi adalah kegiatan untuk mengetahui perbedaan antara apa yang ada dengansuatu standar yang telah ditetapkannya serta bagaimana menyatakan perbedaanantara keduanya (Malcom & Provus dalam Sudjana, 2006)
Evaluasi adalah upaya untuk mengetahui manfaat atau kegunaan suatu program,kegiatan, dan sebagainya (Scriven; Glas dalam Sudjana, 2006)
DEFINISI PROGRAM
Ada dua pengertian untuk istilanh “programyaitu pengertian secara khusus danumum. Menurut pengertian secara umum “program” dapat diartikan sebagai“rencana”.Apabila “program” ini langsung dikaitkan dengan evaluasi program maka programdidefinisikan sebagai suatu unit atau kesatuan kegiatan yang merupakan realisasiatau implementasi dari suatu kebijakan, berlangsung dalam proses yangberkesinambungan, dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan sekelompokorang. Ada tiga pengertian penting dan perlu ditekankan dalam menentukanprogram, yaitu : (1) realisasi atau implementasi suatu kebijakan, (2) terjadi dalamEvaluasi Program1
 
waktu relatif lama-bukan kegiatan tunggal tetapi jamak berkesinambungan, (3)terjadi dalam organisasi yang melibatkan sekelompok orang.
DEFINISI EVALUASI PROGRAM
Evaluasi Program adalah proses untuk mengetahui apakah tujuan pendidikan sudahdapat direalisasikan (Tyler dalam Arikunto & Jabar, 2004)
Evaluasi Program adalah upaya menyediakan informasi untuk disampaikan kepadapengambil keputusan (Cronbach; Stufflebeam dalam Arikunto & Jabar, 2004)
Evaluation is the systematic process of judging the worth, desirability, effectiveness,or adequacy of something according to definitive criteria and purposes. The judgmentis based upon a careful comparison of observation data with criteria standards (Steeledalam Sudjana, 2006)Pengertian ini menjelaskan bahwa evaluasi program adalah proses penetapan secarasistematis tentang nilai, tujuan, efektivitas, atau kecocokan sesuatu sesuai dengankriteria dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Proses penetapan keputusanitu didasarkan atas perbandingan secara hati-hati terhadap data yang diobservasidengan menggunakan standar tertentu yang telah dibakukan.
Evaluation as a process of examining certain objects or events in the light of specificvalue standards for the purpose of making adaptive decisions (Grotelueschen dalamSudjana, 2006)Menurut Paulson bahwa evaluasi program adalah proses pengujian berbagai objekatau peristiwa tertentu dengan menggunakan ukuran-ukuran nilai khusus dengantujuan untuk menentukan keputusan-keputusan yang sesuai. Berdasarkan pengertianini maka evaluasi program adalah kegiatan pengujian terhadap sesuatu fakta ataukenyataan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan.
Evaluation as a process of identifying and collecting information to assist decision-makers in choosing among available decision alternatives (Worthen & Sanders dalamSudjana, 2006)Dalam pengertian tersebut dikemukan bahwa evaluasi program adalah suatu prosesmengidentifikasi dan mengumpulkan informasi untuk membantu para pengambilkeputusan dalam memilih berbagai alternatif keputusan.
Evaluation is process of accertaining the decision areas of concern, selectingappropriate information, and collecting and analyzing information in order to reportsummary data useful to decision makers in selecting among altenatives (Alkin dalamSudjana, 2006)Menurut Alkin bahwa evaluasi program merupakan proses yang berkaitan denganpenyiapan berbagai wilayah keputusan melalui pemilihan informasi yang tepat,pengumpulan dan analisis data, serta pelaporan yang berguna bagi para pengambilkeputusan dalam menentukan berbagai alternatif pilihan untuk menetapkankeputusan.
Evaluasi program adalah upaya pengumpulan informasi mengenai suatu program,kegiatan, atau proyek. Informasi tersebut berguna bagi pengambilan keputusan, antarlain untuk memperbaiki program, menyempurnakan kegiatan program lanjutan,menghentikan suatu kegiatan atau menyebarluaskan gagasan yang mendasari suatuEvaluasi Program2
 
program atau kegiatan. Informasi yang dikumpulkan harus memenuhi persyaratanilmiah, praktis, tepat guna dan sesuai dengan nilai yang mendasari dalam setiappengambilan keputusan (Mugiadi dalam Sudjana, 2006)
Evaluasi program sebagai kegiatan sistematis untuk mengumpulkan, mengolah,menganalisis, dan menyajikan data sebagai masukan untuk pengambilan keputusan(Sudjana, 2006)Dalam pengertian ini, data adalah fakta, keterangan atau informasi yang darinyadapat ditarik generalisasi (Purwadarminta)Batasan evaluasi program ini mengandung tiga unsur penting, yaitu kegiatansistematis, data, dan pengembilan keputusan. Kegiatan sistematis mengandungmakna bahwa evaluasi program dilakukan melalui prosedur yang tertib berdasarkankaidah-kaidah ilmiah. Data yang dikumpulkan, sebagai fokus evaluasi program,diperoleh melalui kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian denganpenggunaan pendekatan, model, metode, dan teknik ilmiah. Pengambilan keputusanbermakna bahwa data yang disajikan itu akan bernilai apabila menjadi masukanberharga untuk proses pengambilan keputusan tentang alternatif yang akan diambilterhadap program. Dengan demikian evaluasi program merupakan kegiatan yangteratur dan berkelanjutan dengan menggunakan prosedur ilmiah untuk memperolehdata yang berguna bagi pengambilan keputusan.
Komponen dan Indikator Program
Program merupakan suatu sistem; sedangkan sistem adalah satu kesatuan daribeberapa bagian atau komponen program yang saling berkaitan dan bekerja sama satudengan yang lain untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dalam suatu sistem.Komponen program adalah bagian-bagian dari program yang saling terkait danmerupakan faktor-faktor penentu keberhasilan program. Oleh sebab itu, jikaprogrammerupakan sebuah sistem maka komponen-komponen program dapatdipandang sebagai bagian sistem dan dikenal dengan istilah “subsistem”.Indikator berasal dari kata dasar bahasa Inggris “to indicate” artinya menunjukkan. Halini berarti bahwa indikator adalah alat penunjuk atau sesuatu yang menunjukkankualitas sesuatu. Misal : indikator anak cerdas antara lain nilai prestasi, kemampuanberbicara dan lain-lain.Evaluasi program adalah upaya untuk mengetahui efektivitas komponen program dalammendukung pencapaian tujuan program. Dengan demikian, jika diketahui bahwaharapan tidak memuaskan, dapat dicari dimana letak kekurangannya atau komponenmana yang bekerja tidak dengan semestinya.Ada empat kemungkinan kebijakan yang dapat dilakukan berdasarkan hasil pelaksanaansebuah program keputusan, yaitu :1.Menghentikan program, karena dipandang bahwa program tersebut tidak adamanfaatnya, atau tidak dapat terlaksana sebagaimana diharapkan.2.Merevisi program, karena ada bagian-bagian yang kurang sesuai dengan harapan(terdapat kesalahan tetapi hanya sedikit)3.Melanjutkan program, karena pelaksanaan program menunjukkan bahwa segalasesuatu sudah berjalan sesuai dengan harapan dan memberikan hasil yangbermanfaat4.Menyebarluaskan program (melaksanakan program di tempat-tempat lain ataumengulangi lagi program di lain waktu), karena program tersebut berhasil denganbaik maka baik jika dilaksanakan lagi di tempat dan waktu yang lain.Evaluasi Program3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->