Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
70Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
5. PENGEMG FISIK MOTORIK

5. PENGEMG FISIK MOTORIK

Ratings: (0)|Views: 6,647 |Likes:
Published by M Saikhul Arif

More info:

Published by: M Saikhul Arif on May 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/12/2013

pdf

text

original

 
MODUL V
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIMOTORIK ANAK USIA DINI
PRODI PG-PAUD FIPUNIVERSITAS NEGERI SURABAYA2011
1
 
BAB IHAKIKAT PENGEMBANGAN MOTORIK ANAK TUJUAN
 1. Mengetahui tentang arti motorik.2. Memahami berbagai peristilahan yang sering digunakan dalam belajar motorik.3. Dapat menyebutkan komponen-komponen pemrosesan informasi.4. Dapat menjelaskan terjadinya pemrosesan informasi dalam aktivitas motorik.
A. PENGERTIAN MOTORIK 
Istilah motor menyiratkan adanya gerak otot, yang seakan-akan tidak banyak melibatkan aspek-aspek kognitif dan perseptual. Tetapi kenyataannya adalahketerampilan-keterampilan yang dilakukan biasanya merupakan sesuatu yang kompleksdan melibatkan penditeksian terhadap rangsang, evaluasi dan pengambilan keputusan sertarespon nyata yang berwujud gerakan.Pengertian motorik dan gerak sering kali menjadi satu karena diantara kedua istilahtersebut sangat sulit ditarik suatu batasan yang konkrit, dan memang terdapat hubungansebab akibat. Namun demikian perlu diberikan suatu batasan yang minimal dapatmemberikan penjelasan terhadap hubungan sebab akibat yang dimaksud.Motorik dapat didefinisikan sebagai suatu peristiwa laten yang meliputikeseluruhan proses-proses pengendalian dan pengaturan fungsi-fungsi organ tubuh, baik secara fisiologis maupun secara psikis yang menyebabkan terjadinya suatugerakan.Peristiwa-peristiwa laten yang tidak dapat diamati tersebut meliputi : penerimaaninformasi, pemberian makna terhadap informasi, pengolahan informasi, proses pengambilan keputusan,dan dorongan untuk melakukan berbagai bentuk aksi-aksimotorik. Setelah itu dilanjutkan dengan peristiwa fisiologis yang meliputi pemberian, pengaturan dan pengendalian impuls kepada organ-organ tubuh yang terlibat dalammelaksanakan akssi-aksi motorik.Gerak diartikan sebagai suatu proses perpindahan suatu benda dari suatu posisi ke2
 
 posisi lain yang dapat diamati secara obyektif dalam suatu dimensi ruang dan waktu.Untumemberikan pengertian yang lebih operasional tentang gerak, maka diperlukan suatu batasan yang lebih spesifik. Batasan yang dimaksud adalah pengertian gerak dari gerak manusia melakukan aksi-aksi motorik. misalnya perubahan tempat,posisi dan ketepatantubuh atau bagian tubuh dalam melompat, berjalan, berlari atau menendang bola. Didalam belajar motorik, gerak juga dilihat atau diartikan sebagai hasil atau penampilan yang nyatadari proses-proses motorik,sebaliknya motorik adalah suatu proses yang tidak dapatdiamati dan merupakan penyebab terjadinya gerak.Sedangkan belajar motorik berhubungan dengan keadaan yang berkaitan dengan pengembangan dalam belajar. Belajar dapat didefinisikan sebagai satu perubahan prestasiataupun perilaku yang relatif permanen akibat dari adanya suatu latihan ataupun pengalaman.Proses belajar akan mempersatukan ciri-ciri yang unik terhadap lingkunganyang ada. Mempelajari keterampilan motorik, sikap ataupun perilaku kognitimemerlukan beberapa tingkat keterbukaan pada kondisi tertentu yang akan menghasilkan perubahan perilaku atau disposisi untuk bertindak. Perubahan ini menjadi relatif  permanen, dengan kata lain keadaan-keadaan performance yang bersifat sementara tidak  benar mewakili belajar.
B. ISTILAH-ISTILAH
Ada beberapa istilah yang sering dipergunakan dalam belajar motorik yaitu :1.
Perkembangan Motorik (
 Motor Development 
)
Perkembangan motorik terutama dimaksudkan untuk mempelajari perilakuditinjau dari pandangan perkembangannya. Adapun perilaku yang diperhatikandalam konteks ini adalah perilaku dalam bentuk motorik.2.
Belajar Motorik (
 Motor Learning 
)
Belajar motorik terdiri dari dua kata yaitu belajar dan motorik. Belajar dapatdinyatakan sebagai perubahan internal individu yang disimpulkan dari perkembangan prestasinya yang relatif stabil, sebagai hasil latihan.Sedangkanmotorik menunjukkan keadaan /sifat bentuk apa yang telah dihasilkan dalam proses berlatih.
3. Keterampilan (
skill 
)
3

Activity (70)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Meike Kindangen liked this
Ethix Whahyu S liked this
Muh Syukri liked this
garasand liked this
Uliuliaulia liked this
Nita Sari liked this
Novan Bomtrex liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->