Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ruang lingkup hukum perusahaan

ruang lingkup hukum perusahaan

Ratings: (0)|Views: 247 |Likes:
Published by Panjhi Prislovdefis

More info:

Published by: Panjhi Prislovdefis on May 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/14/2014

pdf

text

original

 
 
MAKALAHADMINISTRASI PERUSAHAAN PUBLIK“RUANG LINGKUP HUKUM PERUSAHAAN”
OlehPripanji suryanala (18500/2010)
ILMU ADMINISTRASI NEGARA
ILMU SOSIAL POLITIKFAKULTAS ILMU SOSIALUNIVERSITAS NEGERI PADANG2011
BAB I
 
PENDAHULUANLatar belakang
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnyasemua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan adapula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyaibadan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaantersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.
 
Untuk menghasilkan barang siap konsumsi, perusahaan memerlukan bahan –bahan dan faktor pendukung lainnya, seperti bahan baku, bahan pembantu, peralatandan tenaga kerja. Untuk memperoleh bahan baku dan bahan pembantu serta tenagakerja dikeluarkan sejumlah biaya yang disebutbiaya produksi.Hasil dari kegiatan produksi adalah barang atau jasa, barang atau jasa inilahyang akan dijual untuk memperoleh kembali biaya yang dikeluarkan. Jika hasilpenjualan barang atau jasa lebih besar dari biaya yang dikeluarkan maka perusahaantersebut memperoleh keuntungan dan sebalik jika hasil jumlah hasil penjualan barangatau jasa lebih kecil dari jumlah biaya yang dikeluarkan maka perusaahaan tersebutakan mengalami kerugian. Dengan demikian dalam menghasilkan barang perusahaanmenggabungkan beberapa faktor produksi untuk mencapi tujuan yaitu keuntungan.Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barangatau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yangmenggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencarikeuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebutpengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.
 
 
BAB II

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->