Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
1. konstitusi

1. konstitusi

Ratings: (0)|Views: 62 |Likes:
Published by denayeminmeisendi

More info:

Published by: denayeminmeisendi on May 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/23/2012

pdf

text

original

 
1
NAMA : Dena Yemin MeisendiNIM : 0904059TUGAS : Ringkasan BAB BukuMATA KULIAH : Isu Sosial KontemporerDaftar Pustaka : Coleman, James Samuel.(2011).
 Dasar-Dasar TeoriSosial 
.Bandung: NusamediaKONSTITUSI DAN BENTUK PELAKU KELOMPOK1.
 
Norma dan Konstitusi
Norma adalah entitas supra individu, sekumpulan hak yang diakui daribeberapa individu untuk membatasi atau sebaliknya menentukan tindakan-tindakan individu yang menjadi sasaran norma. Sasaran norma adalah individu-individu yang sama, yang menggambarkan fakta bahwa demi kepentinganorang-orang rasional individual beberapa tindakan yang melibatkan beberapaindividu dibatasi secara kolektif.Ketika norma gabungan muncul, hak diserahkan oleh individu-individusebagai individu dan dianggap oleh mereka sebuah kolektivitas. Norma berlakuuntuk semua sedangkan hukum resmi berlaku dalam masyarakat yang lebihlegalistik, dan sanksi komunitas berlaku untuk semua sedangkan sanksi hukumdan tindakan pemerintah berlaku dalam masyarakat dengan pemerintah yangada.Karena alasan inilah perhatian eksplisit pada konstitusi menjadipenting, baik dalam praktek sosial maupun teori sosial. Konstitusi formaldalam sistem yang diorganisir secara lebih formal dapat dianggap analogdengan kumpulan norma dan aturan informal yang muncul dalam sistem sosialkecil dengan tingkat penutupan tinggi.
2.
 
Konstitusi gabungan dan terpisah
Norma-norma merupakan norma gabungan apabila ahli waris dansasarannya adalah orang yang sama, dan norma terpisah ketika ahli waris dansasarannya adalah orang yang berbeda. Konstitusi yang sesuai dengan normagabungan adalah konstitusi yang ahli warisnya memegang hak secara
 
2
berkelompok dan menjadi sasaran potensial batasan atau tuntutan yang dibuatsecara berkelompok. Konstitusi semacam ini dinamakan konstitusi gabungan.Contohnya konstitusi Amerika yang menjadikan kontrak sosial diantara warganegaranya.Sedangkan konstitusi terpisah merupakan konstitusi yang dirumuskanoleh satu kelompok pelaku untuk menciptakan pelaku kelompok yang akanmengenakan batasan dan tuntutan pada kelompok pelaku berbeda. Ahli warisdan sasaran adalah orang-orang yang berbeda. Contohnya konstitusi sebuahsekolah. Konstitusi dotetapkan oleh kepala sekolah, guru, administrator, danorang tua sedangkan yang melaksanakannya siswa.
3.
 
Konstitusi gabungan dan teori kontak sosial
Teori kontak sosial menurut john Lockie (1965[1960]) individu yangrasional, masing-masing memiliki hak-hak alamiah, akan berpartisipasi dalamkontrak sosial bersama untuk menyerahkan hak-hak tersebut pada sebuahwewenang pusat. Pengkajian kepentingan pelaku sebagai sasaran dan ahliwaris serta penilaian kepentingan yang saling berlawanan dapat dilakukandengan pelaku rasional yang mementingkan diri sendiri dan ada dibalik, kedok ketidak tahuan tentang masa depan mereka sehingga saling mengisikekosongan dan kekurangan mereka.Namun derivasi situasi yang menghasilkan konstitusi dari situasi yangmenghasilkan norma menunjukkan bahwa para pelaku rasional tidak tepatsama sekali untuk memikirkan konstitusi untuk pelaku kelompok baik sebuahnegara ataupun organisasi. Contohnya ketika ada 3 orang kita sebut A,B dan Cingin membuat asosiasi usaha Z dan masing-masing berkontribusi materi 9000.Jika semua berkontribusi 9000 semua akan tertutupi. Dan jika ada salah satuatau kedua anggota lain tidak berkontribusi akan mengalami kerugian.
4.
 
Paradoks Sen
Kajian paradoks Sen ini dan posisi berbagai ahli filsafat politik padadimensi tindakan yang ditempatinya mengindikasikan pentingnya distribusihak pada perumusan konstitusi. Kajian tersebut juga mengindikasikan posisisentral eksternalitas baik kerugian maupun keuntungan eksternal. Keberadaan
 
3
eksternalitas hanya membedakan filsafat yang ada individualisme di dalamnya,dari filsafat yang ada individualisme dalam evaluasi konsekuensi di dalamnya.Contohnya misal ada dua orang yang berselisih faham mengenai membacabuku yang sama. Jika A membaca buku B akan membaca buku, jika Amembaca buku B tidak, jika B membaca buku A tidak, jika A tidak membacabuku B juga tidak. Dari ilustrasi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa si Aberhak memilih apa yang menurutnya paling baik. Dan begitupila dengan si B.
5.
 
Tindakan Kelompok untuk Mencegah Kejahatan Publik dan MendorongKebaikan Publik
Kajian pertanyaan konstitusional secara lengkap yang diajukan individurasional pada dirinya sendiri mengubah lembaga kelompok yang terbatas, yangdikuasakan hanya untuk mempertahankan aturan-aturan yang membatasiindividu-individu dari hal yang merugikan satu sama lain, menjaga lembagakelompok yang memiliki hak memaksa untuk mengambil sumber-sumber yangpenting dari individu dari tujuan apapun yang dimuliki lembaga kelompok tersebut.Jenis lembaga tersebut bukan hanya memberikan hak untuk pertahananumum tetapi lembaga tersebut adalah lembaga perilaku kelompok yang kuat,dengan kekuasaan memaksa anggota-anggotanya. Persoalannya kemudianmenjadi bagaimana tujuan-tujuan lembaga kelompok dapat dibatasi untuk memenuhi kepentingan-kepentingan individual rasional sebagai ahli waris dansasaran tindakan kelompok. Contohnya siskamling, dimana adanya rondasesuai dengan kesadaran masyarakat atas keamanan kampungnya. Yang diatursecara bergiliran agar terjadi sebuah kontrol.
6.
 
Teori Sosial Positif 
Sarana-sarana yang dianggap bermanfaat oleh para ahli filsafat moraldan politik untuk menetapkan kumpulan hak yang dipegang secaraberkelompok dan yang dipegang secara individual memiliki kekuranganfundamental dari perspektif dari teori sosial positif. Kekurangan ini berasal dariperan sarana dalam mengubah perbandingan kegunaan interpersonal menjadiperbandingan intrapersonal. Setiap orang menghitung keuntungan dan kerugian

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->